7 Tips Hemat Dalam Keuangan Selama Bulan Ramadhan

tips hemat bulan ramadhan

Dalam waktu dekat, bulan ramadhan akan segera hadir (atau bahkan sudah hadir jika anda membaca artikel ini dibulan ramadhan). Biasanya kebutuhan selama bulan puasa akan meningkat sehingga membuat pengeluaran menjadi lebih besar dari biasanya.

Penting untuk kita dalam mengelola keuangan selama bulan ramadhan, kalau kita tidak pintar dan tidak bijak dalam mengelola keuangan rumah tangga maka bisa berdampak borosnya pengeluaran.

Untuk itu, agar keuangan rumah tanggal tetap stabil selama bulan ramadhan maka anda harus bisa menerapkan tips hemat yang akan kami sampaikan pada kesempatan hari ini. Yuk simak penjelasan tips hemat ramadhan berikut ini :

1. Jangan terlalu sering Buka Bersama

Sering kali kita di ajak kumpul-kumpul bareng keluarga, rekan kerja, teman se komunitas atau lainnya untuk buka bersama diluar. Ini lah yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang selama bulan ramadhan, tanpa disadari justru akan menguras keuangan keluarga.

Terlalu sering buka puasa bersama diluar akan menghabiskan banyak uang, dapat dipastikan ketika pergi buka puasa di luar maka bisa menghabiskan uang sekitar Rp100.000 – Rp300.000 per sekali buka puasa.

2. Membuat anggaran selama Bulan Puasa

Membuat sebuah anggaran itu sangat penting agar tidak terlena dalam menggunakan uang, rasanya ingin membeli ini itu ketika uang ada ditangan.

Buat anggaran terhadap kebutuhan yang harus dipenuhi selama bulan ramadhan, tunda keinginan-keinginan yang belum terlalu dibutuhkan. Dengan membuat anggaran maka anda akan tahu berapa perkiraan uang yang akan dikeluarkan dan berapa yang tersisa.

3. Lebih baik Masak Sendiri Dirumah

Memasak sendiri dirumah akan lebih menghemat pengeluaran, hanya dengan Rp50.000 sudah cukup untuk memenuhi menu buka puasa keluarga.

Buka dan Sahur dengan menu secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan. Biasanya, keinginan orang yang puasa ingin menyantap ini itu, padahal kebutuhannya hanya sedikit saja.

Anda bisa belanja kebutuhan dapur di pasar tradisional ketika pagi hari, yang nantinya bisa anda masak ketika menjelang buka puasa. Bukan berarti tidak boleh buka puasa diluar, tapi jangan sering-sering.

4. Hindari pergi ke tempat yang mendorong untuk Berbelanja

Selama bulan puasa, jangan terlalu sering juga pergi ke tempat-tempat yang mendorong untuk belanja walaupun hanya sekedar ngabuburit disore hari.

Ngabuburit ke Mall, Supermarket, hanya akan mendorong keinginan untuk belanja sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan. Pergi ke mall / supermarket disarankan pada saat akan memasuki 10 malam terakhir ramadhan.

5. Gunakan Promo-Promo Ramadhan

Biasanya minimarket atau mall akan memberikan promo ramadhan, gunakan promo tersebut ketika akan belanja kebutuhan rumah tangga selama bulan ramadhan.

Bukan berarti karena ada promo ramadhan, anda bisa membeli semua barang yang anda inginkan, dengan alasan mumpung promo. Anda juga harus bijak dalam memilih barang yang akan dibeli, apakah dibutuhkan sekarang juga atau bisa ditunda?

6. Memperbanyak Ibadah ke Masjid

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, isi waktu hari-hari anda dengan banyak ibadah bukan banyak belanja. Lebih mementingkan ibadah akan membuat anda tidak terlalu memikirkan kebutuhan duniawi saja.

Banyak ibadah yang harus anda kerjakan selama ramdhan selain berpuasa, diantaranya: Khatam membaca Al-Quran, meraih malam Qodar, memperbanyak Sedekah dan Infaq, dan membayar zakat. (itulah pengeluaran pokok yang harus anda keluarkan).

7. Membuat Perencanaan Keuangan

Membuat anggaran pengeluaran merupakan salah satu perencanaan keuangan, namun ketika anda memiliki kebutuhan seperti ingin mudik sekeluarga, maka ini akan membutuhkan uang yang cukup besar.

Dengan melakukan perencanaan keuangan akan membantu anda dalam menerapkan hidup hemat selama ramadhan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, dan bulan ramadhan menjadi lebih berkah.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.