Cara Blokir Kartu ATM yang Hilang

Cara Blokir Kartu ATM Hilang

Kartu ATM merupakan sebuah alat pembayaran yang difasilitasi bank kepada nasabah, sehingga nasabah dapat melakukan transaksi di seluruh Jaringan mesin ATM kapan saja ketika diperlukan. Transaksi yang dapat dilakukan di mesin ATM diantaranya cek saldo, transfer uang, pembayaran dan pembelian pulsa operator / pln.

Kartu ATM dilindungi dengan 6 digit PIN yang hanya anda sendiri yang tahu, agar tidak dapat digunakan oleh orang lain, namun ketika anda kehilangan Kartu ATM maka langkah yang harus anda lakukan adalah memblokirnya dan membuat kembali kartu ATM yang baru.

Untuk memblokir kartu ATM anda bisa datang ke kantor cabang bank yang anda gunakan, jika anda menggunakan kartu ATM BRI maka pergilah ke kantor BRI, jika anda menggunakan kartu ATM Mandiri maka pergilah ke Bank Mandiri dan sebagainya.

Namun ada cara lain yang bisa anda lakukan lebih cepat, anda tidak perlu pergi ke kantor cabang karena mungkin jarak yang jauh, tidak ada waktu untuk pergi, dan bertepatan pada hari libur kerja. Maka solusi yang paling cepat adna menghubungi Call Center Bank yang anda gunakan.

Pastikan pulsa anda mencukupi pada saat melakukan telp ke call center agar tidak putus dipertengahan pembicaraan. Saat terhubung anda akan tanya mengenai keperluan anda, maka silahkan anda menjawab bahwa anda bermaksud ingin memblokir kartu ATM karena hilang.

Customer Service akan bertanya beberapa pertanyaan verifikasi seperti nama ibu kandung, tanggal lahir dan lainnya. Ketika pertanyaan tersebut dijawab dengan benar maka proses pemblokiran kartu ATM akan dilakukan. Ketika kartu ATM diblokir maka kartu ATM tersebut tidak bisa digunakan.

Selanjutnya silahkan pergi ke kantor cabang untuk membuat kartu ATM yang baru, namun pastikan anda telah membawa surat kehilangan dari kepolisian (karena ada beberapa bank yang mengharuskan ini). Bawa juga buku tabungan dan KTP sebagai bukti nasabah.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.