Arti dan Pengertian COD dalam Belanja Online

pengertian cash on delivery

Bagi sebagian orang masih ada yang belum mengerti mengenai istilah COD dalam jual beli atau belanja online, membuat mereka bingung karena tidak mengetahui pengertian dari istilah tersebut.

Istilah COD sering kali ditemukan dalam bisnis online, COD merupakan singkatan dari Cash on Delivery. COD merupakan salah satu metode pembayaran yang bisa diterapkan oleh pembeli dan penjual saat akan membeli barang secara online.

Pengertian COD atau Cash On Delivery

Cash on Delivery memiliki pengertian yaitu pembeli membayar barang yang dipesan secara online pada saat barang tersebut sampai atau ketemuan antara pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi secara langsung tanpa transfer uang melalui rekening.

COD merupakan cara yang paling aman dalam bertransaksi secara online, mengingat saat ini maraknya penipuan online. Penipuan online yang sering terjadi yaitu pembeli sudah mentransfer sejumlah uang untuk pembelian barang, tapi setelah uang ditransfer barang tidak dikirim atau dikirim tapi barang tidak sesuai pesanan.

Secara singkatnya COD adalah ketemuan antara pembeli dan penjual, penjual menyerahkan barang dan pembeli membayar terhadap barang yang dibeli secara langsung, dengan begitu pembeli melihat barangnya terlebih dahulu baru bayar sesuai yang diinginkan.

 Keuntungan COD saat Belanja Online

Metode pembayaran COD adalah cara paling aman yang dapat dilakukan untuk menhindari maraknya penipuan jual beli online, dalam transaksi COD yang paling diuntungkan adalah pihak Pembeli.

Dimana selain transaksi menjadi lebih aman dari penipuan, pembeli juga bisa melihat langsung barang yang akan dibeli sebelum membayar. Jika barang ditemukan ketidakcocokan maka pembeli mempunya hak untuk membatalkan transaksinya.

Dalam hal ini bukan berarti penjual dirugikan, ada sisi positif yang bisa didapatkan penjual yang menerapkan sistem penjualan cod yaitu peluang terjualnya barang menjadi lebih besar, apalagi barang yang dijual benar-benar barang berkualitas.

Kekurangan Transaksi COD

Ternyata pembelian barang secara online secara COD punya kekurangan yaitu pada sisi kepraktisan, karena memang penjual dan pembeli harus mengatur waktu untuk bertemu.

Kekurangan terhadap pembeli yaitu harus bertemu dengan penjual dan tentu ini membutuhkan waktu dan jika pembeli tidak menanyakan alamatnya maka jika ingin komlain dikemudian hari tidak bisa dilakukan.

Sedangkan terhadap penjual adalah penjual harus membawa barang kepada pembeli tapi ternyata pembeli tidak jadi untuk membeli barang tersebut.

Jangkauan dan Ketentuan COD

Walaupun COD menjadi pilihan pembayaran yang paling aman, terutama ketika anda bertransaksi melalui OLX tapi ada beberapa hal yang perlu anda ketahui soal COD :

1. COD hanya bisa dilakukan pada daerah yang sama

Pembayaran COD tidak bisa dilakukan ketika lokasi pembeli dan penjual saling berjauhan seperti beda provinsi, beda kabupaten. COD hanya bisa diterapkan pada kawasan yang sama dan dapat dijangkau, contoh: Pembeli di Tangerang, Penjual juga di Tangerang.

2. Terdapat Ongkir pada Pembeli

Agar penjual dapat diuntungkan biasanya, penjual akan menaikan harga barang yang sudah termasuk hitungan ongkir nya. Misal: harga charger aslinya adalah Rp40.000, tapi karena COD menjadi Rp50.000

3. Terdapat Minimal Order

Terkadang penjual menerapkan minimal order jika ingin COD atau barangnya diantar kerumah pembeli. Sehingga pembeli harus membeli barang sesuai dengan jumlah minimal order agar bisa COD dirumah pembeli.

Baca Juga: Ciri-Ciri Penipuan di OLX

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here