bisnis aki bekas menjanjikan

Setiap kendaraan seperti sepeda motor dan mobil pasti memiliki Aki sebagai sumber arus listrik, sehingga aki sangat sangat penting untuk kendaraan dalam menyalakan lampu, menyalakan mesin dan sebagainya.

Terdapat 2 jenis aki yaitu ada aki basah dan ada aki kering, kedua memiliki kelebihan masing-masing tapi fungsinya tetap sama. Harga aki kering lebih mahal dibandingkan dengan aki basah, karena memang aki kering lebih mudah perawatannya.

Banyak sekali merek aki yang bisa kita gunakan mulai dari yuasa, aki GS, incoe, global dan lain sebagainya. Harga aki juga menyesuaikan dengan besarnya NS, semakin besar harga aki lebih mahal.

Banyak pengguna kendaraan yang tidak mengerti dengan aki sehingga penggunaan yang salah menyebabkan aki soak, aki rusak, aki habis atau aki boros. Sehingga memutuskan untuk mengganti dengan aki yang baru.

Ternyata dibalik aki bekas terdapat bisnis yang cukup menjanjikan bagi pelaku bisnis aki. Mungkin anda tertarik untuk membuka bisnis aki bekas, karena aki bekas bisa diperbaiki dan bisa dijual lagi.

Bagi sebagian orang, terutama yang memiliki dana terbatas, mereka akan memilih untuk membeli aki bekas daripada aki baru karena memang harga aki baru lebih mahal. Hal inilah yang mendorong bisnis aki bekas semakin menjanjikan.

Bisnis aki bekas cukup menjanjikan untuk ditekuni, selisih harga antara aki bekas dan aki baru terbilang cukup jauh sehingga banyak dimanfaatkan masyarakat ekonomi menengah kebawah.

Sebelum anda memutuskan untuk memulai bisnis aki bekas, ada beberapa hal yang memang harus anda kuasai.

1. Mengetahui Komponen Aki

Pelajari mengenai komponen-komponen aki, anda bisa lihat video di youtube yang membahas mengenai Aki. Anda harus tahu, apakah aki bekas yang ditawarkan kepada anda masih bisa diperbaiki atau memang sudah rusak sepenuhnya.

2. Mengetahui Cara memperbaiki Aki

Aki bekas tentu sudah memiliki kelemahan seperti tidak bisa menyimpan energi listrik yang lama, atau sebagainya. Maka dari itu, anda harus kreatif dan telaten dalam memperbaiki aki bekas.

3. Aktif mencari aki bekas

Karena bisnis anda adalah aki bekas, maka anda harus aktif mencari aki bekas. Banyak pengguna kendaraan yang membeli aki baru dengan menjual aki bekasnya alias tukar tambah, itu artinya anda juga perlu menyiapkan stok aki baru.

4. Cari tahu aki yang banyak peminatnya

Saat akan membeli aki bekas, maka pastikan anda telah mengenali kerusakannya. Tidak perlu menjelaskan kepada konsumen yang ingin menjual aki bekasnya. Hindari membeli aki yang sudah tidak mungkin untuk diperbaiki, karena akan membuang waktu anda.

5. Beli aki bekas dengan harga rendah

Biasanya aki bekas dihargai antara Rp80.000-Rp100.000, jangan beli bekas diatas harga standar itu. Aki bekas yang sudah anda perbaiki nantinya bisa dijual lagi berkisar harga Rp150.000 – Rp250.000.

6. Aktif menawarkan Aki Bekas

Kalau memang stok aki bekas anda masih banyak, tawarkan kepada konsumen yang bingung dalam membeli aki bekas atau aki baru karena mempunyai kendara budget. Daripada bingung, dengan budget pas pasan lebih baik membeli aki bekas yang telah anda perbaiki.

Baca Juga: Bisnis Toko Sembako


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.