cara mengajukan pembatalan pesanan di shopee

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang sudah dibayar

Belanja online di shopee memang sangat mudah dan menyenangkan, karena hampir semua barang yang kita cari tersedia dan dijual dengan harga yang relatif lebih murah dari toko-toko di pasaran.

Kita hanya tinggal menunggu saja barang dikirim oleh penjual setelah kita melakukan pembayaran, barang akan sampai sesuai dengan estimasi kurir yang digunakan dan juga tergantung kapan penjual mengirimkannya.

Tentu akan sangat disesalkan ketika belanja di sebuah toko yang lambat, lambat pengiriman barang dan lambat sekali responnya ketika dichat.

Padahal barang yang kita pesan sangat dibutuhkan.

Lambatnya toko dalam mengirim pesanan membuat pembeli merasa kesal sehingga memutuskan untuk membatalkan pesanan, dan ingin melakukan pembelian di toko lain.

Tapi Bagaimana pesanan kita terlanjur sudah dibayar?

Kalau pesanan yang dibuat belum dibayar maka kita bisa melakukan pembatalan langsung, tanpa harus menunggu konfirmasi dari penjual.

Tapi kalau pesanan sudah dibayar maka kita harus menunggu konfirmasi dari penjual, ada penjual yang menyetujui ketika pembeli mengajukan pembatalan tapi terkadang ada juga penjual yang tidak menyetujui pembatalan dengan alasan tertentu.

Bagaimana cara mengajukan pembatalan?

Untuk mengajukan pembatalan anda bisa langsung membuka pesanan anda yang statusnya masih dikemas, namun jika pesanan anda sudah berubah menjadi dikirim kama pesanan tidak bisa lagi dibatalkan.

  • Masuk ke menu dikemas
  • Pilih pesanan yang ingin dibatalkan
  • Klik Batalkan Pesanan
  • Pilih alasan pembatalan
  • Lalu klik Ajukan Pembatalan Pesanan
  • Klik konfirmasi
  • Penjual akan mengkonfirmasi pengajuan pembatalan

Setelah anda mengajukan pembatalan pesanan di shopee yang sudah dibayar, maka semua tergantung dari penjual, anda dapat menghubungi penjual untuk segera merespon permintaan pembatalan.

Apakah penjual menyetujui atau penjual tidak menyetujui.

Jika penjual tidak menyetujui pembatalan yang anda ajukan maka proses pengiriman barang tetap akan dilakukan oleh penjual, sedangkan jika penjual menyetujui permintaan pembatalan anda maka pesanan akan dibatalkan.

Setelah pesanan dibatalkan maka secara otomatis sistem akan mengembalikan dana yang sudah dibayar, dana akan dikembalikan dalam bentuk saldo shopeepay dalan waktu 1X24 jam, jadi tinggal tunggu saja.

Baca Juga: Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

32 thoughts on “Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang sudah dibayar”

  1. Maaf saya mau tanya, ketika kita sudah membatalkan pesanan, sellernya tidak merespon chat sama sekali, apakah barang tetap dikirim atau bagaimana?

  2. @Yuan: Kalau penjual tidak menjawab permintaan pembatalan maka pesanan akan otomatis dibatalkan setelah waktu yang ditentukan, tapi kalau penjual menjawab tidak menyetujui maka pesanan akan tetap dikirimkan.

  3. Wiwit yuliatun

    Lalu jika pesanan otomatis dibatalkan apakah dana juga otomatis dikembalikan?

  4. jika pembatalan pesanan uda d setujui penjual tp saya mau uang saya kembali ke no rekening bank aja bisa gak. karena akun shopee pay saya uda d hacker oknum yang tdk bertanggung jawab.mohon pencerahan nya

  5. maaf mau tanya :
    dalam kurun waktu <3jam apakah BANK bisa melakukan pembatalan transaksi jika ada pelaporan tindak kejahatan dalam transaksi..?

  6. Misi saya mau nanya, saya sudah melakukan pembayaran shoppe lewat atm, tapi atmnya tidak keluar struk dan status dishoppe masih (belum dibayar) sedangkan saya sudah bayar. Jadi gimana ya itu,saya kirim bukti SMS banking saja

  7. Bagaimana jika setelah melakukan pembatalan pesanan, di klik lagi membatalkan pembatalan pesanannya. Sedangkan pembatalan cukup di lakukan 1x. Sedangkan penjual tidak merespon pembatalan kembali.

