5 Cara Kredit Rumah dengan Gaji Rp 3 Juta perbulan

Cara Kredit Rumah

Setiap orang punya keinginan bisa beli rumah pribadi untuk tempat tinggal menetap bersama istri dan anak-anak, namun harga rumah yang semakin tinggi menjadi kesuit untuk mewujudkan mimpi tersebut. Namun dengan adanya program KPR bank kesempatan untuk mewujudkan impian tersebut menjadi kenyataan.

Anda dapat mengajukan KPR di Bank-Bank yang ada di Indonesia, bisa mengajukan di Bank Konvensional atau di Bank Syariah. Persyaratan dalam pengajuan KPR sekarang lebih mudah, yang penting anda perlu mempersiapkan Uang Muka.

Dan tentunya diimbangi dengan penghasilan atau gaji perbulan anda untuk membayar cicilan kpr setiap bulan. Lantas apakah gaji 3 juta tetap bisa mengajukan KPR atau membeli rumah dengan cara kredit. Berdasarkan penjelasan dari urbanindo.com anda dapat mengikuti 5 cara berikut :

1. Menabung untuk Mengumpulkan Uang Muka

Untuk mengajukan KPR anda pasti akan membutuhkan DP atau Uang Muka, semakin besar DP maka akan semakin ringan cicilan bulanan. Jika gaji anda 20 juta perbulan mungkin tidak terlalu sulit untuk menyiapkan DP , tapi jika gaji anda hanya Rp 3 juta perbulan maka perlu kerja keras dan terus menabung untuk mengumpulkan uang sebagai DP KPR, mulai sekarang silahkan menabung terlebih dahulu untuk mengumpulkan uang muka.

2. Cari Rumah yang Harganya Terjangkau

Dalam memilih rumah tentu anda perlu mengukur kemampuan anda, jika anda bergaji Rp 50 juta perbulan mungkin boleh saja anda memilih rumah yang ada di Pusat Kota. Tapi kalau gaji Rp 3 juta perbulan maka anda bisa mencari rumah yang ada di Pinggiran kota.

Mencari dan menentukan rumah yang akan dicicil sangat penting, seperti yang telah kami sebutkan bahwa anda dapat menyesuaikan dengan gaji yang diperoleh dan kredit yang dibayar setiap bulan.

Jika sudah tahu harga rumah yang ingin dibeli, maka selanjutnya anda dapat mengambil kredit dengan jangka waktu yang panjang, semakin lama jangka waktunya maka semakin kecil cicilan yang harus dibayar.

3. Pilih KPR dengan Suku Bunga yang Ringan

Uang Muka sudah terpenuhi? Rumah yang ingin dibeli sudah ditentukan, selanjutnya baru anda menentukan program KPR mana yang memberikan suku bunga ringan, agar anda tidak keberatan dalam membayar kredit KPR setiap bulannya. Tentunya anda harus memilik bank yang terpercaya.

Anda perlu cermat dalam memilih program KRP Bank untuk mendapatkan bunga KPR kecil agar cicilannya tidak memberatkan Anda. Apabila merasa bingung, Anda bisa mengecek Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) Bank yang biasanya tertera di situs resmi Bank Indonesia.

Baca Juga : Tabel KPR Bank BRI Syariah

4. Tentukan Besar nya Uang Muka

Syarat utama untuk dapat mengajukan KPR Bank adalah Uang Muka / DP. Besarnya DP dapat ditentukan berdasarkan harga rumah yang ingin dibeli, sebaiknya anda menyiapkan uang muka dalam jumlah yang cukup besar.

5. Pastikan Kemampuan Membayar Cicilan

Nah, yang satu ini tentunya sangat berkaitan dengan kemampuan Anda dalam membayar cicilan KPR per bulan. Jangan sampai pengeluaran Anda lebih besar daripada pemasukan. Misalnya, Anda memiliki pendapatan Rp 3 juta dan harus membayar cicilan KPR sebesar Rp 2,5 juta per bulan. Hal ini jangan sampai terjadi, maka sebaiknya lakukan perhitungan terlebih dahulu sebelum memilih KPR dan menentukan jangka waktu cicilan.




Silahkan Tinggalkan Komentar