7 Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil

Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Sebagai ibu-ibu rumah tangga mungkin butuh sebuah aktivitas selain pekerjaan rumah tangga yang bisa memberikan penghasilan tambahan untuk membantu suami memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, tak ada salah nya untuk melakukan suatu hal yang produktif.

Mungkin sebagian ibu rumah tangga ada yang masih bekerja sebagai pegawai kantoran atau guru yang sifatnya meninggalkan rumah untuk beberapa jam, namun bagi ibu rumah tangga beneran yang waktunya hanya untuk membereskan rumah dan ketika itu semua selesai waktu mereka banyak yang kosong.

Maka alangkah baiknya memanfaatkan waktu kosong setelah menyelesaikan pekerjaan rumah dengan berbisnis kecil-kecilan, banyak kok peluang bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga dengan modal yang relatif kecil. Kami akan berikan ide bisnis untuk anda dirumah :

1. Menjual Pakaian dan Sprey

Sebagai ibu rumah tangga bisa mengambil kesempatan atau peluang bisnis ini, anda bisa berjualan pakaian. Pakaian banyak sekali model nya namun untuk ibu rumah tangga dapat menjual pakai khusus untuk bapak-bapak, ibu-ibu atau anak-anak.

Walaupun memang dipasar sudah banyak yang jual tapi kita bisa melakukan hal yang sama dirumah tanpa harus menyewa toko. Anda cukup menstok dirumah beberapa jenis pakaian, anda bisa menerima pesanan dari orang dan harga jual kalau bisa dibuat lebih miring dari harga pasar.

Anda juga bisa tambahkan produk sprey, biasanya banyak sekali ibu-ibu yang mencari sprey untuk tempat tidur mereka. Anda dapat mencari sprey dengan motif yang cantik, cari yang tidak ditemui dipasar anda bisa pesar secara online dari grosir yang ada diluar daerah.

2. Menjual Perabotan Rumah Tangga

Bisnis ini juga menarik untuk dijalankan, anda bisa menjual berbagai perabotang rumah tangga, anda bisa memajang barang dagangan di rumah tamu, ketika ada teman yang datang melihat dan siapa tahu tertarik untuk membelinya.

Anda juga bisa menawarkan kepada ibu-ibu lain untuk membeli perabotan rumah tangga yang anda jual. Seperti teflon masak, pisau dapur, tupperware, kompor dan sebagainya yang sekiranya bisa laku di jual.

3. Bisnis Jajanan Pasar

Anda bisa membuat jajanan pasar seperti membuat klepon, empek-empek, cenil, somay atau jajanan lainnya. Anda bisa memproduksi beberapa jenis makanan (jajanan pasar) tersebut dengan jumlah yang kecil dulu. Kalau ternyata terjual habis anda bisa meningkatkan jumlah produksinya.

Pemasaran bisa dengan cara menitipkan atau dijual ke warung-warung yang ada di sekolah-sekolah yang nantinya dijual lagi, atau bisa juga jual ke tukang – tukang sayur. Untuk harga jual anda bisa hitung-hitungan sendiri, anda untung dan orang yang dititipkan juga untung.

4. Bisnis Kosmetik

Banyak sekali ibu-ibu rumah tangga yang sudah memulai bisnis kosmetik ini. Bisa kosmetik yang dijual dari Sales-sales atau bisa juga menjual Kosmetik yang di MLM kan seperti kosmetik Wardah, Oriflame dan lain-lain. Kami yakin untuk masalah ini tentunya ibu – ibu yang lebih tahu maka yang layak untuk dibisniskan.

5. Bisnis Konveksi atau Jahitan

Membuka usaha jasa jahitan sangat menjanjikan, dan ga ada matinya. Untuk bisa menjalankan bisnis ini setidaknya anda memiliki keahlian menjahit, jika belum anda bisa kursus terlebih dahulu. Kursus menjahit membutuhkan waktu 3-6 bulan. Selanjutnya, jika sudah bisa anda bisa membuka jasa jahit dirumah.

Tak hanya itu dengan keahlian menjahit anda juga bisa menyiapkan kain – kain dasar yang bisa dipilih untuk bahan jahitan baju atau celana yang mereka pesan. Jadi anda bisa mendapatkan keuntungan yang dobel.

6. Bisnis Laundry Kiloan

Anda juga bisa membuka jasa laundry kiloan, modal untuk memulai bisnis ini setidaknya memiliki uang sebesar Rp 10 jutaan. Tapi tidak semua tempak bisa menjalankan bisnis ini, bisnis ini hanya cocok dibuka didekat kos – kosan mahasiswa (area kampus).

7. Bisnis Makanan atau Catering

Jika memang tangan anda bisa merubah bahan mentah menjadi makanan kenapa tidak dicoba? anda bisa membuka warung makan kecil-kecilan, apalagi yang tinggal didekat kampus, perkantoran, dipinggir jalan umum, dll. Kemudian anda juga dapat menerima pesanan catering untuk mereka yang ingin mengadakan acara seperti rapat, wisuda, atau acara lainnya.

Itulah 7 ide bisnis atau peluang usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal yang relatif lebih murah, sebenernya masih banyak peluang usaha atau bisnis yang bisa dijalankan untuk ibu-ibu rumah tangga. Jika butuh modal anda bisa mengajukan pinjaman di bank dengan menggadaikan BPKB Sepeda motor.