Syarat Menjadi Pemasok atau Menjual Produk di Indomaret

Syarat Menjadi Pemasok Indomaret

Kehadiran Indomaret dipasar memang sedikit banyak akan memeberikan dampak persaingan terhadap toko-toko rumahan. Tapi disisi lain, memberikan peluang usaha lain bagi yang tertarik untuk bergabung menjadi mitra bisnis Indomaret.

Indomaret merupakan minimarket berbentuk waralaba / franchise, itu artinya ketika ada gerai indomaret dibanyak tempat itu pemiliknya berbeda-beda, karena setiap orang dapat membuka usaha indomaret didaerah yang diinginkan dengan membeli paket waralaba yang ditawarkan.

Walaupun begitu, secara management tetap sama yaitu dikelola oleh Indomaret. Pemilik franchise akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan barang yang ada di Indomaret. Disisi lain, hadirnya indomaret juga memberikan perubahan terhadap ekonomi masyarakat ketika menjadi pemasok di Indomaret.

Misal : Anda memiliki produk rumahan berupa makanan atau lainnya seperti Keripik Balado Pedas Khas Minang, anda dapat memasukan produk anda di Indomaret untuk dijual. Untuk bisa menjual produk di Indomaret maka anda harus memenuhi syarat sebagai pemasok.

Tertarik Menjadi Pemasok di Indomaret

Jika anda tertarik untuk menjadi pemasok di Indomaret maka anda harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh management Indomaret. Ketika anda lolos menjadi pemasok maka produk milik anda akan dipasarkan dan dijual di seluruh gerai Indomaret.

A. Pemilihan Produk Dagangan

Pihak Indomaret akan menyeleksi produk – produk yang masuk untuk di jual di Indomaret, anda dapat memasok produk berjenis makanan maupun non-makanan. Produk yang ditawarkan juga harus memenuhi sesuai dengan target pasar.

Sebelum anda melakukan pengajuan sebagai pemasok di Indomaret maka sebaiknya anda memperhatikan kemasan produk yang ingin anda pasok. Karena Indomaret juga akan menilai kemasan produk anda.

  1. Kemasan Harus Rapi
  2. Kemasan Higenis
  3. Kemasan Modern

B. Syarat Produk Dagangan

Jika poin A telah yakin dan siap, maka selanjutnya anda perlu memperhatikan syarat di Poin B ini. Yaitu produk dagangan harus memenuhi persyaratan yang menjadi standar di Indomaret. Diantaranya yang perlu anda perhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Kualitas dan Harga Kompetitif
  2. Keamanan bagi Konsumen

Keamanan bagi konsumen maksudnya adalah tersedia informasi yang lengkap seperti tertera produsen dan distriutor, ukuran dalam gram atau liter, memiliki regrestasi dari departemen kesehatan, memiliki tanggal kadaluarsa, memiliki verifikasi halal, dan terdapat barcode.

C. Syarat sebagai Pemasok

Jika produk anda telah siap dan anda yakin memenuhi syarat seperti yang telah ditetapkan oleh pihak Indomaret maka selanjutnya anda harus melengkapi persyaratan sebagai pemasok. Syarat sebagai pemasok di Indomaret adalah sebagai berikut :

  1. Melengkapi dan Mengisi Formulir
  2. Berkomitmen terhadap : Pemenuhan Order, Jadwal Pengirian dan Sistem Pembayaran
  3. Membuat Usulan Kerjasama Promosi
  4. Bersedia melakukan evaluasi penjualan.

Nah itulah, beberapa syarat penting yang harus anda ketahui dan perlu anda lengkapi untuk bisa menjadi pemasok dan menjual produk milik anda di gerai indomaret. Apabila anda dapat lolos menjual produk anda maka dapat dipastikan pendapatan anda akan meningkat dari sebelumnya.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.