KUR adalah Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

KUR merupakan sebuah program pinjaman modal dari pemerintah kepada para pelaku usaha kredit mikro untuk mensejahterakan ekonomi rakyat. Penyaluran KUR ini dilakukan melalui beberapa lembaga keuangan mulai dari bank, koperasi dan lainnya.

Tahun 2017 kabarnya pemerintah akan menyalurkan dana sebagai modal usaha kepada masyarakat mencapai Rp110 triliun, meningkat hingga 3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Kur ini dibagi menjadi 3 yaitu KUR Miro, KUR Ritel dan KUR TKI.

Pinjaman Modal dari Pemerintah

Setiap lembaga keuangan memiliki jatah sendiri-sendiri KUR yang dapat disalurkan. Seperti misalnya Bank BNI mendapatkan jatah penyaluran KUR sebesar Rp12 triliun, Bank BRI mendapatkan jatah paling banyak yaitu sebesar Rp71 Triliun.

Jadi untuk bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dari Pemerintah anda bisa mengajukan permohonan pinjaman KUR ke Bank BNI atau BRI yang menjadi salah satu diantara bank penyalur dana KUR.

Selain BNI dan BRI juga ada bank lain yaitu “Bank Penyalur KUR Lainnya“.

JIka anda membutuhkan pinjaman dibawah Rp25 juta maka anda dapat mengajukan pinjaman KUR Mikro, untuk pinjaman diatas Rp25 juta s/d Rp500 juta maka anda dapat mengajukan KUR Ritel. Sedangkan KUR TKI diberikan bagi yang ingin menjadi TKI dan membutuhkan biaya, pinjaman KUR Ritel maksimal Rp25 juta.

Baca Juga : Syarat Mengajukan KUR di BRI