Syarat dan Cara Menutup Rekening Tabungan di Bank

menutup rekening tabungan mandiri di kantor cabang

Rekening tabungan di bank memang diperlukan untuk menyimpan uang secara aman, tapi jika anda sudah tidak ingin menabung di bank lagi maka anda bisa mengajukan penutupan rekening tabungan dengan membawa persyaratan yang diperlukan.

Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk tidak lagi menggunakan rekening tabungan nya, termasuk anda yang saat ini memiliki niat untuk menutup rekening bank yang anda gunakan.

  1. Ingin Menghindari RIBA secara penuh
  2. Biaya administrasi rekening yang terlalu besar
  3. Ingin membuka rekening tabungan lain
  4. Ingin pindah ke tabungan syariah
  5. dan lain sebagainya yang pada intinya ingin tutup rekening.

Menutup rekening tabungan hanya dapat dilakukan di kantor cabang bank yang anda gunakan. Maksudnya, jika anda menggunakan rekening tabungan mandiri maka menutupnya di kantor mandiri, begitu juga dengan yang lainnya.

Proses penutupan rekening tabungan tidak lama kok, hanya butuh beberapa menit setelah persyaratan di setujui maka rekening tabungan anda akan dihapus.

Syarat yang harus dibawa saat ingin menutup rekening :

  • Membawa Identitas berlaku (KTP)
  • Membawa kartu ATM yang digunakan
  • Membawa buku tabungan yang digunakan
  • Membawa Uang Tunai minimal Rp100.000 sebagai administrasi

Setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda soal biaya penutupan rekening, misalnya di bank bri simpedes yaitu bagi nasabah yang ingin menutup rekening tabungan akan dikenakan biaya Rp25.000.

Bagaimana dengan Saldo yang ada dalam rekening??

Jika didalam rekening tabungan anda terdapat uang atau saldo maka ketika anda mengajukan penutupan rekening tabungan, saldo yang ada didalam rekening akan diberikan kepada anda sebagai pemilik rekening.

Sebenarnya jika rekening tabungan tidak digunakan lagi selama 6 bulan berturut-turut maka akan dinyatakan sebagai rekening pasif dan nantinya rekening akan ditutup secara otomatis ketika saldo yang ada didalam rekening tidak memenuhi syarat minimal saldo yang mengendap, jadi anda tidak usah mengajukan penutupan rekening.

Demikian adalah sebuah informasi mengenai prosedur atau cara menutup rekening tabungan di bank. Menutup rekening tabungan di bank merupakan hal yang baik dilakukan jika tidak ingin lagi menggunakan rekening tersebut dan saldo didalam nya masih banyak, tapi kalau sudah kosong maka biarkan saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here