4 Tips Memulai dan Menjalankan Bisnis Laundry Kiloan

Tips Bisnis Laundry Kiloan

Perubahan Gaya Hidup Masyarakat dapat mengakibatkan dampak munculnya bisnis-bisnis baru, salah satunya bisnis yang muncul karena gaya hidup yaitu bisnis laundry kiloan. Melihat gaya hidup manusia yang super sibuk dan malas menjadi peluang besar bagi sebagian orang untuk memanfaatkannya sebagai peluang bisnis yang sangat mengutungkan.

Bisnis Laundry Kiloan sangat berkembang pesat di daerah perkotaan, karena makin banyak kesibukan manusia yang membuat dirinya tidak sempat atau tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaiannya.  Sehingga mereka mengandalkan jasa cuci baju, lagipula biaya untuk mencuci baju di laundry tidak terlalu mahal.

Usaha jasa laundry kiloan memiliki potensi penghasilan yang sangat besar, apalagi jika mengetahui cara dalam menjalamkan bisnis laundry ini, pasti akan memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar. Salah seorang usaha laundry kiloan mengaku bahwa dirinya bisa mengantungi laba hingga 2x lipat.

Laundry kiloan merupakan salah satu jenis bisnis atau usaha rumahan yang bisa dijalankan ibu rumah tangga. Karena bisnis ini cukup menjanjikan dapat memberikan penghasilan tambahan yang luar biasa untuk membantu ekonomi keluarga.

Melihat prospek bisnis yang menggiurkan sudah pasti memiliki persaingan yang cukup ketat juga. Tapi jadi mengapa, sebuah bisnis akan berjalan dengan baik jika memiliki pelayanan yang baik dan berbeda dari yang lain. Untuk itu anda bisa mengikuti beberapa tips menjalankan bisnis laundry kiloan.

1. Tentukan Lokasi Bisnis yang Tepat

Hal yang dapat mempengaruhi kelancaran sebuah bisnis yaitu tempat atau lokasi, apalagi bisnis yang bergerak pada sektor jasa maka sangat penting sekali anda harus memperhatikan hal tersebut dalam memulai dan menjalankan usaha. Carilah lokasi yang strategis dan tepat sasaran, yaitu anda dapat membuka usaha laundry didaerah orang-orang sibuk seperti didaerah kampung mahasiswa (kos / kampus), perkantoran, dll.

Walaupun ada juga usaha laundry yang melayani antar jemput cucian tetap saja lokasi menjadi prioritas yang harus di penuhi dalam menjalankan sebuah usaha. Anda bisa perhatikan, bisnis laundry yang berkembang, pasti tempat yang digunakan sangat strategis.

2. Buat Agar Konsumen Percaya dengan Bisnis Anda

Ketika anda sudah memulai usaha anda maka hal yang terpenting yang harus anda lakukan yaitu membuat pelanggan atau konsumen percaya terhadap bisnis anda, hal ini menjadi salah satu faktor yang dalam membuat bisnis laundry anda berjalan sesuai dengan rencana. Buat pelanggan anda puas dengan jasa dan layanan yang anda berikan, karena kepuasan akan membuat pelanggan setia untuk kembali menggunakan jasa anda.

Kepuasan pada bisnis laundry kiloan terletak pada hasil, yaitu kebersihan pakaian yang dicuci, kerapihan pakaian yang distrika, dan ketepatan waktu yang dijanjikan. Poin tersebut yang banyak menjadi penilaian para pelanggan, anda juga dapat melengkapi dengan berbagai jenis layanan seperti antar jemput pelanggan setia, memberikan promo – promo. Ketika pelanggan sudah setia maka walaupun harga anda naikan sedikit tetap akan menggunakan jasa anda.

Baca Juga : Modal Usaha untuk Bisnis Laundry Kiloan

3. Pengerjaan Tepat Waktu

Seperti pada poin nomor 2 untuk menjadikan pelanggan percaya dan setiap dengan bisnis laundry anda maka anda harus memberikan pelayanan sebaik mungkin, termasuk salah satunya pengerjaan yang tepat waktu (on-time), atau bahkan bisa lebih cepat dari waktu yang disepakati.  Hal ini dapat semakin membuat konsumen Anda lebih puas.

Ketika sudah tida tepat waktu bisa dipastikan pelanggan anda akan merasa dirugikan, karena memang waktu adalah segalanya. Bayangkan saja ketika pelanggan mencuci pakaian yang ingin dipakai pada hari senin jam 1 siang, dan ternyata pada saat pelanggan ingin mengambilnya ternyata pakaian nya belum juga selesai, hal ini akan membuat mereka kecewa, kecuali ada alasan tertentu yang bisa anda berikan dan mereka terima.

Anda harus jujur pada diri sendiri, jika memang order terlalu banyak membuat pesanan pelanggan baru terabaikan sebaiknya katakan saja. Karena kejujuran akan menghindari dari rasa kecewa para pelanggan yang dapat mengancam runtuhnya bisnis laundry anda, dan dicap tidak tepat waktu. Jika memang order banyak, maka sebaiknya anda tampat perangkat sekaligus pekerjanya.

4. Berikan Layanan Lain

Tips terakhir dalam memulai dan menjalankan bisnis laundry kiloan adalah membuat bisnis anda berbeda dari yang lainnya, layanan apa yang sekiranya dapat memuaskan konsumen. Jika anda bingung maka anda bisa membuat form khusus untuk diberikan kepada pelanggan, layanan apa yang sekiranya perlu diberikan.

Sebagai gambaran saja, mungkin anda bisa menambahkan layanan seperti  antar jemput, memberi kupon berhadiah dan memberi jasa laundy gratis dengan ketentuan tertentu serta layanan lainnya bisa jadi pilihan Anda untuk membuat konsumen semakin nyaman dengan bisnis laundry Anda.

Persaingan di bisnis laundry kiloan yang semakin sengit menjadi dasar untuk Anda melakukan berbagai terobosan layanan ini. Anda bisa memutuskan layanan yang tepat dengan cara mencari tahu langsung dari konsumen.




Silahkan Tinggalkan Komentar