  8. Berarti kalo shopee pay saya gak diaktifin dalam waktu 3 hari otomatis dikembaliin ke rekeninh ya uangnya?

  9. Pertanyaannya jika saya sudah melakukan pembatalan pesanan karena ternyata barang yg saya mau tidak ada padahal awal saya chatt barang itu tersedia.. dan penjual tidak mau membatalkan pesanan saya dengan alasan sudah peraturan dr perusahaan.. dan penjual memaksa saya untuk membeli produk lain dengan harga yang sama.. dan saya berkali kali bilang tidak mau produk lain dan ingin cancel saja.. tp penjual malah ngotot mengirim barang dengan random dengan alasan saya tidak memilih
    bukankan itu penipuan??

  10. Itu memang penipuan, mending chat shopee lalu katakan “hubungkan dengan cs” dan nanti langsung dibantu sama csnya

  11. Itu memang penipuan, mending chat shopee lalu katakan “hubungkan dengan cs” dan nanti langsung dibantu sama csnya

  12. Kak mohon bantuannya saya kan order di shopee trs sama penjualnya udh dikirim tpi pas saya cek lagi ternyata saya salah pilih alamat pengirimannya trs saya batalkan pesanan tpi si pesanan saya udah terlanjur dikirim ke ekspedisi penjualan. Mohon bantuannya kak :,(

  13. maaf saya mau tanya penjual mau batalkan pesanan yg sudah di bayar di shopee tapi sama penjual sudah di atur pengirimannya, itu bagaimana..??

  14. Sesilia Dwi Stefani

    Bagaimana jika setelah melakukan pembatalan pesanan, di klik lagi membatalkan pembatalan pesanannya. Sedangkan pembatalan cukup di lakukan 1x. Sedangkan penjual tidak merespon pembatalan kembali. Apakah uang saya akan kembali. Saya mohon dijawab

  15. Kak. Saya kan membeli barang di shope dngan cara membayar shopepaylater. Sedang dalam pengemasan. Dan saya baru sadar alamatnya salah. Jika saya batalkan. Shopepaylaternya akan tetap harus berkurang?

  16. Mau tanya dong, saya sudah transfer tapi strucknya tidak keluar. Kalau saya klik batalkan pemesanan itu uang kembali atau tidak ya?

  17. Maaf ka sya mau tanya kami sudah membatalakan pesena saya tapi tetap masih di kemas bisa di bantu ga

  18. Kak mau tanya jika kita pesen 2 barang tp dari pihak seller hanya d kirim stu barang sedangkan sdh byar 2 barang itu gmn kak cara komplinnya

  19. Bagaimana kalau saya sudah pesan terus udah bayar,tapi gak ada kiriman barang,lalu saya hubungi penjualnya ,penjualnya bilang pesanan tidak dapat d batalkan.dan saya harus bayar lagi kepada penjual ,tapi setelah saya bayar barang gak d kirim juga,mohon bantuannya supaya uang saya bisa kembali.

  20. Mau tanya, saya kan bayar dan ternyata setelah beberapa hari tidak dikirim barangnya. Dan setelah saya cek tiba2 penjual sedang libur, kemudian saya mengajukan pembatalan. Lalu bagaimana ya?

  21. Ka klo brng udah ter krim dan d batali tpi brng udah d truck apa msi bsa d batali atau d kembalikan mohon info nya

  22. @Anonymous: Barang pesanan di shopee yang sdh dikirim oleh penjual tidak bisa lagi di batalkan kak.

  23. Mau tanya..sy pesen barang di shopee tp masih pee order. Apa bisa dibatalkan??? Dan sudah terlanjur bayar. Chat penjualnya g’da respon. Kl dibatalkan apakah uang sy bisa kembali??

  24. Mau tanya. Sy pesen barang di shopee tp masih pre order. Apa bisa dibatalkan dan sy sdh bayar..kl dibatalkan apakah uang sy akan dikembalikan??? Chat penjualnya TDK ada respon

  25. Apakah jika kita membayar memakai shope pay Dan kita mau membatalkan krna barang tidak ada apa uang bsa kmbli

  26. Mau nanya gimana klo sudah mengajukan pembatalan tapi seller gak merespon apakah dananya bisa kembali?

  27. Mau tanya, saya sudah bayar suatu produk dan saya ajukan pembatalan. Tapi dari pihak toko tidak ada konfirmasi. Apakah uang saya tetap kembali atau toko tetap akan mengirimkan barang ya? Terimaksih

  28. Barangkali ada yg bs jawab..
    Sy beli sdh proses bayar kmrn diindomaret…trs pagi ini sy cek tokonya kok sdh diblokir shopee..
    Langkah apa yg hrs sy lakukan ya…terima kasih..minta bantuannya

Leave a Comment

Your email address will not be published.