Keuangan merupakan bagian yang sangat vital dalam kehidupan, maka sebagai generasi milenial 2020, anda sudah seharusnya mengatur keuangan dengan baik sejak sekarang.

Pertanyaannya: sudahkah Anda menerapkan cara mengatur keuangan yang baik?

Hemmm… Tidak ada kata terlambat, jika memang belum, maka mulailah untuk memikirkan hal tersebut sedini mungkin. Semakin baik pengelolaan finansial anda, maka semakin aman pula kehidupan kita di masa depan.

Selagi waktu masih punya banyak waktu kedepan, persiapkan semuanya secara matang. Banyak kerugian dapat terjadi jika Anda mengundur waktu dalam soal cara mengatur keuangan.

Yuk, lakukan dari sekarang!!

Timbulkan rasa percaya diri, lepaskan keraguan apa pun yang mungkin menghambat Anda. Aturan terpenting perencanaan finansial adalah memulai dari sekarang, sekecil dan sebesar apapun itu.

Agar lebih jelas, simak cara mengatur keuangan untuk generasi milenial berikut ini..

5 Cara Mengatur Keuangan Generasi Milenial

  • Menyiapkan Dana Keamanan
  • Hindari Gaya Hidup Boros
  • Membuat Catatan Keuangan
  • Mulai Berinvestasi
  • Bermain Skala Prioritas

Kami yakin jika anda menerapkan 5 poin diatas maka ekonomi anda kedepan akan membaik, dan tentunya segala hal yang anda ingin wujudkan akan berjalan sesuai dengan rencana.

  1. Menyiapkan Dana Keamanan

Cara mengatur keuangan pertama bagi generasi milenial adalah terlebih dahulu menyiapkan dana keamanan. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika Anda membutuhkan biaya darurat. Simpan setidaknya tiga bulan gaji untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, semisal sakit.

Pikirkan tentang menyimpan dana darurat di rekening tabungan berjangka atau deposito. Selain menabung, Anda juga bisa memperoleh kelebihan dari bagi hasil deposito. Jangan membiasakan saldo tabungan kosong dengan alasan tertentu, Anda harus siap siaga dalam kondisi apapun.

  1. Hindari Gaya Hidup Boros

Kebiasaan seperti hang out setiap hari, makan dan minum berharga mahal dan sebagainya, adalah jalan menuju gaya hidup boros. Cara mengatur keuangan bakal jadi berantakan jika Anda masih bertahan dengan sifat tersebut. Mulailah untuk berorientasi pada masa depan!

Ada banyak hal untuk meminimalisir keborosan tersebut, mulai dari bawa bekal dari rumah, hindari nongkrong hampir setiap malam, mendesain berbagai hal secara gratis dan online, membiasakan kebutuhan penting ketimbang keinginan sesaat dan sebagainya. Lewat cara tersebut, Anda akan lebih menghemat uang dan bisa ditabung.

  1. Membuat Catatan Keuangan

Jika Anda hidup dari mengandalkan gaji kantor, biasakan untuk terus memantau pemasukan serta pengeluaran. Cari tahu di mana uang banyak keluar dengan membuat catatan keuangan. Kelak Anda akan terbiasa dan berhati-hati setiap kali hendak menggunakan penghasilan.

Bila perlu, Anda juga dapat membagi gaji berdasarkan keperluan. Semisal berapa persen bagian untuk biaya hidup, berapa persen menabung, hingga berapa persen uang hiburan. Prioritaskan biaya hidup sehari-hari dan menabung, lalu rajinlah memantau catatan keuangan.

  1. Mulai untuk Ber Investasi

Seperti yang telah dijelaskan pada poin di atas, Anda bisa menabung untuk berjaga-jaga dengan cara deposito. Hal tersebut juga masuk dalam upaya investasi, meski Anda dapat melakukan hal yang lebih. Emas, saham dan properti merupakan salah satu cara untuk investasi.

Sama halnya dengan menabung, investasi bertujuan untuk menyimpan uang dengan harapan bisa memetik angka yang lebih besar suatu saat nanti. Bahkan dengan dana minim, Anda mampu melakukan investasi seperti emas. Jika punya dana besar, cobalah untuk investasi properti.

  1. Bermain Skala Prioritas

Terkadang saat hari gajian tiba, Anda gelap mata dan ingin membeli segala hal. Hindari kebiasaan ini! Mulailah untuk membuat skala prioritas periha kebutuhan sehari-hari. Utamakan hal penting seperti membayar listrik, servis kendaraan dan cicilan jika sedang kredit.

Apa yang Anda inginkan, sebetulnya tidak sebanding dengan apa yang Anda butuhkan. Sebagai contoh, hindari barang impian sebelum membeli alat mandi, bahan memasak dan sebagainya. Setelah kebutuhan utama terpenuhi, barulah menabung dan membeli barang keinginan.

Itulah tadi tips sederhana dan cara mengatur keuangan yang baik. Kita tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, sehingga berjaga-jagalah dari sekarang. Selamat mencoba!

KIRIM KOMENTAR ANDA

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.