peluang usaha membuka toko sembako

Salah satu usaha yang sejak dulu sangat menjanjikan adalah membuka toko sembako, karena sangat mudah untuk dijalankan. Produk yang dijual seperti minyak goreng, beras, telor ayam, gula, dan bahan makanan lainnya.

Cukup banyak orang yang menjalankan usaha toko sembako ini dan rata-rata sukses dalam meraup keuntungan, apalagi jika memasuki momen bulan ramadhan, omzet meningkat cukup tajam.

Membuka toko sembako paling cocok di pasar, karena banyak sekali orang yang pergi ke pasar untuk membeli bahan makanan. Walaupun persaingan bisnis cukup ketat dengan hadirnya minimarket seperti alfamart dan indomaret, toko sembako tetap akan terpengaruh.

Menjual sembako merupakan peluang usaha yang tidak mengenal musim, setiap waktu akan dicari orang, karena memang produk yang dijual kebutuhan sehari-hari.

Untuk memulai bisnis ini tidak perlu bermodal besar, anda bisa mulai dengan membuka toko sembako kecil kecilan dulu, nanti semakin lama bisnis anda akan berkembang menjadi toko yang lebih besar.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Toko Sembako

Sebelum anda memulai bisnis toko sembako, anda perlu mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangannya, sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk memulai bisnis ini.

Dengan mengetahui kelebihan bisnis toko sembako maka bisa menjadi motivasi, sedangkan dengan mengetahui kekurangannya maka anda bisa cari solusi untuk bisa mengatasi kekurangan dari bisnis ini.

Yuk simak dengan seksama kelebihan nya terlebih dahulu :

1. Produk Banyak dibutuhkan Orang

Salah satu kelebihan yang paling mendasar dari bisnis toko sembako adalah produk yang dijual sangat dibutuhkan oleh banyak orang, hampir setiap orang membutuhkan beras, minyak, gula, dan sebagainya.

Melihat produk yang sangat dibutuhkan mulai dari kelas menengah kebawah / menengah keatas memberikan potensi dan peluang yang sangat besar untuk berkembang. Sehingga kita harus pintar dalam menentukan lokasi, termasuk memilih toko yang ada di pasar.

2. Toko Sembako Selalu dicari Orang

Toko sembako merupakan usaha yang paling dicari orang, tidak mengenal musim, setiap hari pasti banyak orang yang datang untuk membeli sesuatu, terlebih lagi ketika bulan puasa. Barang-barang yang ada di toko semuanya barang jadi yang dibutuhkan orang.

3. Usaha Tanpa Bos bahkan jadi Bos

Usaha seperti ini sangat mudah dijalankan, kita dapat mencari lokasi yang strategis, syukur-syukur lokasinya tidak jauh dari rumah. Toko sembako sangat cocok untuk ibu rumah tangga, yang bisa dikerjakan kapan saja.

Memiliki toko sembako tidak terikat oleh waktu dan tidak di atur oleh bos, bahkan anda bisa menjadi bos nya ketika toko sembako sudah ramai maka anda perlu mempekerjakan orang lain untuk membantu anda dalam melayani pelanggan.

Jika anda memiliki modal besar maka anda bisa bertindak sebagai pedagang grosir, yang melayani pedagang-pedagang kecil yang ingin membuka usaha toko sembako seperti anda.

4. Toko Sembako Mudah Dijangkau

Kalaupun tidak buka toko di pasar, anda bisa buka toko di rumah anda, asalkan rumah anda memiliki warga yang ramai. Sehingga warga sekitar tidak perlu jauh-jauh pergi ke pasar atau ke supermarket hanya untuk membeli 1 barang saja.

5. Suasana Nyaman dan SantaiĀ 

Bisnis ini tidak terlalu sulit sehingga nyaman dalam menjalaninya, cukup menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari, nanti ketika pembeli datang kita cukup menjualnya saja.

Kalau sudah ribet itu artinya anda butuh seseorang yang bekerja untuk membantu anda dalam melayani pembeli. Toko sembalp menjadi bisnis yang paling santai dan nyaman.

Itulah 5 hal yang menjadi kelebihan dalam menjalankan bisnis toko sembako, sebuah bisnis tentu ada kelemahan dan kekurangan, bagi anda yang berminat menjalankan bisnis ini maka wajib tahu kekurangannya.

1. Harga Sembako berubah-ubah (Kadang naik, Kadang turun).

Harga sembako terkadang naik, kadang juga turun, ini menjadi salah satu kelemahan dalam bisnis sembako. Pada saat kita stok barang dengan harga tinggi, tiba-tiba harga turun maka secara tidak langsung kita harus turun harga dan menyebabkan kerugian.

