Modus Penipuan menggunakan E-Cash Mandiri

penipuan menggunakan e-cash mandiri

Dengan adanya Internet kita dapat dengan mudah menjalankan bisnis, karena telah banyak situs-situs sebagai penyedia layanan jual-beli online seperti olx. Banyak pelaku bisnis yang bisa meraup keuntungan lebih karena mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Namun disamping itu, bagi anda yang menjual barang di Olx maka anda perlu waspada dan berhati-hati, jangan senang dulu ketika ada orang yang menawar dan berniat ingin membeli barang yang ada pasang di Olx karena bisa jadi anda sedang menjadi target para penipu online.

Belakangan ini sering terjadi penipuan yang dialami para penjual di Olx, dimana ada calon pembeli yang ingin membeli barang namun calon pembeli mengaku melakukan pembayaran menggunakan e-cash mandiri. Jika ini terjadi dengan anda maka hentikan transaksi anda sekarang juga, karena anda sedang dalam target penipuan.

Seperti yang di alami oleh penjual asal bandung sebut saya Irwan, irwan menjual laptop kesayangannya melalui olx dengan harga Rp3.500.000 ribu. Kemudian, selang beberapa waktu ada seseorang yang menghubunginya bahwa dia tertarik untuk membeli laptop yang di jual lewat olx sebut saja Pelaku.

Pelaku yang berpura-pura sebagai calon pembeli meminta kepada irwan untuk menginformasikan nomor rekeningnya, dan rekeningnya harus bank mandiri karena pelaku ingin transfer uang lewat e-cash mandiri. Selanjutnya, ketika penjual mengirimkan rekening mandiri maka langkah pertama pelaku sukses..

Selanjutnya, pelaku akan mengirimkan bukti berupa foto bahwa dirinya telah melakukan pembayaran menggunakan e-cash mandiri, dan mengirimkan jual langkah-langkah penarikan dana dari e-cash tersebut melalui ATM Mandiri. Jika penjual mengikuti intruksi ini maka dapat pelaku berhasil dalam menjalankan aksinya.

Maka dari itu, ketika anda menjual barang lewat olx atau situs jual beli online lainnya kok ada yang tertarik untuk membeli barang anda dan ingin bayar menggunakan e-cash mandiri maka lebih baik langsung di tolak saja. Minta kepada calon pembeli melakukan transfer menggunakan transfer bank atau COD (cash of dillevery).



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.