5 Usaha Kecil Kecilan dibidang Kuliner Selama Bulan Ramadhan

Usaha Kecil Kecilan dibulan Ramadhan

Moment Ramadhan merupakan moment yang ditunggu oleh para pedagang, dimana pada bulan puasa mereka dapat meraup keuntungan yang besar. Terutama bagi mereka yang memiliki bisnis atau jualan pakaian dan kuliner. 

Dibulan Ramadhan tidak sulit untuk menentukan usaha apa yang ingin anda jalankan, karena sudah jelas usaha atau bisnis yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar adalah bisnis kuliner. Bisnis kuliner tidak harus besar, tidak harus membuka rumah makan tapi ada usaha kecil-kecilan yang justru dapat memberikan penghasilan tambahan untuk anda.

Kebutuhan masyarakat dibulan ramadhan semakin meningkat khusus nya untuk urusan perut, jadi bisnis makanan dan minuman menjadi trend pada bulan ramadhan. Maka dari itu anda bisa memanfaatkannya dengan menjalankan sebuah usaha kecil-kecilan, bisa dipinggir jalan, bisa keliling, bisa juga ikut dalam bazar ramadhan.

1. Jualan Takjil untuk Berbuka Puasa

Seperti nya bukanlah hal yang sulit untuk membuat sebuah takjil sebagai menu berbuka puasa, hanya saja orang banyak yang males untuk membuat nya sendiri, tidak mau repot maka banyak yang berinisiatif untuk membeli saja. Bagi kalangan tertentu ini menjadi potensi usaha yang menguntungkan.

Kumpulkan bahan-bahan untuk membuat takjil, pastikan memiliki rasa yang lezat dan nikmat ketika disantap oleh orang untuk berbuka puasa, maka bisa dipastikan usaha anda selama dibulan ramadhan akan laris manis. Silahkan anda coba sendiri, anda bisa berjualan takjil di masjid2, di bazar ramadhan atau di tempat-tempat yang ramai di kunjungi seperti taman hiburan.

2. Jualan Camilan atau Jajanan untuk Berbuka Puasa

Ketika berbuka puasa rasanya ingin menyantap semua jenis makanan, sehingga banyak orang yang mempersiapkan diri dengan membeli makanan-makanan ringan yang akan di santap ketika berbuka puasa. Anda bisa berjualan seperti Naget Goreng, Somay, Batagor, Mpek-Mpek, Sosis, Tahu bunting, Pisang Goreng dan sebagainya

Berjualan Makanan seperti ini tidak membutuhkan modal usaha yang besar, hanya dibutuhkan kemauan dan kreatifitas. Raih keuntungan berlipat dengan berjualan makanan untuk berbuka puasa selama bulan Ramadhan.

3. Jualan Es Jus Buah dan Kolak

Kesegaran sangat dibutuhkan bagi orang yang berbuka puasa, bagi mereka yang tidak mau repot membuat minuman seperti jus buah atau kolak, maka mereka akan membeli di luar. Ini peluang bisnis yang tak terduga, karena penjualan es jus buah dan kolak selama bulan puasa meningkat tajam. Para pedagang es buah dan kolak dapat meraup keuntungan berlipat dibandingkan dengan hari di bulan biasa.

4. Jualan Kue Kering Lebaran

Walaupun belum lebaran tapi penjualan kue kering sudah mulai di laris manis, karena banyak peminatnya. Biasanya kue kering seperti ini dimakan pada saat selesai shalat terawih sebagai cemilan sambil kumpul bersama keluarga. Anda bisa mengemas kue kering dalam bentuk toplesan atau bunkusan plastik.

5. Jualan Makanan (Lauk Pauk dan Sayur)

Kuliner sederhana – usaha kecil kecilan yang bisa anda lakukan lainnya yaitu menjual beraneka makanan sebagai menu berbuka puasa dan sahur. Seperti menjual lauk pauk jadi, sayur jadi. Bagi mereka yang sibuk dan tidak sempat untuk memasak maka akan memilih untuk membeli makanan diluar.