Asal Tahu Aja, Banyak Modus Penipuan di Shopee

modus penipuan dishopee

Belanja Online memang sangat menyenangkan karena disamping mudah juga banyak promo yang ditawarkan mulai dari diskon, gratis ongkir, dan masih banyak lagi.

Termasuk salah satunya ketika belanja di Shopee, yaitu marketplace yang memiliki tagline gratis ongkir seluruh Indonesia. 

Namun, sebagai pembeli juga harus lebih waspada dan cermat ketika akan membeli barang di shopee, dikarenanya banyak modus penipuan yang hampir setiap saat memakan korban terutama bagi mereka orang-orang awam.

Untuk menjaring korbannyanya Penipu yang bertindak sebagai Seller atau Penjual menawarkan produk atau barang dengan harga murah. Harga murah yang dibatas wajar, walau demikian ternyata masih banyak yang tergiur dengan harga murah seperti ini.

Padahal harga murah yang ditawarkan merupakan jebakan, agar calon korban melakukan order atau pemesanan terhadap barang yang ditawarkan oleh pembeli.

Selanjutnya, penjual akan mengirim pesan langsung lewat chat atau sms atau bahkan lewat telp. Untuk meminta pembeli melakukan transfer ke nomor rekening langsung milik penjual, jadi bukan ke rekeningnya shopee. 

Namun, apabila pembeli sudah melakukan transfer ke rekening shopee biasanya penjual akan meminta sejumlah uang tambahan.

Ketika anda mengalami seperti ini maka langsung saja cancel order dan buat pesanan baru di seller lain. Namun, apabila sudah terlanjur mentransfer uang ke rekening penjual maka anda sudah menjadi korban penipuan.

Apakah Uang Saya Bisa Kembali??

Jika anda sudah terlanjur mentransfer uang ke rekening selain nomor rekening shopee maka uang tersebut tidak bisa kembali. Anda harus mengikhlaskannya, walaupun jumlah nominalnya besar. 

Sebab tak ada cara untuk meminta uang tersebut kembali, yang perlu anda lakukan hanya melakukan pelaporan ke pihak shopee mengenai modus penipuan yang anda alami, agar shopee dapat mensuspend akun penjual palsu tersebut.

Shopee tidak bertanggung jawab atas penipuan yang dialami para pembeli jika ada transaksi ke nomor rekening selain milik Shopee. Beda cerita jika anda transfer uang ke shopee ternyata barang yang dikirim tidak sesuai alias palsu maka anda bisa memiliki kesempatan untuk meminta kembali uang tersebut.

Jika ada pertanyaan mengenai Modus Penipuan yang anda alami ketika belanja online di Shopee silahkan masukan pada kolom komentar dibawah artikel ini, kami akan bantu menjawabnya.