Buku Tabungan Hilang, Bagaimana Cara Mengurus dan Biaya ganti Buku Tabungannya??

Buku Tabungan BCA Hilang

Setiap nasabah bank yang membuka rekening tabungan akan mendapatkan fasilitas berupa buku tabungan sebagai catatan pembukaan dan rincian transaksi yang dilakukan selama memiliki rekening tabungan, tercatan kredit dan debit transaksi yang terjadi pada rekening nasabah. 

Selain itu buku tabungan juga berfungsi untuk melakukan transaksi melalui teller bank, tanpa ada buku tabungan nasabah hanya bisa melakukan transaksi melalui mesin ATM itupun jika nasabah memiliki kartu ATM.

Kehilangan buku tabungan bisa saja terjadi, karena tidak ini sangat sering terjadi pada nasabah bank. Mereka kehilangan buku tabungan karena mungkin lupa taruh, dimainin anak-anak sehingga nyelip entah kemana, atau hilang bersaman dengan tindak kriminal seperti kejambretan atau lain sebagainya.

Syarat Mengganti Buku Tabungan yang Hilang

Ketika buku tabungan anda hilang maka anda dapat mengurusnya kembali agar anda dapat memiliki buku tabungan yang baru. Untuk mengurus buku rekening yang hilang anda harus mempersiapkan beberapa syarat sebelum pergi ke kantor cabang bank yang anda gunakan.

Berkas-berkas yang perlu Anda siapkan:

  1. Surat Kehilangan
  2. KTP/SIM atau Paspor
  3. Kartu ATM/ Debit Card

Surat kehilangan bisa anda dapatkan dari kepolisian terdekat, anda dapat melaporkan bahwa anda telah kehilangan buku tabungan. Hampir semua bank mengharuskan nasabah membawa surat kehilangan dari polisi ketika mengurus buku tabungan atau kartu atm yang hilang.

Baca Juga : Kartu ATM Hilang

Cara Mengganti Buku Tabungan yang Hilang

Setelah persyaratan diatas terpenuhi semuanya, anda dapat langsung datang ke kantor cabang bank terdekat, dengan membawa semua persyaratan yang telah disebutkan diatas. Minta bantuan satpam yang sedang berjaga untuk mendapatkan nomor anterian custumer service untuk pelayanan ganti buku tabungan karena hilang.

Setelah waktunya anda di layani, anda dapat melaporkan keperluan anda berkenaan dengan buku tabungan yang hilang, sekaligus menyerahkan persyaratan yang dibutuhkan. Untuk verifikasi data biasanya anda akan ditanya “nama ibu kandung”. Proses pembuatan buku baru membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit.

Biaya Ganti Buku Tabungan yang Hilang

Mengganti buku tabungan yang hilang ataupun rusak ada biaya administrasi penggantian buku tabungan sesuai dengan kebijakan dan ketentuan yang berlaku pada masing- masing bank. Berdasarkan informasi tabungan tiap bank, bahwa Bank BCA mematok biaya sebesar Rp5.000, BNI sebesar Rp15.000, BRI sebesar Rp25.000, dan Bank Mandiri sebesar Rp15.000. Biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.



Previous articleAlasan Mengundurkan DiriMengundurkan diri bagi seorang karyawan itu hal yang biasa dalam dunia kerja. Pengunduran diri seorang karyawan akan menyebabkan dampak yang berbeda-beda kepada perusahaan, bergantung sistem yang berjalan di perusahaan tersebut.Apalagi dia adalah karyawan kepercayaan anda, apakah ada karyawan anda yang sedang mengajukan pengunduran diri? Ada 7 alasan mengapa seorang karyawan memutuskan untuk mengundurkan diri yang perlu anda ketahui :1. Pindah kerjaSeseorang memutuskan berhenti bekerja dari sebuah perusahaan tentu ada pilihan. Terutama pilihan kerja ditempat yang lebih baik dengan penawaran gaji yang lebih tinggi. Ya benar, alasan utama seseorang mengajukan pengunduran diri itu karena ingin pindah kerja. Penyebab karyawan pindah kerja antara lain karena :
  • a. karena ingin mencari tantangan baru,
  • b. mendapatkan gaji dan fasilitas lebih baik
  • c. tidak cocok dengan menejemen perusahaan lama ,
  • d. lokasi perusahaan lebih dekat
  • e. dibujuk oleh perusahaan baru karena keahliannya dibutuhkan diperusahaan tersebut
2. Faktor keluargaAlasan selanjutnya, bisa karena faktor dalam keluarga. Seperti ibu atau istri melarang bekerja diperusahaan lama dengan berbagai pertimbangan, bagi karyawati biasanya karena anak-anak tidak ada yang mengurus atau disuruh berhenti oleh suaminya karena suaminya masih mampu menafkahirnya dll.3. Telah diangkat jadi PNSHal ini banyak sekali terjadi, seorang karyawan yang mencoba mendaftar seleksi menjadi PNS dan ternyata hasilnya Lulus. Maka setelah mereka diangkat menjadi PNS maka mereka akan memutuskan untuk mengundurkan diri dan memilih bekerja menjadi PNS karena umumnya mereka berpendapat bahwa masa depan PNS lebih terjamin, ada dana pensiun dan kerjanya tidak seberat menjadi karyawan swasta.4. Menjadi pengusahaKetika seorang karyawan memiliki motivasi berwirausaha yang tinggi, Setelah modal terkumpul atas kerja kerasnya menjadi karyawan mereka akan mencoba memberanikan diri untuk beralih profesi menjadi seorang wirausaha. Dengan menjadi pengusaha, mereka tidak terikat oleh waktu dan tidak berada didalam tekanan, dan pastinya dapat berpotensi memperoleh penghasilan yang cukup besar ketimbang menjadi karyawan. Bentuk usahanya dapat berupa membuka toko kelontongan, menjadi pengusaha properti, menjadi agen produk tertentu, atau menjadi grosir sembako.5. Kesehatan Dirinya MenurunSebagian karyawan yang mengundurkan diri mengaku bahwa fisik dan pikirannya sudah tidak mampu mengerjakan pekerjaan dirinya. Apalagi jika menderita sebuah penyakit yang mengganggu pekerjaannya. Alasan ini biasanya akan didasari surat keterangan dari dokter. Berbeda dari alasan satu sampai empat, mereka yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan akan mendapatkan uang kesehatan dari perusahaannya. Besarnya uang tersebut bergantung kepada peraturan perusahaan.6. Ada masalah dengan bos atau rekan kerjaDalam suatu pekerjaan hubungan baik antara bos dan karyawan atau sesama rekan kerja perlu dilakukan, tapi ketika hubungan baik sudah tidak ada, ada masalah diantaranya maka dapat menjadikan suasana pekerjaan menjadi tidak nyaman, sehingga jika konflik ini tak kunjung selesai maka keputusan terakhir yang akan diambil yaitu mengundurkan diri.7. Perusahaan dirasa sudah tidak stabilKetika perusahaan mulai goyang atau tidak stabil lagi, dibuktikan dengan penurunan penjualan, banyaknya pemutusan hubungan kerja dengan perusahan lain, gaji mulai seret bahkan menunggak tidak dibayar, sering muncul kabar-kabar buruk, perusahaan terancam failed atau diakuisi oleh perusahaan lain. Hal ini membuat karyawat merasa karirnya terancam dan harus segera mengambil tindakan untuk mencari pekerjaan baru seperti poin #1 , dan ujung nya mengundurkan diri dari pekerjaan.Sumber : TunaiMu.com
Next articlePinjaman BNI untuk Karyawan yang memiliki penghasian tetap

Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.