Sudahkah Anda menerapkan tips menabung secara baik dan benar?

Tampak mudah memang, saat berbicara soal menyimpan uang. Namun faktanya, banyak kalangan keluarga tak mampu melakukan hal tersebut karena satu dan dua hal, semisal kebutuhan mendadak sehari-hari.

Setiap anggota keluarga pastinya memiliki kebutuhan masing-masing.

Sebagai orang tua, Anda dan pasangan perlu mengatur segala pengeluaran tersebut dan mengalihkannya dengan cara menabung. Sebisa mungkin, dahulukan kebutuhan utama agar tidak menyesal di kemudian hari.

Meningkatnya biaya hidup, konon bikin menabung lebih sulit dari sebelumnya.

Mulai dari makanan, alat-alat rumah tangga, transportasi hingga biaya sekolah anak, semua hal itu acapkali menghambat sebuah keluarga dalam rangka menyimpan uang. Apakah Anda mengalaminya?

Meskipun menabung merupakan kegiatan yang teramat sulit untuk dipraktekan, namun bukan tak mungkin Anda menyimpan sebagian uang dari penghasilan atau gaji bulanan.

5 Tips Menabung Efektif untuk Keluarga

Anda tak perlu khawatir, kamu telah mengulas beberapa tips menabung secara efektif di untuk keluarga yang bisa dipraktekan dirumah:

  1. Penganggaran Dana

Tips menabung pertama adalah melakukan penganggaran dana terlebih dahulu. Hal ini membantu Anda memprioritaskan pengeluaran dan menemukan keseimbangan dengan setoran tabungan. Periksa laporan kartu kredit, tagihan dan kebutuhan bulanan agar lebih rapi.

Penganggaran dana yang baik dapat membantu menghitung seluruh pemasukan dan pengeluaran. Bukan tak mungkin pula jika suatu saat nanti, Anda berhasil menemukan pada aspek mana Anda dan keluarga boros. Semua ini bisa dibuat dengan catatan baik dalam buku, ponsel atau laptop.

  1. Buka Rekening Khusus Menabung

Salah satu tips menabung yang efektif adalah membuka rekening khusus berisi uang simpanan. Hal tersebut dapat memberi Anda tingkat bunga yang lebih tinggi daripada rekening transaksi dasar. Selain itu, uang tersebut tak akan terganggu dan tercampur dengan biaya sehari-hari.

Rekening khusus menabung ini, dapat menangkal godaan untuk menghabiskan uang dari akun utama keluarga. Segera setelah tanggal gajian tiba, segera transfer sebagian ke rekening tersebut. Agar lebih tertata rapi, sepakati jumlah tabungan bersama pasangan sejak awal.

  1. Mengontrol Diri untuk Keinginan Sesaat

Sekalipun sudah berkeluarga, bukan tak mungkin jika Anda atau pasangan terburu nafsu untuk membeli sesuatu yang sudah diinginkan sejak dahulu. Tak ada hal lain yang bisa dilakukan selain mengontrol hasrat tersebut dan mendahulukan tabungan untuk berjaga-jaga di masa depan.

Kartu kredit, ATM, dan belanja online memudahkan pengeluaran uang, terutama pada hal-hal yang diinginkan ketimbang kebutuhan. Jika Anda berada pada fase tersebut, tunggu setidaknya beberapa hari sebelum membeli. Kalau perlu, diskusikan hal ini pada anggota keluarga lain.

  1. Bikin Target Menabung

Agar lebih semangat, buatlah target menabung dengan jumlah dan waktu yang telah ditentukan sejak awal. Sebagai contoh, pada bulan Januari Anda berencana untuk menyimpan uang sampai Rp100 juta. Target ini kelak dapat memacu diri buat menabung lebih giat lagi setiap bulannya.

Terkadang, target menabung dengan besaran yang telah ditentukan mampu menyingkirkan pikiran impulsif untuk beli barang ini atau itu saat hari gajian tiba. Sepakati ini dengan pasangan dan anggota keluarga lain agar lebih terpacu untuk mengejar target. Cara ini terbilang ampuh!

  1. Menabung Investasi

Tak hanya sekadar simpan uang, menabung dengan cara investasi mampu membuat pendapatan lebih tinggi sesuai suku bunga. Semisal ketika Anda menabung dengan cara membeli emas, jual barang tersebut saat harganya naik. Ingin lebih santai? Bukalah deposito di bank pilihan Anda.

Itulah tadi 5 tips menabung untuk keluarga secara efektif di tahun 2020. Masih banyak cara untuk dieksplor, lakukan sesuai keinginan pribadi jika memang itu terbaik. Selamat mencoba!