pengertian dan fungsi uang

Setiap hari kita melakukan transaksi dan alat pembayaran yang kita gunakan adalah berupa Uang. Tapi apakah anda tahu apa pengertian uang? dan apa fungsi uang tersebut?

Semua orang bekerja keras untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya dengan tujuan untuk bisa membeli sesuatu yang diinginkannnya, uang akan masuk ke rekening setiap bulan sebagai gaji atas pekerjaan yang kita lakukan.

Setiap negara memiliki jenis mata uang masing-masing, sedangkan di Negara Indonesia uang disebut dengan Rupiah. Uang terkecil memiliki nominal Rp50 dan uang terbesar adalah Rp100.000.

Uang sendiri ada 2 jenis yaitu dalam bentuk lembar kertas dan dalam bentuk koin atau logam, bukan terbuat dari emas atau sutera, tapi memiliki nilai yang sangat berharga bahkan sutera dan emas dapat kita miliki dengan menukarkan uang.

Pengertian Uang

Pengertian uang adalah alat tukar atau alat pembayaran yang telah diakui secara umum, sehingga uang memiliki nilai yang bisa ditukar dengan sesuatu yang diinginkan oleh seseorang, transaksi tukar menukar barang dengan disebut dengan jual-beli.

Sesuatu yang bisa ditukar dengan uang adalah Barang atau Jasa.

Pada zaman dulu uang belum ada, yang ada hanya lah tukar menukar barang. Setiap orang saling menukar barang untuk memenuhi kebutuhannya, kegiatan ini disebut dengan barter.

Namun, lambat laut kegiatan ini memiliki kesulitan untuk menyamakan nilai barang yang ditukar atau menemukan seseorang yang memiliki barang yang dibutuhkan dan bersedia untuk menukarkan barangnya.

Pengertian Uang Menurut Para Ahli

Menurut Dennis Home Robertson

Dennis Home Robertson mengatakan bahwa Money Is Something Accepted In Payment For Goods” yang artinya uang adalah sesuatu yang dapat diterima sebagai alat pembayaran untuk mendapatkan barang.

Menurut Rolling G. Thomas

Dalam bukunya Rolling G. Thomas mengatakan “Our Modern Banking and Monetary System”, pengertian uang adalah suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembayaran pembelian barang, jasa dan barang berharga lainnya serta untuk pembayaran utang.

Fungsi Uang

Uang diciptakan tentu memiliki tujuan dan fungsi yaitu sebagai alat tukar atau alat pembayaran yang dapat menggantikan sistem barter, uang dapat menunjukan nilai yang dapat dihitung sehingga mudah dalan proses pertukarannya serta sebagai penyimpan nilai.

Selain untuk menukarkan barang (beli), uang juga memiliki fungsi sebagai alat pembayaran hutang karena memiliki nilai yang dapat dihitung, uang dapat digunakan sebagai tolat ukur dalam sebuah usaha sebagai modal.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.