7 Usaha yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

bisnis menjahit untuk ibu rumah tangga

Menjadi ibu rumah tangga tidak hanya mengurusi pekerjaan rumah saja, tapi perlu juga melakukan sesuatu yang produktif untuk menambah penghasilan keluarga, itu artinya ibu rumah tangga bisa menjalankan sebuah usaha untuk membantu suami dalam mencukupi kebutuhan.

Apalagi ketika penghasilan suami tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan keluarga maka sangat diperlukan peran istri (ibu rumah tangga) untuk mengerjakan sesuatu yang dapat menambah penghasilan.

Jika anda memiliki niat untuk membantu suami, tapi bingung mau menjalankan usaha apa? maka disini kami akan memberikan beberapa ide bisnis yang mungkin saja cocok dengan anda.

Tapi tetap perlu diingatkan bahwa, walaupun istri memiliki penghasilan yang lebih besar dari suami bukan berarti pekerjaan rumah tangga berubah menjadi tanggung jawab suami, tetap kewajiban istri tidak boleh ditinggalkan.

Berikut ide usaha untuk ibu rumah tangga :

1. Membuka Usaha Laundry

Malasnya atau Sibuknya seseorang sehingga membuatnya tidak sempat untuk mencuci pakaian sendiri terutama mahasiswa perantau, hal ini menjadi peluang usaha tersendiri bagi ibu rumah tangga.

Ya benar, usaha yang kami maksud adalah usaha laundry kiloan.

Ibu bisa membuka usaha cuci kiloan di rumah dengan modal mesin cuci dan setrika saja. Dengan modal hanya Rp2.500.000 saja sudah bisa menjalankan usaha menjanjikan ini, buatlah browsur atau spanduk yang dibentangkan di halaman rumah atau depan toko anda.

2. Usaha Jasa Masak Catering

Kita sering sekali melihat acara-acara yang dilaksanakan di rumah-rumah seperti arisan keluarga, ibu-ibu arisan, ulang tahun, meeting kantor, rapat sekolah, wisuda, dan sebagainya.

Banyak orang yang lebih memilih untuk membeli makanan kota yang sudah jadi, ini menjadi potensi usaha yang sangat menjanjikan bagi anda yang bisa memasak. Bisnis catering dapat memberikan keuntungan yang lumayan untuk tambah-tambahan.

3. Usaha Jajanan Pasar yang Lumayan

Buat ibu-ibu yang tinggal dengan pasar maka bisnis yang cocok dan mudah dilakukan adalah membuat jajanan pasar seperti dadar gulung, bubur kacang hijau cup, donat, dan kue basah lainnya.

Ibu dapat memproduksi jajanan pasar di rumah kemudian di kemas, dan anda bisa jual ke pedagang sayur keliling. Anda dapat menjual Rp800 perak, sehingga penjual sayur keliling dapat menjual kembali dengan harga Rp1000.

4. Usaha Toko Sembako di Rumah

Kalau punya tempat dirumah maka anda juga bisa mengalokasikan rungannya untuk jadi toko sembako. Anda dapat menjual berbagai kebutuhan rumah tangga seperti minyak goreng, telur, beras, gula, kecap dan sebagainya yang banyak dibutuhkan.

Bagi tetangga yang malas untuk pergi ke pasar maka mereka akan membeli kebutuhannya di toko sembako yang anda buka. Terlebih lagi jika lokasi rumah anda berada di pinggir jalan, ini akan menjadi nilai tambah.

5. Jual Nasi Uduk Pagi

Nasi uduk merupakan makanan idola banyak orang untuk sarapan, jika anda bisa membuat nasi uduk yang enak maka tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai usaha tambahan untuk keluarga.

Nasi uduk paling enak terletak pada aroma dan rasa sambalnya, pastikan anda membuat sambal dengan rasa yang lezat. Dengan begitu akan banyak orang yang suka dan akan beli lagi esok harinya.

6. Bisnis Kosmetik atau Alat Kecantikan

Kecantikan atau kosmetik sudah menjadi dunianya wanita, wanita ingin selalu tampil maksimal. Maka ini menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan, anda bisa menjual kosmetik yang aman, lengkapi juga dengan alat-alat kecantikan.

Apalagi ibu-ibu yang punya wajah dan kulit yang cantik, maka bisnis ini akan sangat menjanjikan sekali. Banyak ibu-ibu yang tertarik untuk menjadi seperti anda.

7. Jasa Jahit-Menjahit

Jika anda memiliki keterampilan menjahit maka anda bisa membuka usaha jahit di rumah.

Selain melayani jahit bolong, potong celana, besar atau kecil kan baju, juga bisa melayani pembuatan bayi sesuai dengan keinginan pelanggan.

Jasa jahit selalu kebanjiran order, melihat kebutuhan masyarakat akan sandang sangat tinggi. Bagi ibu yang mempunyai keterampilan menjahit maka bisnis ini sangat cocok sekali untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang menggiurkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.