Cara Kredit Rumah untuk PNS dengan Gaji Rp 4 Juta Per Bulan

Kredit Rumah untuk PNS

Setiap orang tentu memiliki impian untuk punya rumah idaman terutama bagi yang sudah berkeluarga, rencana membeli rumah harus sudah difikirkan jauh – jauh hari untuk mempersiapkan uang muka jika ingin membeli rumah melalui KPR Bank.

Untuk mewujudkan bisa memiliki rumah pribadi memang tidak mudah, banyak masalah yang akan dihadapi terutama faktor ekonomi keluarga, ketika memiliki gaji yang pas – pasan, apalaagi jika memilih lokasi rumah didaerah pusat kota dan bisnis tentu harganya sangat mahal.

Bagi anda yang memiliki gaji Rp 4 juta perbulan dan ingin membeli rumah maka perlu melakukan perencanaan keuangan yang baik. Beberapa hal yang perlu anda ketahui ketika anda ingin membeli rumah.

1. Anda perlu mengukur kemampuan finansial rumah tangga, apakah anda bisa membeli rumah dengan cara kredit atau tunai. Jika memiliki uang tunai mungkin tidak ada kendala, langsung bayar dan langsung punya rumah yang bisa ditempati, akan tetapi jika tidak punya uang tunai maka bisa menggunakan bantuan KPR dari bank.

Banyak orang yang menggunakan KPR untuk bisa membeli rumah segera mungkin, karena melihat harga rumah yang semakin tinggi, jika harus memiliki uang tunai mau menunggu sampai kapan dan tentu akan lama sekali, belum lagi harga rumah yang cenderung naik.

2. Jika anda memutuskan untuk menggunakan KPR maka pilih KPR yang tepat, yaitu ada 2 hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih KPR yang tepat. Harga rumah akan dibeli dan cicilan KPR mampu dibayar.

Saat membeli rumah dengan KPR anda harus memiliki dana minimal 20-30 persen dari harga beli rumah sebagai uang muka (DP) jika belum anda dapat menyiapkan nya terlebih dahulu. Dan cicilan KPR yang harus anda bayar minimal 25% dari penghasilan rutin bulanan selama minimal lima tahun ke depan yang tidak digunakan untuk kebutuhan konsumsi rutin.

3. Jika anda tidak memiliki uang yang cukup untuk Uang Muka maka anda harus mengumpulkan uang untuk DP terlebih dahulu, anda harus konsisten paling tidak selama dua tahun menyisihkan dana sedikitnya 20 persen atau Rp800 ribu dari penghasilan tiap bulan, syukur – syukur anda memiliki pemasukan lainnya..

Dalam waktu 24 bulan kedepan atau 2 tahun anda menabung maka anda sudah memiliki uang untuk DP sebesar Rp19.200.000. Karena anda memiliki gaji 4 juta maka sisa nya adalah Rp 3,2 juta untuk kebutuhan sehari-hari.

Jangka waktu cicilan KPR biasanya antara 10 – 15 tahun. Dengan gaji anda sebesar Rp4 juta per bulan maka anda dapat memilih cicilan rumah di bawah Rp1 juta per bulan. Sehingga masih ada sisa Rp3 juta untuk biaya hidup sehari-hari.





Comments are closed.