IndiHome merupakan layanan internet dan TV dari Telkom, layanan ini bersifat pascabayar artinya pelanggan pakai dulu baru bayar, dan tagihan harus dibayar setiap bulan sebelum jatuh tempo.

Pakai tidak pakai pelanggan akan tetap dikenakan biaya bulanan sesuai dengan paket internet yang dipilih pada saat pengajuan awal.

Tagihan telkom akan muncul setiap tanggal 10 setiap bulannya dan harus segera dibayar sebelum tanggal 20, jangan sampai lewat ya.

Tagihan telkom dapat dibayar menggunakan beberapa metode pembayaran, pelanggan dapat memilih ingin bayar menggunakan apa, berikut beberapa cara membayar tagihan telkom:

  • lewat ATM
  • lewat Marketplace (Shopee , Tokopedia)
  • lewat Aplikasi uang digital (DANA, OVO, Linkaja)
  • lewat Minimarket (Alfamart dan Indomaret)
  • dan bisa bayar lewat Aplikasi Gojek

Telat Bayar Tagihan Indihome?

telat bayar tagihan telkom indihome
telat bayar tagihan telkom indihome

Apa dampaknya ketika anda telat bayar tagihan indihome, baik disengaja maupun tidak, yang jelas tagihan belum dibayar melewati jatuh tempo.

Tagihan telkom harus dibayar sebelum tanggal 20 setiap bulannya, jadi tagihan bulan Januari harus anda bayar di bulan Februari, dan tagihan Februari harus dibayar bulan Maret begitu seterusnya.

Contoh:

Anda telat untuk bayar tagihan bulan Januari (yang harus dibayar sebelum tanggal 20 Febuari), ternyata telat sampai memasuki bulan maret, jika demikian maka tagihann bulan Febuari akan muncul dan harus dibayar sebelum tanggal 20 Maret.

Jika demikian maka anda punya tagihan 2 bulan yaitu bulan Januari dan Bulan Februari, yang harus segera dibayar sebelum jatuh tempo tanggal 20 Maret, jika anda tunda lagi membayar sampai bulan April maka anda akan memiliki tagihan 3 bulan (Januari, Februari, dan Maret).

Pelanggan yang telat bayar tagihan Internet Indihome atau Wifi ID maka akan dikenakan denda 5% dari biaya bulanan.

Jika tagihan anda adalah Rp300.000 maka dendanya sebesar Rp15.000/bulan telat.

Dampak Telat Bayar Tagihan Internet Telkom Indihome?

Selain dikenakan denda, koneksi internet anda akan diblokir sementara sehingga anda tidak bisa mengakses internet menggunakan wifi atau kabel lan dari jaaringan Telkom.

Agar internet aktif kembali maka anda cukup melunasi tagihan yang belum dibayar.

Ketika status anda di blokir sementara, bukan berarti tagihan akan berhenti, anda juga akan tetap mendapatkan tagihan / abodemen di bulan berikutnya walaupun tidaanda tidk menggunakan akses internet kareena diblokir.

Anda punya waktu tempo 3 bulan, jika dalam 3 bulan anda tidak bayar tagihan maka pihak telkom akan melakukan pemutusan jaringan, dan anda akan masuk kedalam daftar blacklist sehingganda tidak bisa lagi mengajukan permohonan pasang internet telkom indihome.

Anda tetap mempunyai tagihan 3 bulan kepada telkom yang harus dibayar, inilah dampak jika anda tidak bayar tagihan indihome, mulai dari pemblokiran akses, tagihan berjalan, dan pemutusan jaringan jika sampai 3 bulan belum bayar.

Maka dari itu, jika memang berniat untuk tidak menggunakan  lagi akses internet telkom (indihome/wifi id) sebaiknya aanda mengajukan permohonan untuk pemutusan jaringan di kantor telkom terdekat.

Bawa semua perangkat telkom yang dipinjamkan kepada anda (modem wifi, akses poin dll) untuk dikembalikan karena memang sstatusnya adalah dipinjamkan bukan diberikan dan lunasi tagihan yang belum dibayar.

KIRIM KOMENTAR ANDA

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.