4 Tips Mengumpulkan Uang untuk DP Rumah

Tips Mengumpulkan DP Rumah

Memiliki rumah pribadi sebagai tempat tinggal bersama keluarga tentu menjadi keinginan semua orang, terutama bagi mereka yang sudah berumah tangga. Akan tetapi harga rumah yang semakin lama semakin tinggi membuat sebagian orang mengalami kesulitan dalam mengumpulkan uang untuk membeli rumah, baik itu rumah baru maupun rumah bekas.

Program KPR dari perbankan konvensional maupun syariah bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin membeli rumah, karena anda tidak harus memiliki uang tunai secara cash untuk membeli rumah yang anda inginkan, melainkan anda bisa membeli dengan cara kredit dan angsuran selama jangka waktu yang disepakati.

Untuk bisa mengajukan KPR di Bank tentu harus memenuhi syarat yang berlaku, salah satu syarat yang harus disiapkan adalah Uang Muka (DP). Ini yang perlu anda kumpulkan bagaimana cara nya anda bisa mendapatkan uang sejumlah DP untuk membeli rumah melalui KPR Bank.

Ada beberapa tips dari kami yang mungkin dapat membantu anda mempermudah dalam mengumpulkan uang yang dapat anda gunakan sebagai uang DP Rumah. Dalam menjalankan tips ini kami harap anda memiliki sikap disiplin dan komitmen pada diri sendiri, bahwa anda dapat melakukannya. Simak penjelasan berikut :

Tips 1 : Tentukan Tempat Tinggal yang Anda Inginkan

Sekarang silahkan anda bermusyawarah bersama istri / suami untuk menentukan lokasi dimana anda ingin membeli rumah. Karena, lokasi ini juga sangat berpengaruh pada harga rumah itu sendiri, karena beda di kota beda didesa.

Apakah Anda akan memiliki rumah di daerah pusat kota, pinggir kota, atau mungkin di daerah desa? Sehingga anda dapat mengetahui berapa kiranya DP Rumah yang harus disiapkan.

Ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan dalam menentukan tempat atau lokasi rumah yang ingin anda beli, pastikan mendukung dengan kepentingan keluarga anda seperti akses jalan ke kantor, fasilitas publik dan pendidikan, dan kebiasaan warga di lingkungan tersebut dan lain lain.

Tentu lokasi akan mempengaruhi harga jual rumah. Semakin strategis dan ramai lokasinya, maka harga rumah akan semakin tinggi juga, dan tentunya juga dengan dana DP yang harus Anda kumpulkan.

Sebagai gambaran, Jika anda ingin membeli rumah di daerah pinggiran kota dengan harga penawaran Rp200 juta dari pemiliknya. Maka, 30% dari harga penawaran tersebut merupakan DP yang harus Anda bayar ketika sepakat untuk membeli rumah tersebut.

Tips 2 : Mulai Berhemat, Tutup Pengeluaran yang tidak penting

Dalam mengumpulkan uang tentu harus diimbangi dengan pengeluaran, jangan sampai dana yang anda perlukan banyak tapi pengeluaran juga besar, belum lagi jumlah pendapatan yang pas pasan. Apabila harga rumah yang ingin anda kredit sebesar Rp 200 juta, maka berarti anda harus mengumpulkan uang Rp 60 juta sebagai uang muka.

Maka dari itu anda harus menerapkan pola hidup hemat dan menutup beberapa pengeluaran yang anda rasa belum terlalu penting. Perioritaskan dulu mana yang menjadi kebutuhan pokok bulanan anda. Anda dapat menyisihkan sisa gaji yang telah dipotong uang bulanan untuk di tabung sebagai DP rumah.

Tips 3 : Menyisihkan Gaji Bulanan dan Menabung Dari Sekarang !

Berapa gaji bulanan anda dan berapa pengeluaran pokok anda? Tentu hanya anda yang tahu, setelah anda menutup beberapa pengeluaran yang belum terlalu penting, maka sisa uang yang masih anda pegang setelah dikurangi kebutuhan pokok dan kebutuhan yang penting lainnya maka sisihkan dan mulai menabung dengan tabungan rencana di bank.

Cepat atau lambatnya tabungan anda hingga terkumpu uang muka yang dibutuhkan itu tergantung dari pendapatan yang bisa anda sisihkan untuk ditabung. Biasanya potong gaji untuk tabungan sekitar 20-30% dari Gaji sebelum dipotong kebutuhan bulanan.

Tips 4 : Berinvestasi Agar Nilai Tukar Uang Tetap Sama

Selain menggunakan tabungan rencana anda bisa menyimpan uang atau menabung uang dalam bentuk investasi agar uang yang anda simpan hingga waktu tertentu tidak mengalami penurunan. Investasi yang paling baik digunakan yaitu dengan mengajukan Program Deposito atau membeli Emas Batangan.

Dua alternatif investasi ini memberikan timbal balik yang cukup besar bagi Anda dalam bentuk bunga dan selisih harga jual di waktu sekarang dan masa mendatang. Tentu saja hal ini mengamankan nilai uang Anda sehingga Anda tidak akan merasa terlalu sulit dan lama dalam mengumpulkan uang DP rumah.

**

Demikian Tips yang bisa kami sampaikan kepada anda. Semua menjadi keputusan anda, anda yang dapat mengukur kemampuan dan mengatur keuangan. Tips ini mungkin dapat bermanfaat untuk merencanakan keuangan anda agar segera mendapatkan uang muka untuk membeli rumah menggunakan KPR. Anda perlu disiplin atas diri anda sendiri, bahwa ada target yang harus dicapai.