8 Tips Memulai Bisnis Ternak Ayam untuk Pemula

Ternak Ayam Potong

Banyak hal yang dipikirkan seseorang ketika ingin memulai sebuah bisnis atau usaha yaitu memikirkan bisnis apa yang ingin dijalan dan modal berapa yang harus disiapkan untuk memulainya. Tak heran juga banyak orang yang bingung bagaimana mereka harus memulaibisnis nya.

Target yang ingin dicapai dari sebuah bisnis tentu bisnis dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan penghasilkan kepada anda. Dalam menjalankan bisnis tidak bisa asal-asalan tetap membutuhkan perhitungan yang baik agar bisnis dapat berjalan dengan maksimal, sehingga anda perlu mengenai dan mengetahui dengan baik bisnis yang akan dijalanan.

Dalam memulai bisnis tidak harus menggunakan modal yang besar, yang terpenting anda mulai dulu dengan modal yang anda dan mengambil peluang pasar. Ketika berjalan sesuai dengan rencana maka anda bisa menambah modal dengan melakukan pinjaman KUR di Bank, itu solusi yang mudah untuk mendapatkan modal.

Ide bisnis yang masih menjanjikan yaitu menekuni bisnis ternak ayam potong, mungkin juga bisa menjadikan pertimbangan jika anda bingung dalam memilih bisnis apa yang ingin dijalankan. Permintaan daging ayam potong sepanjang tahun terbilang meningkat dan selalu stabil, jadi tak ada salahnya anda mengambil peluang bisnis ini.

Bisnis ayam potong dapat memberikan keuntungan kepada anda yang cukup menggiurkan, kebutuhan pasar daging ayam potong cukup luas. Harga jual ayam potong rata-rata mencapai Rp30.000,- per kilonya, bahkan bisa mencapai Rp40.000,- pada momen-momen tertentu, seperti lebaran dan juga natal.

Silahkan saja anda hitung, peluang mendapatkan keuntungan yang sangat besar, karena biaya produksi yang anda keluarkan berkisar antara Rp10.000,- sampai Rp15.000,- saja per kilonya. Sejumlah keuntungan inilah yang membuat banyak orang begitu tertarik untuk mendalami bisnis ayam potong, sebab masa produksinya juga terbilang cukup singkat

Saat menjalankan sebuah bisnis, anda tentu tidak menginginkan kegagalan di dalam bisnis tersebut. Lakukan beberapa tips ini untuk membantu kesuksesan ternak ayam potong yang anda jalankan:

  • Siapkan kandang yang ideal dan sesuai, dengan kecukupan cahaya matahari serta sirkulasi udara bagi ternak anda. Pastikan suhu udara cukup stabil dan tidak berubah secara drastis pada kondisi tertentu, contohnya ketika malam datang suhu menjadi terlalu rendah.
  • Siapkan berbagai hal pendukung lainnya dengan baik, hal ini akan sangat berpengaruh pada cara anda mengelola ternak anda. Beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti: ketersediaan sumber daya air dan juga listrik.
  • Pastikan kandang siap untuk digunakan menampung anak ayam ternakan anda. Beberapa hal yang harus anda cermati adalah: lampu penghangat, sekat dan peralatan makan dan minumnya.
  • Berikan perhatian ekstra selama 14 hari pertama ternak anda, ini masa-masa yang rentan dan anda harus benar-benar memperhatikan mereka dengan cermat. Pastikan suhu udara selalu stabil dan sesuai dengan kondisi di kandang, artinya tidak terlalu dingin dan tidak terlalu hangat juga.
  • Berikan pakan secara teratur dan selalu jaga kebersihan kandang serta lingkungan sekitarnya dengan baik, agar sirkulasi udara tetap sehat untuk ternak anda.
  • Setelah masa 14 hari pertama, ternak akan lebih mudah dirawat. Cukup berikan pakan secara teratur 2 sampai 3 kali sehari.
  • Jangan lupa melakukan vaksinasi sebanyak 3 kali secara berkala, yakni: tepat pada hari ke-7, hari ke-14, dan hari ke-21.
  • Lakukan pemberian antibiotik dan vitamin, waktunya adalah hari ke-5 sampai hari ke-10 sebelum masa panen dilakukan. Untuk vitamin tersebut, bisa anda lakukan hingga masa panen tiba.

Memulai dengan Tepat

Apapun alasan anda terjun ke dunia bisnis ternak, sebaiknya anda melakukan hal tersebut dengan penuh perhitungan. Pilih dan siapkan bisnis anda dengan sebuah perencanaan yang matang, agar hasil yang didapatkan bisa maksimal. Pastikan anda memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan dengan baik, lakukan setiap tahap dengan benar dan anda akan mendapatkan keuntungan yang baik atas bisnis tersebut.

Sumber : cermati.com



Silahkan Tinggalkan Komentar