Inilah Daftar Rekening Tabungan yang Cocok untuk Mahasiswa

Sudah saat nya seorang mahasiswa memiliki rekening tabungan di bank atasnama sendiri.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika mahasiswa membuka rekening tabungan, bukan hanya sekedar menyimpan uang tapi juga bisa digunakan untuk bisnis online sebagai alat pembayaran transfer.

Seorang mahasiswa tentu umurnya sudah memasuki 17 tahun keatas, sehingga sudah memenuhi syarat untuk membuat KTP dan juga membuka rekening di bank.

Jika kalian termasuk seorang mahasiswa yang ingin mempunyai rekening tabungan tapi masih bingung mau pilih bank yang mana maka kalian dapat simak daftar rekening yang cocok buat mahasiswa yang sedang aktif kuliah.

mobile banking bank bni
mobile banking bank bni

Fungsi Rekening Tabungan untuk Mahasiswa

Sebelum kita lanjutnya untuk menjelaskan daftar rekening tabungan, tentu harus tahu dulu apa fungsi dari rekening yang akan dibuat sehingga dapat memenuhi kebutuhannya.

1. Terima Transfer dari Orangtua

Sebagai bentuk tanggung jawab orangtua yang memiliki anak yang sedang kuliah tentu mereka akan mencukupi kebutuhan anaknya, sehingga orangtua akan mengirim uang setiap bulannya.

Ada mahasiswa yang membuka rekening tabungan untuk menerima transfer dari orangtua.

Jika demikian, maka kalian bisa memilih rekening bank yang sama dengan rekening yang dipakai oleh orangtua kalian, agar tidak dikenakan biaya transaksi pada saat melakukan transfer.

2. Untuk Menyimpan Uang (menabung)

Mahasiswa tidak patut hidup berfoya-foya dari uang pemberian orangtua yang telah dikirim setiap bulannya, maka dari itu kalian harus bisa menyisihkan uang dan di masukan kedalam rekening tabungan.

Rekening tabungan yang cocok untuk menyimpan uang adalah rekening khusus yang biaya administrasinya kecil atau bahkan tidak ada biaya admin seperti tabunganku.

3. Untuk Bisnis Jualan Online

Mahasiswa yang memiliki bisnis sampingan selama kuliah merupakan mahasiswa mandiri yang perlu diacungi jempol dan bisa menjadi panutan.

Dengan memiliki bisnis sampingan maka seorang mahasiswa sedang belajar mandiri, sehingga ketika lulus kuliah mereka sudah terbiasa dengan perjuangan dalam mencari nafkah.

Mahasiswa yang sedang jualan online maka bisa membuka rekening tabungan lebih dari 1 di berbagai bank, sehingga dapat menyesuaikan dengan pelanggan yang akan transfer uang.

4. Menerima Pembayaran dari Youtube / Blogger

Di era digital seperti ini banyak mahasiswa yang memiliki penghasilan puluhan juta bahkan jutaan rupiah, hasil yang mereka dapatkan itu berasal dari youtube atau blogger.

Sehingga mahasiswa perlu rekening tabungan pribadi untuk menerima pembayaran dari hasil kerja sebagai youtuber, blogger atau jenis bisnis lainnya.

Pertimbangan Memilih Rekening untuk Mahasiswa

Setelah kita mengetahui fungsinya maka selanjutnya kita mempelajari tipe rekening yang cocok dipilih sebagai rekening tabungan pribadi.

  • Pastikan biaya administrasinya murah
  • Memiliki kartu ATM dengan biaya admin murah
  • Memiliki fitur mobile banking
  • Syarat untuk buka tabungan yang mudah
  • Kantor cabang nya dekat dengan tempat tinggal

Hal tersebut menjadi pertimbangan bagi mahasiswa ketika akan membuka rekening tabungan di bank.

Dengan biaya admin murah maka saldo tabungan kalian tidak akan berkurang setiap bulannya.

Dengan memiliki fitur mobile banking membuat kalian mudah dalam bertransaksi cek saldo, transfer uang dan mendapatkan notifikasi.

Dengan syarat yang mudah maka tentu akan memudahkan kalian untuk bisa mewujudkan rekening tabungan pribadi.

Dengan kantor cabang yang dekat, jika sewaktu-waktu mengharuskan pergi ke kantor cabang untuk mengurus sesuatu maka mobilitasnya akan menjadi lebih mudah.

Rekening Tabungan untuk Mahasiswa

Baiklah setelah kalian memahami fungsi dan pertimbangan yang telah kami jelaskan maka kalian bisa memilih dari daftar rekening yang kami sebutkan dibawah ini.

  1. Tabungan BSI (bank syariah indonesia).
  2. Tabungan Taplus BNI
  3. Tabungan Simpedes BRI
  4. Tabungan Rupiah Mandiri
  5. Tabunganku disemua Bank
  6. Tabungan Tahapan BCA
  7. Tabungan Bank Mega
  8. Tabungan Syariah Muamalat
  9. Tabungan Bank Danamon
  10. Tabungan Bank Permata

Dari sekian rekening yang kami sebutkan.

Banyak mahasiswa yang memilih untuk membuka rekening tabungan di bank BNI karena fitur bankingnya yang mudah.

Pada saat kami masih kuliah juga menggunakan tabungan BNI.

Selain BNI, mahasiswa juga bisa menggunakan tabungan simpedes BRI dan Mandiri untuk menabung dan bertransaksi usaha online.

Karena banyak calon pembeli yang menggunakan rekening BRI.

Nah, silahkan pilih sendiri rekening apa yang ingin kalian gunakan, segera datang ke kantor cabang bank terkait dengan membawa KTP dan setoran awal.

Leave a Comment