7 Tips Menabung dalam Seminggu Agar Lebih Hemat

tips menabung agar lebih hemat
tips menabung agar lebih hemat

tips menabung agar lebih hemat

Banyak orang menganggap menabung adalah hal yang tidak terlalu penting, toh setiap bulan bisa dapat uang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ketahuilah bahwa hidup hemat dengan cara menabung akan membuat ekonomi tetap stabil, ketika butuh uang lebih banyak maka bisa menggunakan uang hasil tabungan, itulah pentingnya menabung.

Menabung suatu hal yang tidak gampang, nyatanya banyak orang yang sulit menyimpan uang untuk ditabung. Ketika butuh uang lebih biasanya mereka mengambil langkah untuk berhutang.

Yups, menabung akan sangat membantu disuatu keadaan tertentu. Hindari membeli sesuatu yang tidak perlu, kalau memang bisa di tunda maka ditunda dulu saja. Tabung uang tersebut dan gunakan untuk keperluan mendesak.

Mari kita menyisihkan sebagian uang yang kita dapatkan untuk dimasukan kedalam tabungan, boleh dimasukan ke rekening pribadi atau tabungan tradisional. Berikut tips menabung dalam seminggu agar lebih hemat:

  • Hemm.. Stop Kebiasaan Buruk dalam Penggunaan Uang

Setiap orang pasti punya nafsu untuk membeli sesuatu ketika punya banyak uang, bahkan hal yang tidak terlalu penting ikutan kebeli. Ini merupakan kebiasaan buruk, stop kebiasaan buruk membeli sesuatu yang tidak penting.

Kebiasaan buruk lain yaitu sering beli makan di luar atau (jajan), bentar-bentar beli makan lewat gofood, bentar-bentar keluar makan di restoran dan sebagainya.

Kalau anda bisa berhenti dari kebiasaan buruh semacam ini maka kamu akan bisa lebih berhemat, dan menyisihkan sebagian uang untuk di tabung, suatu saat pasti uang tabungan anda akan sangat membantu.

  • Yuk, rekap pengeluaran dalam sebulan

Setiap orang punya kebutuhan, terutama kebutuhan pokok.

Banyak orang yang enggan mencatat atau merekap pengeluaran setiap harinya, sehingga mereka tidak sadar kalau pada ujungya uang habis begitu saja tanpa tersisa.

Maka dari itu, anda perlu mencatat pemasukan dan pengeluarannya. Misal: bulan ini dapat uang Rp3 juta dan catat pengeluarannya. Jangan sampai pengeluaran mencapai angka 3 juta kalau uang anda habis itu artinya ada pemborosan.

  • Menekan Biaya Pengeluaran yang tak penting

Terkadang banyak orang tidak menyadari dengan biaya yang dikeluarkan setiap bulan ternyata tidak terlalu penting kegunaannya.

Sebagai contoh, mungkin anda berlangganan TV Kabel akan tetapi jarang sekali nonton TV melainkan lebih sering nonton Youtube. Kalau demikian lebih baik ga usah berlangganan TV Kabel nya.

Maka dari itu, cek pengeluaran yang sekiranya tidak sangat diperlukan dan stop untuk menekan pengeluaran yang boros.

  • Menahan Godaan dalam mengeluarkan Uang

Wah tampaknya banyak godaan diluar yang bisa mengancurkan rencana anda untuk berhemat dan menabung.

Banyak barang-barang promo dan diskon yang bisa di beli, atau banyak teman yang ngajak untuk nongkrong-nongkron di kafe, ngajak karokean dan sebagainya.

Tahan godaan tersebut!! kalau memang mau keluar pilih salah satu kalau bulan ini nongkrong di kafe maka ga usah pergi karokean. Sesekali bolehlah, yang penting ga setiap waktu.

  • Ubah Kebiasaan Buruk yang Konsumtif

Mengubah kebiasaan dari yang tadinya sering menjadi sesekali saja.

Artinya kebiasaan yang sering kamu lakukan dalam mengabiskan uang di kurangi, sesekali boleh tapi ga setiap hari. Kalau kamu suka beli makan di luar setiap hari maka bisa bikin keuanganmu makin boros, kalau memang bisa masak sendiri kenapa harus beli? repot sendiri gpp untuk berhemat.

KIRIM KOMENTAR ANDA

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.