Menabung di Bank

Bagi sebagian orang menabung dibank merupakan cara terbaik untuk menabung, sebab menabung di bank akan lebih aman bila dibandingan menabung dirumah.

resiko selalu ada seperti rumah kebakaran, rumah kebanjiran, rumah kemasukan rampok atau yang lainnya dengan menabung di bank justru akan menyelamatkan uang yang anda simpan.

Mereka tidak mempertimbangkan ada biaya administrasi bulanan atau tidak, selagi bisa menjamin keamanan uang mereka maka besarnya biaya administrasi tidak menjadi masalah utama untuk tidak menabung di bank.

Tapi standar biasanya biaya administrasi bulanan tabungan di bank itu berkisar Rp 15 ribu per bulan, tergantung bank.

Suryowati seorang nasabah bank BNI mengatakan bahwa “Alasan utama mengapa dirinya menabung di bank yaitu karena keamanan, karena kalau simpan di rumah kita kan nggak tahu risiko keamanannya, resiko keamanan yang dimaksud bukan hanya sekedar resiko dari kejahatan melainkan resiko musibah seperti kebakaran atau lainnya”.

Ketika resiko itu terjadi, uang yang disimpan dirumah sudah jelas tentu akan ikut hilang, akhirnya kita tidak memiliki dana darurat (dana cadangan) sebagai modal awal ketika musibah itu terjadi.

Memang sih tidak ada yang mau mengalami resiko tersebut, banyak berdoa saja agar tetap mendapatkan perlindungan dari sang pencipta.

Selain faktor keamanan, juga banyak fasilitas yang ditawarkan mulai dari promo ketika belanja menggunakan kartu debit, promo berhadiah, ada juga sistem bagi hasil yang diberikan kepada nasabah menjadi faktor mengapa menabung di bank itu penting, terutama menabung di bank syariah.

Beda lagi dengan pembisnis, memiliki rekening tabungan di bank merupakan syarat wajib untuk mendukung transaksi bisnis yang dilakukan.

Banyak bank yang memberikan kemudahan transaksi, pembukuan dan lain-lain. Dan tidak perlu banyak memegang banyak uang ketika akan bepergian, cukup membawa kartu ATM semua menjadi lebih mudah.


