5 Tips Memulai Bisnis Franchise untuk Pemula

Tips Memulai Bisnis Franchise untuk Pemula

Setiap orang memiliki keinginan atau cita-cita untuk mendirikan sebuah bisnis, namun Ketika anda termasuk orang yang bingung dalam menentukan usaha yang ingin anda jalankan maka anda dapat memilih bisnis waralaba atau franschise, banyak sekali bisnis yang dapat anda ikuti. 

Banyak sekali jenis bisnis waralaba yang ditawarkan mulai dari makanan ringan, minuman dingin hingga produk jasa seperti mesin cuci helm, bisnis laundry, bisnis cucian mobil atau lainnya,. Namun, sebelum anda memulai bisnis franchise sebaiknya anda baca terlebih dahulu tips dibawah ini.

1. Tentukan Jenis Bisnis sesuai dengan Minat

Minat menjadi kunci sukses dalam bisnis, sehingga kita sendiri menjalankan bisnis atau usaha (pekerjaan) dengan senang hati. Tanpa ada minat maka bisnis tidak akan berjalan dengan sukses. Banyak jenis bisnis waralama yang ditawarkan mulai dari kuliner, salon, jasa, atau lainnya.

2. Cari tahu Reputasi Franchise yang ingin anda ikuti

Sebelum menentukan franchise yang ingin anda ikuti, alangkah baiknya anda mencari informasi terhadap franchise tersebut, karena banyak juga franchise bodong yang memiliki reputasi tidak baik. Reputasi dari franchise sangat mempengaruhi perkembangan bisnis anda nantinya.

3. Kenali potensi pasar yang ingin anda target.

Anda perlu melihat pasar didaerah anda, jangan sampai anda memilih franchise yang pasarnya tidak cocok dengan daerah tersebut. Jika di daerah anda banyak mahasiswa maka bisnis franchise yang cocok seperti bisnis fotocopy, bisnis laundry dll.

4. Siapkan Modal sesuai Paket Franchise

Setiap franchise menawarkan paket terhadap bisnis yang ditawarkan, siapkan budget atau modal yang cukup untuk paket yang anda pilih. Gunakan tabungan pribadi untuk modal usaha anda, hindari pinjam uang dari bank karena anda harus mengembalikan bunga.

5. Tentukan Lokasi Strategis mu !!

Ya, lokasi sangat berpengaruh pada kesuksesan sebuah bisnis. Pastikan, tempat yang ingin anda jadikan bisnis cocok dengan bisnis yang ingin anda jalankan. Jika bisnis franchise yang ingin anda ikuti adalah cuci helm maka tempat yang cocok adalah di parkiran mall atau lainnya.



Silahkan Tinggalkan Komentar