penipuan online di instagram

Hati-Hati Banyak Penipuan di Instagram Berkedok Toko Online

penipuan online di instagram
penipuan online di instagram

Istagram salah satu sosial media yang memungkinkan pengguna mengupload foto-foto pribadinya, namun saat ini instagram kerap digunakan sebagai toko online yang menjual barang-barang dengan cara mengupload foto produk.

Banyak orang yang mencari keberuntungan dengan berjualan online di Instagram, namun juga tak sedikit orang yang berniat jahat dengan melakukan penipuan, modus yang sering di lakukan yaitu membuat akun online shop palsu, mengupload foto produk dan menawarkan harga murah banget.

Sebelum anda melakukan transaksi, anda harus lebih waspada dan berhati-hati karena banyak akun online penipu di instagram. Cek terlebih dahulu dan dipastikan toko online yang ingin anda belanja benar-benar valid.

Akun penipu di instagram biasanya menawarkan barang-barang mewah dengan harga murah, seperti tas impor, barang BM (black market), peralatan rumah tanggan dan sebagainya.

Untuk mengidentifikasi akun penipu yang paling mudah yaitu cek komentar-komentar para pengguna, jika akun tersebut punya banyak follower tapi tidak ada interaksi sama sekali maka itu bisa dicurigai sebagai akun penipu.

Selain itu, untuk mengidentifikasi akun penipu yaitu biasanya akun penipu menjual barang dengan harga jauh lebih murah dari harga pasar, sering menggunakan slogan jujur, terpercaya, amanah, dll. 

Akun penipu akan meyakinkan calon pembeli (korban) dengan mengirimkan berbagai bukti transaksi untuk meyakinkan seperti mengirim bukti transfer, mengirim KTP penjual padahal bukan ktp asli, dan sebagainya.

Ketika korban telah melakukan transfer uang, biasanya penipu akan langsung bilang bahwa barang akan lansgung dikirim, tapi tidak lama kemudian penipu memblokir akun korban baik instagram maupun whatsapps.

Ada juga penipu yang menjual barang-barang dari luar negeri atau BM, meminta korban untuk mengirimkan biaya -biaya lain seperti biaya cukai, biaya administrasi. Padahal jika korban sadar bahwa itu merupakan modus penipuan yang sering di lakukan.

Sebelum anda menjadi korban penipuan jual beli online di instagram maka anda harus lebih berhati-hati, jika ingin belanja online maka belanja lah di Shopee. Jangan percaya dengan harga murah, diskon besar, gratis ongkir yang ditawarkan penipu.

Demikian hal yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Semoga anda tidak menjadi korban penipuan di instagram, harus lebih waspada dan hati-hati serta tidak mudah tergiur terhadap apa yang ditawarkan penipu.

7 thoughts on “Hati-Hati Banyak Penipuan di Instagram Berkedok Toko Online”

  1. Akun instagram penipuan
    @Boutique_import_Store
    Dengan no rek BTPN atas nama Devi Tulmamah dengn no rek 90390009110 dengan no telp WA 085216508128

  2. Saya telat cari info tentang olsop yang sama dan bener ketipu, awalnya saya tanya ketersediaan barang, dan adminnya respon kalo barangnya masih ada, lalu saya tf, setelah tf saya tanya estimasi pengiriman barang berapa hari, adminnya bilang 3 hari, setelah 3 hari saya tanya kabar pesanan saya gak direspon sampai sekarang…
    Saya tf tanggal 18 feb 2020 btw.
    Saya pesen 1 barang seharga 170k dan ongkir 29k total 199…

  3. Saya juga belanja di olsop itu, dan ya gak ada kabar setelah transfer, chat diread doang?
    15 feb 2020 saya menanyakan ketersediaan barang melalui WA ke nomor +62 852-1650-8128 , setelah mendapat jawaban bahwa barang saya minati tersedia, saya mengisi form pemesanan.
    18 feb 2020 saya mentransfer uang sejumlah 199.000 (harga barang 170.000 dan ongkir 29.000) via ATM BRI yang berlokasi di 9844-RSUD GNG JATI CIREBON dengan ID 51502 pada 12:19:28
    Setelah mengirim bukti transfer saya menanyakan estimasi pengiriman barang, admin olsop tersebut menjawab 3 hari.
    3 hari kemudian saya menanyakan bagaimana progres pesanan saya tapi hanya dibaca dan sampai sekarang tidak mendapat balasan.

  4. account IG : reseller_dropshiper penipu. Saya bertransaksi melalui WA : +62 853-2409-2741. Saya sudah transfer ke BANK CIMB NIAGA
    A/N : ENSI INARTI
    REK : 2849-0858-2440-4786

    awalnya respon nya cepat dan baik banget. di infokan resi akan dikirim H+2. Saya percaya saja dikarenakan selama ini belanja online tidak pernah bermasalah dan baik baik saja.

    Tapi setelah beberapa hari saya wa chat menanyakan resinya sudah ada atau belum?
    yang awalnya nomer wa saya tidak di blok dan chat saya deliev. pada saya check lagi Foto nya sudah hilang dan saya chat lagi sudah ceklis 1.

    Ketika saya chat pakai nomer yg berbeda masih ceklis 2 dan ada fotonya.

  5. Adianti Citra

    Aku juga pernah belanja di akun @wearit.tasty , tahun 2020 awal miat mau beli baju buat lchinese new year malah jadi jelek x_x , bukan ditipu sih, tapi barang yang datang jauh banget dari foto foto yang di taro di instagram
    katanya memang dropship dari orang lain jadi sipenjual ga tau apa apa tentang barangnya tapi kan tetep aja rugi mana lumayan mahal

Leave a Comment

Your email address will not be published.