Persiapan yang harus dilakukan sebelum Pensiun

Mempersiapkan Usia Pensiun

Semua orang akan merasakan yang namanya usia pensiun yaitu ketika sudah berusia 60 tahun keatas, waktu dimana fisik dan tenaga mulai menurun, sehingga perlu mempersiapkan segala sesuatunya sejak sekarang, paling tidak 1-2 tahun sebelum masuk usia pensiun. 

Kebanyakan orang lupa atau bahkan memang kurang tidak mempersiapkan masa pensiun nya dengan baik. Tapi alangkah baiknya siapkan sejak sekarang, jangan menunggu nanti. Kerjakan apa yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan masa tua.

Mempersiapkan pensiun sejak dini merupakan langkah yang paling baik agar kita tidak bingung melakukan apa disaat sudah pensiun nanti. Kami akan membantu memberikan gambaran atau rencana apa yang sekiranya harus dilakukan menjelang masa pensiun.

1. Menghitung harta kekayaan

Hitung semua harta yang dimiliki, jangan sampai anda tidak tahu berapa uang tabungan atau aset yang dimiliki pada saat pensun kelak. Seperti berapa pesangon yang akan di dapat, tabungan pensiun, investasi yang dimiliki, saham yang dimiliki, dan lain lainnya. Hitung dengan baik sehingga anda dapat mengatur sisa kekayaan yang dapat digunakan saat pensiun.

2. Lunasi utang

Hal terburuk akan terjadi ketika anda memiliki hutang saat pensun, maka segera lunasi hutang-hutang anda, apalagi masa pensiun yang sudah semakin dekat. Karena ketika anda memiliki hutang pada pensiun akan sulit untuk menyelesaikannya, itu dikarenakan kemampuan seseorang dalam bekerja (menghasilkan uang) mulai menurut, menjadi semakin tidak produktif.

Jika memiliki hutang diusia pensiun bisa jadi justru akan memangkas tabungan pensiun yang sudah disiapkan sejak lama, masih mending jika masih ada sisa, bagaimana jika habis total Maka dari itu lunasi dan hindari dari berutang dalam jenis apapun apalagi kredit perumahan atau jenis utang konsumtif lain yang memiliki bunga tinggi.

3. Kecilkan Rumah

Usia pensiun alangkah baiknya tinggal disebuah rumah yang sederhana, jangan menghuni rumah yang terlalu besar, karena pastinya membutuhkan biaya perawatan yang cukup banyak. Apalagi jika mempekerjakan Pembantu, berapa orang yang harus dibutuhkan merawat rumah dan anda ketika berada di rumah yang berukuran besar? maka dari itu lebih baik lakukan downsizing rumah.

Rumah adalah aset, anda dapat menjual rumah yang besar, kemudian dari hasil penjualan rumah bisa digunakan untuk membeli rumah yang ukurannya lebih kecil. Sisa dari penjualan rumah dapat digunakan untuk mengikuti investasi yang dapat memberikan hasil tanpa harus melakukan kerja atau mempersiapkan sebuah bisnis.

4. Siapkan bisnis Sejak Sekarang

Saat karyawan memasuki masa persiapan pensiun biasanya tugas yang diberikan jadi lebih ringan. Masa persiapan pensiun yang dimulai setahun sebelum pensiun adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan bisnis. Sebab, pada masa ini kamu memiliki waktu yang lebih longgar.

Coba cari bisnis yang paling cocok untuk profilmu sebagai pensiunan. Di sejumlah perusahaan biasanya terdapat tawaran usaha yang diberikan pada karyawan yang telah masuk masa persiapan pensiun. Coba pelajari dan pertimbangkan seluruh tawaran yang ada.

Sumber : cekaja.com



Comments are closed.