Mau Buka Gerai Alfamart? Inilah Syarat dan Modal yang dibutuhkan

Membuka Gerai Alfamart

Tentu anda pernah melihat minimarket yang diberinama “alfamart”, tahukah anda bahwa setiap gerai alfamart itu adalah milik orang yang berbeda. Itu artinya andapun bisa memiliki gerai alfamart seperti mereka karena memang pihak alfamart membuka peluang usaha waralaba bagi yang berminat untuk membuka alfamart didaerahnya.

Hadirnya minimarket ditengah-tengah masyarakat memberikan kemudahan dalam berbelanja produk kebutuhan sehari-sehari dengan promo dan harga yang kompetitif seperti halnya belanja di supermarket.

Ini merupakan peluang usaha yang bisa anda coba, anda tidak perlu lagi bingung untuk memulai bisnis minimarket karena anda bisa langsung membuka minimarket dengan merek dagang alfamart.

Ketika anda tertarik untuk membuka gerai alfamart didaerah anda, anda perlu menyiapkan modal yang cukup besar. Dan anda perlu menyiapkan lokasi untuk membuka alfamart, pastikan lokasi yang anda pilih adalah lokasi yang strategis karena ini akan berpengaruh penting terhadap kelangsungan bisnis minimarket.

Persyaratan Waralaba Alfamart

Perlu anda ketahui, Alfamart menawarkan paket bisnis waralaba dengan merek dagang “alfamart” dengan slogan “Belanja Puas, Harga Pas”. Alfamart akan menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari, mulai dari softdrink, snack, perlengkapan mandi, perlengkapan bayi, dan sebagainya.

Saat ini alfamart telah memiliki gerai mulai dari perkotaan hingga tingkat kelurahan. Apabila anda berniat untuk membuka bisnis waralaba alfamart maka anda perlu menyiapkan beberapa persyaratan yang telah ditentukan, seperti yang kami sebutkan dibawah ini :

  1. Harus memiliki Badan Usaha (Koperasi, PT, CV atau lainnya). \
  2. Anda Berkewarganegaraan INDONESIA (WNI).
  3. Menyiapkan Lokasi Usaha sesuai ketentuan
  4. Harus memenuhi perizinan seperti Izin tetangga, SIUP, NPWP, TDP, DOMISILI dll.
  5. Bersedia mengikuti sistem dan prosedur yang berlaku di alfamart.

Lokasi yang akan dijadikan tempat membuka alfamart harus memiliki luas area sales minimal 800 m2 (diluar gudang ruang administrasi), dan total keseluruhan lahan kurang lebih 150 s/d 250 m2. Tempat boleh milik sendiri (beli), atau nyewa milik orang lain dan pastikan menyewa dalam waktu 5-10 tahun.

Tipe Kerjasama Minimarket Alfamart

Alfamart menawarkan 3 tipe kerjasama yang masing-masing menyesuaikan kondisi dan keinginan anda. Beberapa tipe kerjasama yang ditawarkan yaitu membuka gerai baru, membuka gerai baru konversi dan take over.

1. Gerai Baru

Pada tipe ini anda bisa membuka gerai alfamart dengan tipet yang bisa disesuaikan dengan luas lahan yang anda miliki. Alfamart menawarkan 2 tipe gerai yaitu tipe 36 rak dan 45 rak, adapun untuk penjelasannya sebagai berikut :

  1. Tipe 36 rak, Luas area minimal 80 m2 – Nilai investasi sebesar Rp397 juta
  2. Tipe 45 rak, Luas area minimal 100 m2 – Nilai investasi sebesar Rp417 juta

Apa saja yang akan didapatkan?

Mungkin anda bertanya-tanya, saya sudah mengeluarkan modal sebesar itu, lantas apa saja fasilitas yang akan didapatkan selama menjalankan bisnis minimarket alfamart. Berikut ini adalah fasilitas yang akan anda peroleh :

  1. Franchise Fee sebesar Rp45 juta untuk 5 tahun
  2. Instalasi Listrik
  3. Peralatan Gerai dan AC
  4. Sistem informasi Ritel
  5. Shop sign dan sign pole
  6. Perijinan Gerai
  7. Promosi dan persiapan launching

Nilai investasi diluar property dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kodisi saat proses pembukaan gerai. Khusus bagi anda yang membuka gerai alfamart di perkantoran, rumah sakit, SPBU, kampus, Bandara atau tempat lainnya bileh menggunakan luas area dibawah 80 m2.

2. Gerai Baru – Konvesi

Apabila anda sudah memiliki toko seperti halnya minimarket / jenis toko kelontongan dan ingin mengembangkan usaha dibawah naungan alfamart maka anda bisa menggunakan tipe kerjasama ini. 

Ya benar, jadi nanti pemilik minimarket tetap bisa menggunakan barang dagangannya untuk stok pembukaan gerai alfamart. Dan rak yang dimiliki tetap bisa digunakan untuk mengukurangi biaya investasi. Namun, rak yang digunakan harus sesuai dengan kriteria alfamart.

3. Gerai Take Over

Alfamart menawarkan tipe kerjasama Take Over yang berarti anda bisa mengambil alih gerai alfamart yang telah beroperasi dan berjalan dengan baik. Sehingga anda tidak perlu khawatir atau takut gerai alfamart anda sepi.

Untuk tipe kerjasama ini memiliki nilai investasi yang lebih tinggi tentunya (karena membeli paket usaha yang sudah berjalan), dan biaya investasi sudah termasuk biaya sewa bangunan selama 5 tahun, franchise fee Rp45 juta untuk 5 tahun dan peralata-peralatan yang dibutuhkan gerai + goodwill.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan anda hubungi pihak kerjasama alfamart.



1 COMMENT

Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.