Ciri-Ciri Akun Online Shop Penipu di Instagram

ciri ciri akun instagram penipu

Saat ini Instagram menjadi sosial media yang paling banyak digunakan untuk jual beli online, pelaku usaha membuat sebuah akun khusus untuk menawarkan produk atau barang yang mereka jual kepada pengguna instagram.

Kami juga sering melakukan pembelian barang melalui akun online shop di instagram seperti pembelian kaos polos @doyanpolos, namun sebelum melakukan transaksi kami juga memastikan bahwa akun tersebut bukan akun penipu.

Di Instagram memang sangat banyak sekali akun online shop penipu, mereka mencari korban melalui instagram. Tak sedikit korban yang mengalami penipuan jual beli online, ada yang sudah transfer Rp500 ribu, Rp1 juta, Rp2 juta bahkan ada yang puluhan juta.

Maka dari itu, sebelum benar-benar memutuskan untuk membeli barang di akun online shop instagram sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu dan penting untuk mengetahui ciri-ciri akun online shop penipu.

Ciri-Ciri Akun Online Shop Penipu di Instagram:

Dalam kesempatan kali ini kami akan menyampaikan kepada para pembaca yaitu ciri-ciri akun instagram penipu yang perlu diketahui, sehingga lebih berhati-hati ketika melakukan belanja online lewat instagram:

1. Tidak Melayani Pengiriman COD

Saat ini transaksi bisa dengan cara COD (Cash on Delivery), jasa kurir yang melayani COD yaitu J&T Express, jadi ketika anda ingin membeli barang di instagram minta di kirim menggunakan J&T dengan metode pembayaran COD.

Jika alamat toko berada di daerah yang sama maka anda bisa mengajak kepada admin untuk melakukan COD, bisa ketemuan di toko si penjual.

Nah, biasanya akun online shop yang menipu akan menolak melakukan transkasi COD baik ketemuan langsung maupun mengirim barang menggunakan jasa kurir.

2. Tidak Bisa Mengirim Komentar

Bagaimana mungkin, jika jumlah follower banyak tapi tidak ada interaksi disetiap foto-foto yang di posting. Biasanya akun penipu di instagram tidak bisa dikirimi komentar. Sehingga pengguna lain atau anda sendiri tidak bisa berkomentar disana.

Ketika anda tidak bisa mengirim komentar di akun online shop tersebut maka dapat dipastikan akun tersebut penipu, maka urungkan niat anda untuk membeli barang yang dimaksud walaupun harga yang ditawarkan murah.

3. Harga barang jauh lebih murah dari harga pasar

Kadang kami berpikir bagaimana mungkin si penjual dapat menawarkan dengan harga murah dari pasar, bahkan bisa dibawah harga modal. Pertanyaan yang muncul? dapat untung darimana?

Jawabnya: dapat untung dari menipu. Yups, akun online shop yang menjual barang dengan harga yang jauh lebih murah dapat dicurigai sebagai akun penipu, biasanya mereka berdalih barang import, barang BM, barang langsung beli dari produsen.

4. Tidak ada testimoni atau testimoni palsu

Akun penipu dapat dipastikan tidak ada testimoni dari pembeli (yang memfollownya), jika pun ada testimoni maka itu testimoni palsu, hanya screenshot whatsapp.

Jangan terlalu percaya dengan testimoni palsu yang dikirimkan kepada anda atau yang diposting di akun penipu tersebut.

5. Bukti Transfer Palsu

Kamu bisa cek bukti transaksi yang diposting atau yang dikirimkan ke WA, perhatikan dengan jeli dan seksama. Bukti transfer yang dikirimkan adalah bukti palsu yang telah diedit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.