Previous articleDengan pernikahan maka dapat mempersatukan 2 orang yang memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda, sehingga banyak hal yang perlu disinkronkan perbedaan yang ada terutama dalam masalah keuangan keluarga.Karena keharmonisan rumah tangga juga dapat dipengaruhi dengan masalah keuangan, namun selagi semua dapat didiskusikan dengan baik maka rumah tangga anda akan tetap harmonis dalam mewujudkan rencana masa depan.Hidup bersama pasangan dalam membina keluarga itu sampai akhir hayat, jadi anda perlu terus melakukan diskusi berbagai keperluan yang ingin dilakukan, seperti ingin membeli rumah, ingin membangun bisnis dan masalah keuangan lainnya.Masalah Keuangan Rumah TanggaAda 3 poin penting yang harus dibicarakan dengan pasangan anda, terutama bagi anda yang baru saja menikah. Perlu menyatukan persamaan agar tidak terjadi kesalahpahaman diantara kalian dalam hal keuangan, simak penjelasan berikut itu :Gaya hidupYah, pertama hal yang harus dibicarakan adalah mengenai Gaya Hidup yang akan dilakukan. Tentu ini menjadi masalah besar jika tidak ada kesepakatan bersama, yang satu ingin hidup mewah yang satunya lagi ingin hidup sederhana, jadi tidak ada titik temu untuk mewujudkan rencana masa depan yang lebih baik.Mengenai gaya hidup perlu dibicarakan bersama (visi dan misi), target apa yang ingin dicapai bersama. Perlu mengevaluasi gaya hidup sehari-hari agar keuangan rumah tangga stabil, disesuai dengan target yang ingin dicapai dan penghasilan yang didapat. Jangan sampai “besar pasak dari pada tiang” artinya terjadi pemborosan.Rencana keuangan keluargaSetelah visi dan misi itu berhasil disatukan, maka selanjutnya perlu membicarakan soal rencana keuangan. Maka hal – hal penting yang menjadi prioritas, tentukan tujuan keuangan keluarga prioritas pembiayaan, dan dari mana sumber pemasukan dana..Pastikan anda dan pasangan harus saling jujur dan terbuka. Terkadang ada juga suami dan istri memiliki tabungan yang berbeda, tapi walau begitu tetap harus mempertimbangkan untuk memiliki satu tabungan bersama khusus untuk pengeluaran rumah tangga.Masalah keuangan pasangan adalah masalahmuIntinya masalah keuangan dalam keluarga bisa memicu cerai berai nya rumah tangga jika tidak ada keterbukaan dalam masalah ini. Maka dari itu untuk tetap menjaga hubungan yang harmonis perlu saling bermusyawarah dalam mengatasi masalah keuangan yang sedang dihadapi.Misalnya, jika kelak suami nggak punya dana cadangan dan sedang perlu dana tunai untuk membawa mobil ke bengkel, sebagai pasangan kamu tentu diharapkan bisa membantu. Begitu pula saat kamu membutuhkan bantuan, pasangan bisa menyediakan solusinya. Ingat, tujuan awal menikah adalah untuk saling melengkapi.
Next articlePenyaluran KUR BNI kepada Petani TebuBank BNI khususnya untuk Wilayah surabaya mempercepat penyaluran Kredit Usaha Rakyta (KUR) kepada petani tebu yang telah menjadi mitra PT PG Rajawali I, maka dari itu melakukan dengan bekerjasama dengan PT RNI untuk menyalurkan KUR kepada para petani tebu.Kerjasama yang dilakukan BNI Surabaya dengan PT. RNI merupakan kelanjutan dari kredit program sebelumnyan yaitu Kredit Ketahanan Pangan dan Energi-Tebu Rakyat (KKPE-TR) yang dihentikan penyalurannya oleh pemerintah pada tahun ini. Dalam kerjasama ini faktor utama yang diperhatikan adalah repayment capacity (kemampuan bayar).Mengapa perlu memperhatikan kemampuan bayar petani, terutama disektor pertanian, karena resiko yang kemungkinan terjadi cukup tinggi.  Dengan kerjasama off taker dengan PG Rajawali I ini, maka repayment capacity dari petani meningkat karena ada kepastian pembelian hasil panen.Petani akan mendapatkan dana KUR sebagai modal usaha di sektor pertanian yang akan dijalankan (pertanian tebu), yang kemudah PT PG Rajawali I bertindah sebagai penjamin off taker, maksudnya RNI akan membeli hasil panen para petani tersebut.Penyaluran KUR dari BNI kepada petani akan menggunakan pola linkage-executing dimana kredit akan disalurkan kepada para petani tebu melalui koperasi atau lembaga linkage yang ada dibawah binaan PT PG Rajawali I.Dana KUR yang disiapkan BNI untuk PT. RNI hingga Rp 100 miliar , masing-masing sebesar Rp 75 miliar untuk petani dibawah PG Krebet Baru dan Rp 25 miliar untuk petani mitra PG Rejo Agung Baru. Saat ini ada sekitar 35 ribu petani yang bekerjasama dengan PT PG Rajawali I.Penyaluran KUR disektor pertanian sehatusnya lebih ditingkatkan, terutama untuk pertanian tebu. Mengapa? Karena komoditas tebu relatif lebih aman dari resiko gagal panen dibandingkan dengan komoditas padi atau yang lainnya.Pabrik Gula (PG) dibawah PT PG Rajawali I sendiri mencatat nilai rendemen yang cukup baik. PG Krebet Baru, salah satu PG dibawah PT PG Rajawali I mencatat nilai rendemen tahun lalu mencapai 10, paling tinggi diantara PG di Indonesia.Sumber : Kabarbisnis.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.