4 Tips Memilih Bank Terbaik Untuk Deposito

Tips Memilih Deposito Bank

Agar hidup menjadi lebih sejahtera seseorang perlu menyisihkan uang untuk dialokasikan sebagai dana investasi, jenis investasi yang bisa dipilih yaitu Deposito. Deposito merupakan salah satu produk bank yang fungsinya sama dengan tabungan, akan tetapi deposito menawarkan keuntungan yang lebih besar dibanding tabungan biasa.

Uang yang disimpan dalam program Deposito akan disimpan dan kemudian pemilik uang akan mendapatkan bagi hasil atas pengelolaan dana tersebut, uang yang disimpan tidak bisa diambil kapan saja, uang anda hanya dapat diambil ketika jangka waktu telah berakhir, jangka waktu ditentukan sesuai dengan kesepakatan dengan pihak bank.

Deposito merupakan salah satu jenis investasi yang paling aman, dalam memilih deposito ada beberapa pertimbangan dalam memilih bank. Pilih bank yang tepat untuk investasi deposito anda. Masing – masing bank menawarkan deposito dengan berbagai keuntungan. Jika anda bingung memilih deposito mana yang paling tepat, silahkan simak beberapa tips berikut :

1. Reputasi Bank

Dalam menentukan pilihan, bank mana yang ingin anda gunakan untuk deposito ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah reputasi bank itu sendiri. Pilih bank yang sehat dan memiliki reputasi yang baik untuk menghindari resiko kebangkuratan, dan biasanya bank yang memiliki reputasi baik akan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada nasabah dengan memberikan rasa nyaman, aman dan menguntungkan.

2. Tentukan Jangka Waktu Deposito

Bank akan memberikan keuntungan kepada nasabah yang menginvestasikan uang kedalam bentuk deposito. Biasanya keuntungan yang akan diberikan disesuaikan dengan jangka waktu yang dipilih. Jangka waktu yang ditawarkan mulai dari 1 bulan, 3 bulan , 6 bulan, 12 bulan, dan 24 bulan. Pilih jangka waktu deposito sesuai dengan kebutuhan anda.

3. Melakukan Perbandingan Keuntungan Deposito Antar Bank

Setelah anda menentukan jangka waktu deposito, anda juga bisa melakukan perbandingan keuntungan yang ditawarkan oleh pihak bank tersebut. Berapaa persen keuntungan yang akan diberikan? Biasanya nasabah lebih memilih bank yang memberikan persentase keuntungan yang paling tinggi.

4. Waspada Bunga Deposito yang Terlalu Tinggi

Meskipun bunga deposito yang tinggi sangat bermanfaat untuk Anda, namun Anda juga harus berhati-hati dan selalu mempertimbangkannya. Pastikan bunga deposito yang di tawarkan oleh bank tidak melebihi tingkat suku bunga dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). BI memiliki peraturan bagi Bank untuk mengeluarkan bunga deposito, dimana bank harus memberikan bunga deposito sama atau di bawah suku bunga dari Lembaga Penjamin Simpanan.

5. Memilih Bank dengan Persyaratan yang Paling Mudah

Tiap-tiap bank memiliki persyaratan yang berbeda beda saat Anda baru membuka deposito. Ada banyak bank yang memberikan persyaratan rumit, ada juga yang mudah. Untuk itu, pilihlah Bank yang memiliki persyaratan paling mudah. Hal ini untuk kemudahan Anda saja, Anda juga tidak ingin dipersulit ketika membuat deposito bukan?



Silahkan Tinggalkan Komentar