Pengertian Tabungan

Menabung merupakan sebuah pekerjaan dimana menyimpan uang dengan menyisihkan sebagian saja dari total hasi yang didapat. Jika seorang bekerja dan mendapatkan penghasilan maka sebagian dari penghasilan tersebut disimpan untuk memenuhi keperluan yang tak terduga seperti sakit, ingin membeli sesuatu atau keperluan lainnya.

Pekerjaan ini perlu menjadi sebuah kebiasaan yang harus ditularkan terutama kepada anak-anak sehingga mereka bisa menerapkan pola hidup hemat. Bagi anak-anak penghasilan mereka didapat dari uang saku yang diberi orangtua saat berangkat sekolah, sebagian digunakan untuk jajan dan sebagian disimpan.

Pengertian Tabungan adalah Simpanan yang biasanya identik dengan uang yang berasal dari pendapatan seseorang yang tidak dibelanjakan, menyimpan uang dapat dilakukan setiap orang menggunakan tempat penyimpanan khusus yang sering disebut dengan celengan atau bisa juga menyimpan uang dengan aman di Bank.

Guna memfasitasi seseorang untuk bisa menabung kini banyak perbankan yang menawarkan berbagai jenis tabungan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Jika seseorang ingin naik haji maka bisa menggunakan jenis tabungan haji, jika memiki tujuan untuk pendidikan maka bisa menggunakan tabungan pendidikan atau jenis tabungan lainnya.

Menabung di Bank lebih aman dan menguntungkan jika dibandingkan menabung di rumah dengan menggunakan celengan atau tempat penyimpanan lainnya. Resiko yang perlu dikhawatirkan yaitu kemalingan, kebakaran, atau yang lainnya yang dapat menyebabkan hilangnya uang yang telah disimpan.

Tabungan dapat digunakan dan diambil kapan saja ketika pemilik tabungan membutuhkan, tapi perlu diketahui pastikan dalam menabung ada suatu target yang ingin dicapai sehingga menabung dapat lebih terarah dan terkontrol untuk mewujudkan suatu kebutuhan.


Previous articleKredit Pensiunan Syariah BSMBank BSM merupakan bank syariah yang menawarkan berbagai jenis produk kredit yang dikelola dengan sistem syariah, salah satu kredit yang akan ditawarkan BSM yaitu kredit pensiunan untuk nasabah yang telah pensiun.Produk kredit pensiunan ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, yang berhak menjadi nasabah kredit pensiun di bsm adalah orang – orang yang memiliki profesi sebagai PNS, Karyawan BUMN, TNI, Polri atau pegawai swasta yang sudah tidak bekerja dan tetap memiliki pendapatan pensiunan setiap bulan.Sistem pembayaran kredit pensiunan bsm ini menggunakan sistem autodebet yang akan memotong gaji secara otomatis selama jangka waktu kredit yang di ajukan. Jumlah pembiayaan atau kredit yang dapat diajukan adalah maksimal Rp100 juta dengan Jangka maksimal 3 tahun.Anda dapat menggunakan dana pinjaman untuk membeli kendaraan, renovasi rumah , membeli peralatan rumah tangga, biaya pendidikan anak atau yang lainnya dengan akad murabahah. Pengajuan dapat dilakukan di kantor cabang bank syariah mandiri.Untuk mengajukan pembiayaan atau kredit pensiun ini nasabah perlu memberikan jaminan berupa rumah atau kendaraan dengan menyerahkan surat – surat berharga atas jaminan yang akan diberikan. Adapun dokumen lainnya yang diperlukan sebagai berikut :Asli surat permohonan pembiayaan lengkap dari nasabahAsli surat keputusan pensiun nasabahFotocopy KTP pemohon dan suami/isteriFotocopy kartu keluargaFotocopy surat nikah/ceraiFotokopi rekening telepon dan listrikSurat pernyataan dan kuasa untuk memotong pensiun bulanan yang diterima dan ditandatangani nasabah di atas materai.Fotokopi SHM/SHGB /IMB/PBB untuk pembiayaan dengan jaminan rumahFotokopi BPKB/ STNK/Faktur pembelian untuk pembiayaan dengan jaminan kendaraan bermotor
Next articlePengertian Deposito BerjangkaMempersiapkan kebutuhan yang akan datang sangat perlu dilakukan, hal yang bisa dilakukan adalah dengan cara menabung atau berinvestasi. Sehingga ketika anda suatu saat membutuhkan dana maka akan selalu siap, baik itu untuk keperluan bisnis, kebutuhan rumah tangga, biaya kesehatan atau yang lainnya.Praktek menabung dan investasi salah satunya bisa membuka deposito di bank. Sama hal nya dengan tabungan dimana seseorang menyimpan uang dengan menyisihkan sebagian pendapatan yang tidak dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhan yang akan datang, dengan begitu anda tidak perlu berhutang kepada oranglain.Pengertian Deposito adalah Sebuah simpanan berjangka dengan jumlah nominal uang tertentu yang telah ditetapkan penyelenggara deposito, nasabah tidak diperbolehkan mengambil dana deposito sebelum jangka waktu yang disepakati berakhir, biasanya jangka waktu deposito 1 , 3 , 6 dan 12 bulan.Memang sekilas deposito dengan tabungan itu sama yaitu sama – sama menyimpan sejumlah uang. Anda perlu mengetahui perbedaan diantara keduanya, dan silahkan putuskan anda ingin membuka tabungan biasa atau deposito.Perbedaannya yaitu deposito memiliki jangka waktu dan jumlah uang yang telah ditetapkan, nasabah tidak diperbolehkan mengambil dana sebelum waktunya.Sedangkan tabungan yaitu simpanan uang tanpa ada jangka waktu dan jumlah uang yang disimpan bebas, nasabah boleh mengambil sewaktu-waktu diperlukan.Pada Deposito biasanya menawarkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa, keuntungan yang ditawarkan berupa suku bunga yang besar.Sistem yang digunakan pada deposito yaitu menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over) yaitu deposito akan diperpanjang secara otomatis setelah jatuh tempo jika tidak ada permintaan dari pemiliknya untuk dihentikan.Rumus Hitungan dalam Deposito :
Keuntungan Deposito= suku bunga deposito x nominal uang yang ditanamkan x hari/365
Pajak deposito= Tarif pajak x bunga deposito
Pengembalian Deposito= Nominal Investasi + (Bunga deposito – Pajak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.