Pengertian Tabungan

Pengertian Tabungan

Menabung merupakan sebuah pekerjaan dimana menyimpan uang dengan menyisihkan sebagian saja dari total hasi yang didapat. Jika seorang bekerja dan mendapatkan penghasilan maka sebagian dari penghasilan tersebut disimpan untuk memenuhi keperluan yang tak terduga seperti sakit, ingin membeli sesuatu atau keperluan lainnya.

Pekerjaan ini perlu menjadi sebuah kebiasaan yang harus ditularkan terutama kepada anak-anak sehingga mereka bisa menerapkan pola hidup hemat. Bagi anak-anak penghasilan mereka didapat dari uang saku yang diberi orangtua saat berangkat sekolah, sebagian digunakan untuk jajan dan sebagian disimpan.

Pengertian Tabungan adalah Simpanan yang biasanya identik dengan uang yang berasal dari pendapatan seseorang yang tidak dibelanjakan, menyimpan uang dapat dilakukan setiap orang menggunakan tempat penyimpanan khusus yang sering disebut dengan celengan atau bisa juga menyimpan uang dengan aman di Bank.

Guna memfasitasi seseorang untuk bisa menabung kini banyak perbankan yang menawarkan berbagai jenis tabungan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Jika seseorang ingin naik haji maka bisa menggunakan jenis tabungan haji, jika memiki tujuan untuk pendidikan maka bisa menggunakan tabungan pendidikan atau jenis tabungan lainnya.

Menabung di Bank lebih aman dan menguntungkan jika dibandingkan menabung di rumah dengan menggunakan celengan atau tempat penyimpanan lainnya. Resiko yang perlu dikhawatirkan yaitu kemalingan, kebakaran, atau yang lainnya yang dapat menyebabkan hilangnya uang yang telah disimpan.

Tabungan dapat digunakan dan diambil kapan saja ketika pemilik tabungan membutuhkan, tapi perlu diketahui pastikan dalam menabung ada suatu target yang ingin dicapai sehingga menabung dapat lebih terarah dan terkontrol untuk mewujudkan suatu kebutuhan.