Ini 7 Alasan Mengapa Karyawan Mengundurkan Diri dari Pekerjaannya

Alasan Mengundurkan Diri

Mengundurkan diri bagi seorang karyawan itu hal yang biasa dalam dunia kerja. Pengunduran diri seorang karyawan akan menyebabkan dampak yang berbeda-beda kepada perusahaan, bergantung sistem yang berjalan di perusahaan tersebut.

Apalagi dia adalah karyawan kepercayaan anda, apakah ada karyawan anda yang sedang mengajukan pengunduran diri? Ada 7 alasan mengapa seorang karyawan memutuskan untuk mengundurkan diri yang perlu anda ketahui :

1. Pindah kerja

Seseorang memutuskan berhenti bekerja dari sebuah perusahaan tentu ada pilihan. Terutama pilihan kerja ditempat yang lebih baik dengan penawaran gaji yang lebih tinggi. Ya benar, alasan utama seseorang mengajukan pengunduran diri itu karena ingin pindah kerja. Penyebab karyawan pindah kerja antara lain karena :

  • a. karena ingin mencari tantangan baru,
  • b. mendapatkan gaji dan fasilitas lebih baik
  • c. tidak cocok dengan menejemen perusahaan lama ,
  • d. lokasi perusahaan lebih dekat
  • e. dibujuk oleh perusahaan baru karena keahliannya dibutuhkan diperusahaan tersebut

2. Faktor keluarga

Alasan selanjutnya, bisa karena faktor dalam keluarga. Seperti ibu atau istri melarang bekerja diperusahaan lama dengan berbagai pertimbangan, bagi karyawati biasanya karena anak-anak tidak ada yang mengurus atau disuruh berhenti oleh suaminya karena suaminya masih mampu menafkahirnya dll.

3. Telah diangkat jadi PNS

Hal ini banyak sekali terjadi, seorang karyawan yang mencoba mendaftar seleksi menjadi PNS dan ternyata hasilnya Lulus. Maka setelah mereka diangkat menjadi PNS maka mereka akan memutuskan untuk mengundurkan diri dan memilih bekerja menjadi PNS karena umumnya mereka berpendapat bahwa masa depan PNS lebih terjamin, ada dana pensiun dan kerjanya tidak seberat menjadi karyawan swasta.


4. Menjadi pengusaha

Ketika seorang karyawan memiliki motivasi berwirausaha yang tinggi, Setelah modal terkumpul atas kerja kerasnya menjadi karyawan mereka akan mencoba memberanikan diri untuk beralih profesi menjadi seorang wirausaha.

Dengan menjadi pengusaha, mereka tidak terikat oleh waktu dan tidak berada didalam tekanan, dan pastinya dapat berpotensi memperoleh penghasilan yang cukup besar ketimbang menjadi karyawan. Bentuk usahanya dapat berupa membuka toko kelontongan, menjadi pengusaha properti, menjadi agen produk tertentu, atau menjadi grosir sembako.

5. Kesehatan Dirinya Menurun

Sebagian karyawan yang mengundurkan diri mengaku bahwa fisik dan pikirannya sudah tidak mampu mengerjakan pekerjaan dirinya. Apalagi jika menderita sebuah penyakit yang mengganggu pekerjaannya. Alasan ini biasanya akan didasari surat keterangan dari dokter.

Berbeda dari alasan satu sampai empat, mereka yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan akan mendapatkan uang kesehatan dari perusahaannya. Besarnya uang tersebut bergantung kepada peraturan perusahaan.

6. Ada masalah dengan bos atau rekan kerja

Dalam suatu pekerjaan hubungan baik antara bos dan karyawan atau sesama rekan kerja perlu dilakukan, tapi ketika hubungan baik sudah tidak ada, ada masalah diantaranya maka dapat menjadikan suasana pekerjaan menjadi tidak nyaman, sehingga jika konflik ini tak kunjung selesai maka keputusan terakhir yang akan diambil yaitu mengundurkan diri.

7. Perusahaan dirasa sudah tidak stabil

Ketika perusahaan mulai goyang atau tidak stabil lagi, dibuktikan dengan penurunan penjualan, banyaknya pemutusan hubungan kerja dengan perusahan lain, gaji mulai seret bahkan menunggak tidak dibayar, sering muncul kabar-kabar buruk, perusahaan terancam failed atau diakuisi oleh perusahaan lain. Hal ini membuat karyawat merasa karirnya terancam dan harus segera mengambil tindakan untuk mencari pekerjaan baru seperti poin #1 , dan ujung nya mengundurkan diri dari pekerjaan.

Sumber : TunaiMu.com