Dengan mengetahui kelemahan ini, maka anda bisa membuat sebuah strategi untuk bisa mengatasinya.

2. Selalu Bersaing dengan Toko Sembako Sebelah

Persaingan toko sembako juga dibilang sangat ketat sekali, maka dari itu kita perlu bersaing. Buatlah sesuatu yang berbeda untuk bisa menarik pelanggan, dan pelanggan menjadi setiap untuk membeli di toko anda.

Hadirnya minimarket juga bisa membuat pelanggan kita bergeser, namun kita bisa pelajari produk apa yang tidak dijual di minimarket dan kita lihat harga. Bila perlu harga lebih murah dibandingkan dengan minimarket.

Tips SuksesĀ  Membuka Usaha Toko Sembako

Dalam memulai sebuah bisnis kita perlu tips dari orang lain, agar bisnis yang kita jalankan dapat berkembang dengan baik. Membuka usaha toko sembako itu sangat mudah, tapi mempertahankannya agar bisa terus berkembang itu yang sulit.

Anda perlu melakukan sesuatu berupa promosi dan strategi agar bisa bersaing dengan toko lain, sehingga toko anda bisa berkembang dan mendapatkan untung yang besar. Berikut ini adalah tips sukses membuka usaha toko sembako :

1. Lokasi Toko yang Strategis

Bisnis dalam bentuk toko membutuhkan tempat yang tepat, yaitu tempat yang strategis. Tempat yang paling cocok membuka toko sembako adalah di Pasar, karena setiap hari banyak orang baik pedagang kecil maupun rumahan selalu pergi ke pasar untuk membeli kebutuhan hari hari.

Atau jika tidak anda bisa membuka toko sembako di pinggir jalan yang banyak dilewati orang, sehingga orang -orang lewat dapat melihat toko anda.

2. Jual Produk Yang Lengkap

Stok barang tidak harus banyak, tapi yang penting lengkap. Pelajari produk apa yang paling banyak dicari, dan sediakan produk tersebut. Jangan stok barang 1 jenis dalam jumlah banyak, kecuali jika memang permintaannya besar.

3. Perlu Mempelajari Toko Sebelah

Apabila ada toko disebalah anda atau tetangga anda terlihat ramai pasti ada strategi yang dilakukan. Pelajari apa yang dilakukan oleh toko sebelah anda, anda bisa meniru dan memodifikasi strategi dalam menarik dan mengikat pelanggan agar tidak berpaling.

4. Berikan Pelayanan Terbaik kepada Pelanggan

Pelanggan atau Pembeli adalah Raja sehingga kita perlu melayani nya sebaik mungkin. Anda harus bersikap ramah, jangan terlihat judes atau cuek. Bila perlu sediakan layanan antar ke tempat jika pelanggan membeli barang dalam jumlah yang ditentukan.

5. Tentukan Harga Terbaik pada Sembako yang dijual

Harga paling menentukan pelanggan akan balik lagi atau tidak, jangan mencari untung terlalu besar jika tidak memungkinkan. Ambil untung sedikit tapi barang yang dijual bisa banyak.

Intinya tentukan harga terbaik, yang tidak membuat kita merugi atau konsumen lari. Karena memang harga sangat menentukan kesetiaan pelanggan.

6. Maksimalkan Pemasaran Toko Sembako Anda

Salah satu bentuk pemasaran yang harus anda lakukan yaitu anda perlu membuat “nama toko” terlihat jelas oleh pelanggan agar selalu mengingat toko anda. Tulis nomor telp anda di sebuah tempat yang dapat dilihat oleh konsumen.

7. Menyiapkan Perlengkapan Pendukung Usaha

Untuk menjalankan usaha toko sembako ada beberapa perlengkapan dan peralatan yang harus disiapkan, peralatan paling sederhana seperti : kalkulator, nota pembelian, alat tulis, box penyimpanan uang dan lain lain.

Apabila toko sembako mulai besar dan ramai pembeli maka perlu disiapkan mesin kasir untuk menghitung pembayaran dan kembalian dengan lebih cepat serta pembuatan nota dalam bentuk print.

Dengan melakukan beberapa tips sukses yang telah kami sampaikan, semoga toko sembako anda bisa menjadi lebih ramai dan berkembang. Toko sembako bisa sukses, poin pentingnya adalah pembukuan yang benar dan hindari menghutangkan kepada orang karena modal anda bisa jadi akan berhenti berputar.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.