Jualan Gorengan di Pinggir Jalan

jualan gorengan di pinggir jalan
jualan gorengan di pinggir jalan

Setiap orang pasti punya keinginan besar untuk memiliki usaha sendiri, dibandingkan harus bekerja menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Tapi kendala umum yang sering jadi alasan adalah keterbatasan modal.

Memang setiap usaha butuh yang namanya modal (modal uang), tapi tidak semua jenis usaha butuh modal yang besar. Maka dari itu sesuaikan jenis usaha yang mau di jalankan dengan kemampuan modal anda.

Kalau anda punya modal terbatas maka coba deh pertimbangkan untuk membuka usaha jualan gorengan di pinggir jalan, usaha yang modalnya kecil tapi bisa punya potensi penghasilan yang besar.

Jangan anggap remeh penjual gorengan, karena ketahuilah mereka bisa mendapatkan penghasilan 2-5 juta dalam sebulan. 

Untuk berjualan gorengan tidak perlu menyewa kios atau toko yang mahal, karena jualan gorengan dapat dilakukan menggunakan gerobak dorong, anda tingga menentukan tempat yang strategis untuk berjualan gorengan.

Coba deh kita perhatikan ketika melewati jalan yang ramai, pasti kita menjumpai ada penjual gorengan. Mereka buka usaha hanya di pinggir jalan didepan sebuah toko orang lain mulai dari sore hingga malam hari.

Kalau anda tertarik untuk memulai usaha gorengan ini maka anda harus tentukan dulu lokasi dimana anda ingin berjualan, minta ijin ke pemilik toko bahwa anda ingin berjualan di depan tokonya, kalaupun ada yang harus dibayar paling tidak terlalu besar.

Beberapa jenis gorengan yang laris di jual :

  1. pisang goreng,
  2. tahu bunting,
  3. bakwan atau ote-ote,
  4. risoles,
  5. pisang coklat,
  6. mantang goreng,
  7. pisang molen
  8. tahu krispy
  9. dan sebagainya

Kita akan coba estimasi modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha jualan gorengan di pinggir jalan, kalau di prediksikan modal yang anda butuhkan hanya Rp3 juta untuk membeli beberapa perlengkapan.

  1. Gerobak dorong = Rp1.500.000
  2. Kompor Gas = Rp250.000
  3. Gas Elpiji = Rp200.000
  4. Peralatan Goreng = Rp250.000
  5. Kebutuhan lain Rp500.000

Perlengkapan yang anda beli adalah bentuk dari investasi, jadi kalau memang tidak ingin berjualan gorengan lagi maka perlengkapan tersebut bisa dijual lagi ke orang lain dan uang akan kembali.

Setelah menyiapkan modal untuk membeli perlengkapan seperti gerobak, alat goreng, kompor dan lain lain maka kita menentukan modal produksi yang harus dikeluarkan setiap harinya.

  1. Membeli bahan baku (tepung, dll)
  2. Biaya Gas
  3. Minyak Goreng
  4. Listrik
  5. Biaya Keamanan dan kebersihan
  6. kalau di total mungkin cuma Rp2.000.000

Sehingga kalau di total modal awal untuk memulai usaha jualan gorengan di pinggir jalan kurang lebih hanya Rp5 juta saja, anda bisa proyeksikan keuntungan dengan jumlah gorengan yang dapat anda jual nantinya.

Hampir semua orang suka dengan gorengan, jualan gorengan tidak mengenal musim, biasanya ketika kumpul-kumpul, bertamu atau ada tamu, yang sering menjadi suguhan adalah gorengan, tak hanya itu para pengendara juga biasanya akan membeli gorengan dipinggir jalan untuk camilan diperjalanan.

Kunci Sukses Jualan Gorengan:

  • Jadilah penjual yang Jujur,
  • Perhatikan Kebersihan
  • Jual dengan Harga Terjangkau
  • Tentunya Produk yang Rasanya Enak

KIRIM KOMENTAR ANDA

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.