Hati-Hati Banyak Penipuan di Instagram Berkedok Toko Online

penipuan online di instagram
penipuan online di instagram

Istagram salah satu sosial media yang memungkinkan pengguna mengupload foto-foto pribadinya, namun saat ini instagram kerap digunakan sebagai toko online yang menjual barang-barang dengan cara mengupload foto produk.

Banyak orang yang mencari keberuntungan dengan berjualan online di Instagram, namun juga tak sedikit orang yang berniat jahat dengan melakukan penipuan, modus yang sering di lakukan yaitu membuat akun online shop palsu, mengupload foto produk dan menawarkan harga murah banget.

Sebelum anda melakukan transaksi, anda harus lebih waspada dan berhati-hati karena banyak akun online penipu di instagram. Cek terlebih dahulu dan dipastikan toko online yang ingin anda belanja benar-benar valid.

Akun penipu di instagram biasanya menawarkan barang-barang mewah dengan harga murah, seperti tas impor, barang BM (black market), peralatan rumah tanggan dan sebagainya.

Untuk mengidentifikasi akun penipu yang paling mudah yaitu cek komentar-komentar para pengguna, jika akun tersebut punya banyak follower tapi tidak ada interaksi sama sekali maka itu bisa dicurigai sebagai akun penipu.

Selain itu, untuk mengidentifikasi akun penipu yaitu biasanya akun penipu menjual barang dengan harga jauh lebih murah dari harga pasar, sering menggunakan slogan jujur, terpercaya, amanah, dll. 

Akun penipu akan meyakinkan calon pembeli (korban) dengan mengirimkan berbagai bukti transaksi untuk meyakinkan seperti mengirim bukti transfer, mengirim KTP penjual padahal bukan ktp asli, dan sebagainya.

Ketika korban telah melakukan transfer uang, biasanya penipu akan langsung bilang bahwa barang akan lansgung dikirim, tapi tidak lama kemudian penipu memblokir akun korban baik instagram maupun whatsapps.

Ada juga penipu yang menjual barang-barang dari luar negeri atau BM, meminta korban untuk mengirimkan biaya -biaya lain seperti biaya cukai, biaya administrasi. Padahal jika korban sadar bahwa itu merupakan modus penipuan yang sering di lakukan.

Sebelum anda menjadi korban penipuan jual beli online di instagram maka anda harus lebih berhati-hati, jika ingin belanja online maka belanja lah di Shopee. Jangan percaya dengan harga murah, diskon besar, gratis ongkir yang ditawarkan penipu.

Demikian hal yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Semoga anda tidak menjadi korban penipuan di instagram, harus lebih waspada dan hati-hati serta tidak mudah tergiur terhadap apa yang ditawarkan penipu.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here