4 Cara Mengelola Keuangan Saat Kuliah di Perguruan Tinggi

cara mengelola keuangan selama kuliah
cara mengelola keuangan selama kuliah

cara mengelola keuangan selama kuliah

Sebagai mahasiswa harus menyadari bahwa betapa sulitnya orangtua dalam mencari uang untuk membiayai selama kalian kuliah, belum lagi biaya pendidikan semakin lama kian meningkat mulai dari 3 juta hingga 8 juta persemester.

Apalagi jika kalian kuliah di Perguruan tinggi favorit (UGM, ITB, UNPAD dll), tentu biayanya jauh lebih tinggi dibandingkan kuliah di peruguran tinggi biasa seperti Universitas Terbuka. Ditambah lagi dengan gaya hidup yang tinggi saat jadi mahasiswa.

Maka dari sangat penting bagi mahasiswa untuk bisa mengelola keuangan dengan baik sehingga dapat menyelesaikan program S1 yang sedang ditempuh, jangan sampai pendidikan berhenti ditengah jalan gara-gara kesalahan kamu dalam mengatur keuangan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi beberapa tips yang bisa kamu coba dalam mengelola keuangan selama kuliah sehingga kamu bisa menghemat uang yang diberi orangtua dan menggunakannya secara efektif.

1. Ketahui Biaya Selama Kuliah:

Ketika memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, luangkan waktu untuk mengetahui tentang biaya-biaya seperti biaya kuliah, biaya hidup, dan pengeluaran lainnya.

Selanjutnya, kamu dapat membuat anggaran biaya-biaya bulanan secara rinci, hindari biaya yang tidak terlalu penting. Biaya kuliah dan biaya hidup dapat bervariasi sesuai dengan perguruan tinggi yang kamu pilih dan wilayah geografis di mana perguruan tinggi berada.

2. Mulailah Menyimpan Uang (menabung):

Menabung atau menyimpan uang merupakan hal penting yang harus dilakukan mahasiswa, sisihkan sebagian uang yang kamu dapatkan dengan bijak.

Kamu bisa mendapatkan uang dari pemberian orangtua atau hasil dari kamu bekerja paruh waktu selama kuliah. Dengan menabung kamu akan memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan mendesak.

3. Pantau Terus Biaya Bulanan:

Mahasiswa harus aktif dalam mencatat semua pengeluaran, catat apa saja yang kamu bayar. Apakah membeli sesuatu? atau membayar biaya-biaya lain, dengan demikian kamu akan tahu kemana uang itu kamu gunakan.

Setelah kamu tahu berapa uang yang kamu habiskan dalam 1 bulan, kamu dapat menilai apakah kamu boros? atau kamu hemat? Tunda beberapa pengeluaran yang tidak terlalu penting dan dahulukan pengeluaran pokok.

Dengan mencatat semua pengeluaran secara terperinci maka ini pasti akan dapat membantu kamu untuk menghemat uang tambahan karena kamu akan menyadari pengeluaran yang tidak perlu.

4. Jangan Pinjam Uang atau Meminjamkan Uang:

Jangan pernah meminjam uang dari seseorang dan jangan pernah memberikannya kepada seseorang untuk penggunaan sementara, dengan asumsi bahwa ia akan mengembalikannya kepada Anda setelah beberapa waktu.

Bukan berarti tidak boleh meminjam uang dari orang lain ataupun meminjamkan uang kepada oranglain, akan tetapi kalau ini terlalu sering dilakukan maka akan menjadi kebiasaan buruk dan akan menganggu keuangan kamu.

1 COMMENT

KIRIM KOMENTAR ANDA

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.