Buku Tabungan Hilang, Bagaimana Cara Mengurus dan Biaya ganti yang Baru?

Buku Tabungan BCA Hilang

Setiap nasabah bank yang membuka rekening tabungan akan mendapatkan fasilitas berupa buku tabungan sebagai catatan pembukaan dan rincian transaksi yang dilakukan selama memiliki rekening tabungan, tercatan kredit dan debit transaksi yang terjadi pada rekening nasabah. 

Selain itu buku tabungan juga berfungsi untuk melakukan transaksi melalui teller bank, tanpa ada buku tabungan nasabah hanya bisa melakukan transaksi melalui mesin ATM itupun jika nasabah memiliki kartu ATM.

Kehilangan buku tabungan bisa saja terjadi, karena tidak ini sangat sering terjadi pada nasabah bank. Mereka kehilangan buku tabungan karena mungkin lupa taruh, dimainin anak-anak sehingga nyelip entah kemana, atau hilang bersaman dengan tindak kriminal seperti kejambretan atau lain sebagainya.

Syarat Mengganti Buku Tabungan yang Hilang

Ketika buku tabungan anda hilang maka anda dapat mengurusnya kembali agar anda dapat memiliki buku tabungan yang baru. Untuk mengurus buku rekening yang hilang anda harus mempersiapkan beberapa syarat sebelum pergi ke kantor cabang bank yang anda gunakan.

Berkas-berkas yang perlu Anda siapkan:

  1. Surat Kehilangan
  2. KTP/SIM atau Paspor
  3. Kartu ATM/ Debit Card

Surat kehilangan bisa anda dapatkan dari kepolisian terdekat, anda dapat melaporkan bahwa anda telah kehilangan buku tabungan. Hampir semua bank mengharuskan nasabah membawa surat kehilangan dari polisi ketika mengurus buku tabungan atau kartu atm yang hilang.

Baca Juga : Kartu ATM Hilang

Cara Mengganti Buku Tabungan yang Hilang

Setelah persyaratan diatas terpenuhi semuanya, anda dapat langsung datang ke kantor cabang bank terdekat, dengan membawa semua persyaratan yang telah disebutkan diatas. Minta bantuan satpam yang sedang berjaga untuk mendapatkan nomor anterian custumer service untuk pelayanan ganti buku tabungan karena hilang.

Setelah waktunya anda di layani, anda dapat melaporkan keperluan anda berkenaan dengan buku tabungan yang hilang, sekaligus menyerahkan persyaratan yang dibutuhkan. Untuk verifikasi data biasanya anda akan ditanya “nama ibu kandung”. Proses pembuatan buku baru membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit.

Biaya Ganti Buku Tabungan yang Hilang

Mengganti buku tabungan yang hilang ataupun rusak ada biaya administrasi penggantian buku tabungan sesuai dengan kebijakan dan ketentuan yang berlaku pada masing- masing bank. Berdasarkan informasi tabungan tiap bank, bahwa Bank BCA mematok biaya sebesar Rp5.000, BNI sebesar Rp15.000, BRI sebesar Rp25.000, dan Bank Mandiri sebesar Rp15.000. Biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.



Silahkan Tinggalkan Komentar