Menyiapkan Biaya untuk Anak Sekolah, Apakah itu Perlu?

mempersiapkan biaya untuk anak sekolah

Setiap orangtua pasti ingin anaknya mengenyam pendidikan setinggi mungkin, sehingga dapat menjadi orang sukses. Segala sesautu rela dilakukan demi anaknya bisa sekolah, maka dari itu bagi yang memiliki uang lebih sangat penting untuk mempersiapkan biaya anak sekolah di masa depan.

Mungkin saat ini anak anda masih kecil dan belum sekolah, semakin lama anda semakin tua. Dan kita tidak tahu apa yang terjadi pada saat anak akan masuk sekolah, maka dari itu sangat penting bagi orang tua merencanakan biaya pendidikan terutama bagi yang mampu.

Mengapa kok terutama bagi yang mampu? Sudah jelas dong, orang yang mampu perlu merencanakan keuangan untuk masa depan. Sedangkan orang yang memiliki ekonomi terbatas harus pintar membagi keuangan untuk kebutuhan saat itu, sehingga tidak ada sisa untuk di simpan, maka yang harus dilakukan adalah jalani aja.

Bicara soal merencanakan biaya pendidikan untuk anak sekolah nanti, tentu akan ada hubungannya dengan ‘menabung’ atau menyimpan uang. Apakah kita cukup membuka rekening tabungan biasa? atau perlu membuka tabungan rencana khusus untuk pendidikan?

Tabungan biasa memang memiliki beberapa keuntungan seperti ‘keuntungan bagi hasil’ tapi tabungan biasa tidak cocok untuk menyimpan uang untuk mewujudkan sesuatu, karena ada fasilitas transaksi sehingga kita bisa mengambil uang tersebut ketika dibutuhkan, bahkan bisa-bisa saldo habis sebelum mewujudkan rencana nya.

Berbeda dengan tabungan rencana, tabungan dapat diistilahkan seperti investasi karena pihak bank akan memberikan return yang lebih besar dan juga tabungan rencana dikhususnya untuk mewujudkan sesautu yang direncanakan sehingga dapat digunakan untuk keperluan rencana yang dibuat.

Misal untuk biaya pendidikan anak pada tahun ke sekian, maka dana yang disimpan pada tabunan rencana hanya bisa diambil ketika akan digunakan untuk pendidikan anak tersebut.

Dengan tabungan rencana, nasabah akan menjadi lebih terarah dalam mewujudkan rencana dimasa depan dan lebih disiplin. Tabungan rencana memiliki jangka waktu tertentu untuk bisa mencairkan dana yang di simpan.

Jika anda berniat untuk mempersiapkan biaya untuk anak sekolah, maka anda sendiri harus komitmen dan alangkah baiknya untuk membuka tabungan rencana pendidikan. Dana yang disimpan untuk pendidikan tidak boleh digunakan untuk kebutuhan lain, kecuali jika mendesak.

Orang tua harus benar-benar menjalankan rencana nya dengan membuka rekening tabungan pendidikan, hal ini demi masa depan anak yang lebih baik. Anda perlu membuat rencana kapan biaya tersebut akan dibutuhkan.

Dengan memiliki tabungan rencana orang tua nantinya tidak perlu khawatir dan pusing memikirkan biaya ketika anak masuk sekolah, karena semua sudah dipersiapkan sejak awal.

Sebelum membuka tabungan rencana untuk pendidikan anak, orangtua harus bisa mengestimasi kebutuhan pendidikan anak nantinya, berapa kira-kira dana yang akan dipersiapkan untuk pendidikan anak nanti, 20 juta kah? 30? juta kah atau 50 juta? sehingga anda dapat menghitung berapa lama akan menabung dan berapa jumlah uang yang akan disimpan.

Kesimpulan : Menyiapkan Biaya untuk Anak Sekolah, Apakah itu Perlu?

Dibilang perlu memang perlu, jika anda sanggup dengan melihat berapa kebutuhan bulanan keluarga dan berapa jumlah pendapatan keluarga dalam sebulan, apakah ada sisa? jika ada sisa maka itu perlu namun jika tidak ada sisa maka apa boleh buat, jalan aja sampai waktunya.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.