penipuan call forwarding

Hati-Hati!! Modus Penipuan Menggunakan Kode *21* nomor # Pengalihan Panggilan

penipuan call forwarding

Hati-hati dengan modus penipuan menggunakan fitur call forwading, karena dengan fitur ini pelaku dapat mengambil alih (meretas) beberapa akun di aplikasi-aplikasi seperti gojek, tokopedia, shopee, dana, dan lain sebagainya.

Pelaku mengirimkan sms ke korban dengan isi pesan yang membujuk untuk mengetikan *21* nomor # di hp yang sedang digunakan, setelah menekan kode rahasia tersebut maka fitur call forwading akan dimulai (penerusan panggilan).

Nomor yang dimasukan di format diatas merupaka nomor milik penipu, tujuannya adalah ketika ada panggilan masuk ke nomor korban maka akan di teruskan / forward ke nomor penipu yang telah didaftarkan menggunakan kode 21 tadi.

Artinya begini..

Setelah pelaku berhasil membujuk korban mengetikan *21* nomor # di hp nya maka pelaku akan mencoba login di aplikasi tertentu, pelaku login menggunakan fitur kirim kode otp lewat panggilan sehingga pelaku juga akan mendapatkan kode otp yang dikirimkan melalui panggilan tersebut.

Ketika penipu mendapatkan kode OTP dari aplikasi tersebut maka pelaku akan bisa login ke aplikasi milik korban. Apabila didalam aplikasi tersebut ada saldo yang bisa digunakan maka pelaku akan menguras habis saldo yang ada.

Modus penipuan seperti ini juga dialami oleh Penyanyi Maia Estianty, ketika beliau mencoba memesan gofood lewat aplikasi gojek. Tiba-tiba, driver gojek mengirimkan pesan untuk meminta Maia menuliskan format diatas seperti berikut:  *21* 082178912261# dengan alasan bahwa motor nya sedang mogok agar bisa ganti driver baru.

Tapi setelah, Maia mengetikan kode tersebut secara tidak sadar mengaktifkan fitur call forwading, sehingga pelaku dapat melakukan reset password atau login menggunakan kode OTP yang dikirim melalui jalur panggilan.

Maka dari itu, anda harus waspada dan berhati-hati ketika ada orang yang mengirimkan pesan atau menyuruh anda menekan kode dial yang kami sebutkan diatas, karena kode dial tersebut berfungsi untuk mengaktifkan pengalihan panggilan.

1 thought on “Hati-Hati!! Modus Penipuan Menggunakan Kode *21* nomor # Pengalihan Panggilan”

Leave a Comment

Your email address will not be published.