Ini Alasan Mengapa SK PNS Sangat Berharga dan Dapat Dijadikan Jaminan saat Pinjam Uang di Bank

Pegawai Negeri Sipil

Ketika seseorang diangkat menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) akan mendapatkan sebuah fasilitas berupa Surat Keputusan (SK) pengangkatan, SK ini dapat digunakan sebagai jaminan ketika ingin mengajukan pinjaman uang di bank.

Apa yang membuatnya sangat berharga? Sehingga SK PNS dapat digunakan sebagai agunan ketika ingin mengajukan pinjaman bank? 

Fungsi pertama adalah sebagai bukti otentik bahwa peminjam benar – benar telah bekerja sebagai seorang PNS dengan penghasilan tetap setiap bulan, yang dapat dipastikan yang bersangkutan dapat membayar kredit pinjaman yang diajukan.

Fungsi kedua adalah SK PNS memiliki nilai berharga bagi pemiliknya, karena SK merupakan syarat utama untuk naik golongan dan kelengkapan untuk mengajukan pensiun nanti, tanpa ada SK tersebut PNS tidak bisa mengajukak kenaikan pangkat atau golongan dan tak dapat mengajukan pensiun.

Bank merasa yakin bahwa SK yang dijaminkan akan ditebus dengan melunasi hutang kredit pinjamannya. SK PNS yang dijadikan jaminan ke bank dikenal dengan istilah SK sedang disekolahkan. Tak ada larangan tegas tentang penggadaian SK ke Bank.

Dihimbau kepada para PNS, pastikan pinjaman yang diajukan masih bisa terjangkau, sehingga dapat dilunasi. Karena dengan menjaminkan SK PNS berarti yang bersangkutan telah mempertaruhkan hak pensiunnya yang berharga untuk masa depan, jika tidak ditebus maka dirinya merusak masa depannya.



Silahkan Tinggalkan Komentar