Home Umum Kerugian Menabung di Celengan Yang Perlu Anda Ketahui

Kerugian Menabung di Celengan Yang Perlu Anda Ketahui

Advertisement

kerugian menabung di celengan

Menabung merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan agar ekonomi tetap stabil, jadi ketika kita mendapatkan uang jangan lupa disisihkan untuk di simpan karena ketika kita butuh uang maka tabungan itu bisa dipakai.

Menabung yang paling aman yaitu menabung di bank, dengan cara membuka rekening pribadi di bank bri atau mandiri. Jenis tabungan di bank bermacam-macam, anda bisa pilih sesuai kebutuhan.

Kalau menabung di BRI, anda bisa menggunakan rekening tabungan simpedes sedangkan kalau menabung di bank Mandiri, anda bisa menggunakan rekening tabungan rupiah.  Jangan lupa untuk membawa syarat yang dibutuhkan untuk buka rekening di kantor cabang bank terkait.

Kenapa anda harus menabung di bank?

Seperti yang telah kami sampaikan bahwa menabung di bank cenderung lebih aman dari berbagai resiko dibandingkan menabung di celengan di rumah. Maka dari itu, anda perlu tahu apa saja kerugian ketika menyimpan uang di celengan.

Menabung di celengan biasa di rumah memiliki resiko yang dapat menyebabkan anda kehilangan uang yang sudah susah payah anda simpan. Berikut adalah beberapa kerugian menabung di rumah pakai celengan:

1. Tingkat Keamanan yang Rendah

Bukan berarti menabung menggunakan celengan di rumah tidak aman sepenuhnya, bisa juga dibilang aman tapi tergantung dari keadaan didalam atau lingkungan disekitar rumah anda.

Resiko kehilangan ketika menabung dengan celengan dirumah lebih besar, bisa saja diambil oleh orang yang ada didalam rumah atau diambil orang yang berasal dari luar rumah. Pada intinya, menabung di celengan tidak terlalu aman dari pencurian.

Inilah kerugian utama yang dapat terjadi ketika kita menabung dirumah dibandingkan menabung di bank. Hilangnya Uang didalam celengan sering sekali terjadi, karena mudah untuk mengambilnya.

2. Mudah tergoda untuk mengambil uangnya

Godaan untuk mengambil uang yang kita tabung di rumah cenderung lebih besar, dengan alasan penasaran dengan jumlah uang yang sudah dikumpulkan.

Uang yang di simpan di rumah lebih mudah kita akses dan kita ambil kapan saja ketika dibutuhkan. Tanpa terasa ketika uang terus di tarik tanpa menghitungnya lama-lama tabungan tidak tersisa.

3. Berat dan Dimensi Fisik Tabungan lebih memakan Ruang

Karena kita menabung dalam bentuk fisik di celengan maka celengan akan memakan tempat dalam menyimpannya, tak hanya itu semakin celengan di isi uang maka akan semakin penuh dan berat.

Hal inilah yang membuat kita sulit untuk menyimpannya di tempat yang paling aman, rata-rata orang menyimpan celengan di dalam lemari dan tidak bisa dibawa kemana-mana.

4. Uang kertas mudah rusak, Uang Logam Habis Masa Berlaku

Kekurangan selanjutnya yaitu terletak pada uang itu sendiri, ketika kita menyimpan uang kertas dan uang logam dalam waktu yang lama maka uang kerja cenderung akan rusak apalagi kalau menyimpannya didekat rayap, sedangkan uang logam terancam masa berlakunya.

 

Advertisement

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here