Pilih Mana? Antara Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan

tabungan-pendidikan

Masa depan anak tentu harus dipikirkan oleh orangtua sejak dini terutama masalah pendidikannya. Dana Pendidikan anak setiap tahun di Indonesia mengalami kenaikan sekitar 15% untuk itu sebagai orang tua perlu menyisihkan uang untuk disimpan. Mungkin anda mengalami kebingungan, pilih mana antara tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan.

Anda harus tahu pengertian diantara keduanya, Tabungan adalah suatu produk perbankan untuk menjaga keutuhan modal awal, namun tabungan tidak memberikan hasil yang tinggi. Biasanya tabungan pendidikan akan dilengkapi asuransi. Asuransi adalah produk proteksi yang memiliki fungsi untuk melindungi keuangan keluarga jika tulang punggung keluarga meninggal dunia atau cacat permanen.

Jadi sudah jelas perbedaan diantara keduanya. Tabungan untuk menyimpan uang, sedangkan Asuransi untuk Proteksi Resiko. 

Tabungan Pendidikan adalah produk tabungan berjangka dengan periode waktu diatas 2 tahun lebih tergantung kebutuhan. Anda dituntut untuk menyetorkan sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan diawal hingga jatuh tempo. Biasanya tabungan pendidikan sudah dilengkapi dengan Asuransi.

Asuransi Pendidikan adalah sebuah Asuransi berjangka biasanya plus dengan tabungan. Anda diharuskan membayar premi setiap bulan, apabila anda meninggal dunia maka anda akan mendapatkan uang pertanggungan untuk biaya pendidikannya. Saldo tabungan juga akan dikeluarkan ketika anak telah masuk ke Pendidikannya (SD, SMP, SMA, atau Kuliah).

Jika ternyata anda tidak meninggal dunia hingga polis berakhir (biasanya menawarkan jangka waktu 10 tahun), maka anak berhak mendapatkan hak nya sesuai dengan perjanjian yang ditawarkan diawal.

Pada dasarnya keduanya biasanya sudah saling melengkapi. Terkadang ada tabungan pendidikan yang dikombinasikan dengan Asuransi. Begitu juga sebaliknya, terkadang ada juga Asuransi yang telah dikombinasikan dengan Tabungan

Keduanya sangat baik, tergantung dari kebutuhan dan tujuan anda. Kalau disuruh pilih mana diantara keduanya banyak yang lebih mempertimbangkan Asuransi Pendidikan, arena mengkhawatirkan sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Tapi jika semua baik-baik saja, dan kebutuhan dalam jangka waktu pendek maka sebaiknya memilih Tabungan Pendidikan.

Anda juga jangan melewatkan dengan yang namanya Investasi. Investasi seperti produk reksadana dapat menjadi salah satu solusi untuk mempersiapkan dana pendidikan jangka panjang. Denbgan Investasi ini dapat memberikan hasl hingga 20% pertahun. Namun resikonya bisa jadi nilai investasinya menurun.