Membuka usaha di kantin sekolah khususnya menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan penghasilan, karena mayoritas siswa memiliki uang saku dan digunakan untuk jajan atau membeli makanan di sekolah.

Untuk menarik perhatian para siswa maka perlu menjual makanan-makanan yang mereka sukai disesuaikan dengan anak, setiap jenjang sekolah punya potensi masing-masing, karena jajanan anak sd, smp dan sma tentu berbeda.

Uang saku anak sd di desa sekitar Rp2.000-Rp5.000 perhari, uang saku anak SMP sekitar Rp5.000-Rp10.000 perhari, sedangkan uang saku anak SMA sekitar Rp10.000-Rp50.000 perhari, tentu daya beli mereka juga berbeda.

Kami pikir anak SMP dan anak SMA memiliki kecenderungan yang sama perihal apa yang ingin mereka makan. Karena mereka bisa mempertimbangkan apa yang seharusnya mereka beli, yang penting enak dan kenyang.

Maka dari itu, pastikan makanan yang kami sebutkan dibawah ini tersedia di kantin anda. Karena yang jelas, anda akan bersaing dengan kantin yang lain, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jenis makanan, rasa, takaran atau ukuran dan harga.

Anak sekolah lebih mementingkan harga dan takaran, adapun rasa masih bisa di toleransi yang penting tetap enak, karena mereka harus jajan hemat dan dapat banyak sehingga mengenyangkan.

15 Jenis Makanan Paling Laris di Kantin Sekolah SMP dan SMA

  • Nasi Uduk atau Nasi Kuning
  • Mie Instan Pake Telor (Pedes)
  • Nasi Goreng atau Nasi Rames Campur
  • Somay dan Batagor
  • Mie Ayam dan Bakso
  • Sosis atau Bakso Bakar
  • Aneka Gorengan
  • Roti dan Donat
  • Ayam Geprek Level
  • Seblak
  • Soto Ayam
  • Cilok Saus Kacang
  • Pecel Lontong / Lontong Sayur
  • Bubur Kacang Hijau & Ketan
  • Aneka Jajanan Snack

Dari beberapa lokasi sekolah yang telah kami survey, anak-anak sekolah lebih menyukai jajanan yang bisa mengenyangkan dan enak, cocok banget buat makan bareng dengan temen-temen atau pacar di kantin sekolah.

1. Nasi Uduk dan Nasi Kuning

Bagi siswa yang tidak sempat sarapan dirumah maka mereka akan lebih memilih untuk membeli nasi uduk atau nasi kuning di sekolah. Nasi uduk dengan komposisi seperti telur dadar, bawang goreng, sambal cukup mengenyangkan.

Harga standar untuk anak sekolah berkisar Rp3.000-Rp5.000, tergantung dari lauk yang dipilih. Biasanya ada siswa yang ingin menggunakan lauk ayam.

2. Mie Instan Pakai Telor

Mie Instan saat ini menjadi primadona para siswa, apapun bentuknya mau di goreng maupun berkuah. Rata-rata siswa dan siswi memilih untuk membeli mie instan dengan lauk telor ceplok dan pedas.

3. Nasi Goreng dan Nasi Rames Campur

Bagi yang punya sakit maag biasanya mereka menghindari makanan yang bersantan seperti nasi uduk, sebagai gantinya mereka akan membeli nasi goreng atau nasi rames campur yang juga bisa mengenyangkan.

Makanan ini biasanya di beli pada awal sekolah, atau pada saat jam istirahat pertama. Para siswa yang kelaparan akan berbondong-bondong membeli nasi goreng ataupun nasi rames campur.

4. Somay dan Batagor

Jajan ini juga menjadi salah satu jenis makanan paling laris di kantin sekolah, bagi mereka yang sudah makan nasi dirumah, atau lagi sedikit diet mereka akan memilih untuk membeli somay atau batagor.

5. Bakso dan Mie Ayam

Biasanya harga bakso dan mie ayam di sekolah lebih murah dibandingkan dengan bakso dan mie ayam yang ada di pinggir jalan. Untuk obat pingin, mereka akan membeli di sekolah.

Bakso dan mie ayam sangat cocok di nikmati bersama kawan-kawan atau pacar di kantin sekolah, jadi makanan ini bisa jadi pertimbangan untuk di jual di kantin sekolah anda.

Demikian sedikit penjelasan dari beberapa daftar makanan paling laris di kantin sekolah, khususnya untuk sekolah SMP dan SMA, dimana para siswa memiliki uang sangu yang lebih banyak di banding anak SD.

KIRIM KOMENTAR ANDA

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.