ciri ciri penipu di olx

Olx merupakan sebuah situs yang memberikan fasilitas kepada pengguna untuk melakukan jual beli barang bekas atau baru secara online, situs ini dikunjungi lebih dari 10 juta pengguna setiap bulannya.

Pembeli dapat menawarkan barang yang ingin dijual langsung melalui situs olx, dengan menampilkan foto barang, deskripsi barang, hingga harga jual barang tersebut. Selanjutnya, pembeli dapat menemukan barang yang ingin mereka beli sesuai dengan iklan yang dipasang penjual.

Berbagai jenis barang dari berbagai kategori dapat kita temukan di situs olx, seperti mobil, motor, properti, gadget, elektronik, olahraga, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan bayi hingga lowongan pekerjaan.

Banyaknya penjual bukan berarti membeli barang di olx selalu aman, ternyata banyak juga modus penipuan yang dilakukan para oknum untuk menjerat korban. Sudah banyak orang yang menjadi korban penipuan atas jual beli yang ditawarkan di olx.

Maka dari itu, sebelum anda menjadi korban penipuan di olx maka alangkah baiknya mengikuti tips dari olx yaitu melakukan jual beli secara COD (cost on dilevery atau bayar ditempat, ketemuan antara pembeli dan penjual) dengan begitu transaksi menjadi lebih aman dan nyaman.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli barang di OLX, berikut ini adalah ciri-ciru modus penipuan di olx yang bisa anda curigai :

1. Menawarkan Harga Murah yang Tidak Wajar

Siapa sih yang ga tergiur dengan harga barang yang murah, tapi jangan ceroboh. Apabila harga barang yang ditawarkan jauh lebih murah dalam artian harganya tidak wajar maka perlu anda curigai, lebih baik urungkan niat untuk membeli barang tersebut.

99% orang yang pernah tertipu di olx karena tergiur dengan barang murah, para penipu tahu betul bahwa pengguna olx sangat mendambakan barang murah sehingga penipu membuat harga semurah mungkin sebagai umpan agar pembeli menghubungi penjual.

2. Biasanya barang yang ditawarkan seperti Kamera, Handphone, Laptop atau jenis gadget dan elektronik lainnya.

Penipu sangat jeli sekarang jenis barang yang paling banyak dicari salah satunya adalah gadget dan kamera, biasanya penipu menawarkan hp dengan harga murah 30% atau lebih dari harga aslinya.

Tawaran ini tentu sangat memikat pembeli, pembeli diminta untuk mentransfer sejumlah uang sesuai dengan harga yang tercantum dalam iklan olx ke rekening mereka dan menjadi korban penipuan.

3. Tidak Melayani COD atau Ketemuan Langsung

Sesuai dengan tips belanja aman dari OLX yaitu pembeli dan penjual harus ketemuan, jangan melakukan pembayaran langsung melalui transfer. Karena dapat dipastikan, penjual yang menolak diajak COD itu penipu.

Jika anda menemukan pembeli yang tidak mau diajak COD atau ketemuan maka lebih baik cari penjual lain sebelum anda menjadi korban penipuan.

4. Menawarkan Produk yang sama di semua Provinsi

100% penipuan!! jika anda menemukan penjual yang menawarkan produk ke semua provinsi, tujuannya agar mudah di lihat calon pembeli.

Ketika pembeli melihat iklan mereka dan tergiur karena melihat iklan barang yang mereka cari dijual dengan harga murah.

Dan biasanya penipu atau penjual mengaku dari Batam.

5. Penipu Tidak Melayani SMS dari Pembeli

Penipu tidak melayani pembeli yang menanyakan barang dengan cara SMS, penipu hanya melayani telp bahkan pembeli akan ditelp langsung oleh Penjual (alias penipu) untuk meyakinkan pembeli untuk melakukan transaksi.

6. Bukan member Verified (terverifikasi).

Penjual yang berniat menipu memiliki akun baru yang tidak terverifikasi, walaupun ada logo terverifikasi biasanya itu hanya avatar editan, jadi harus pembeli harus lebih jeli. Walaupun member verified, pastikan melayani poin no. 3 diatas guys.

7. Foto produk dan Deskripsi Hanya Comot dari Internet

Ini penipu yang tidak kreatif, banyak sekali ditemukan foto produk yang di ambil dari internet berikut dengan deskripsinya. 100% penipu jika anda menemukan penjual yang seperti ini…

8. Menyuruh Pembeli Transfer Uang Karena STOK Terbatas !!

Karena penipu yang ada di OLX tidak melayani COD atau ketemuan langsung maka penjual akan meminta calon korban (pembeli) untuk mentransfer uang ke rekening mereka agar barang dikirim langsung, dengan alasan stok terbatas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ciri-ciri penipuan di olx yang marak terjadi. Anda harus lebih pintar dan waspada dengan modus penipuan semacam ini, lebih baik anda membeli barang di OLX dengan cara COD, jangan mau jika di suruh transfer.

Penulis: Diri Arianti
Editor: Anita Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.