Fungsi Kartu ATM Bagi Penabung

Fungsi Kartu ATM

Setiap orang yang membuka rekening tabungan di bank baik itu di bank konvensional maupun bank syariah maka akan mendapatkan fasilitas berupa kartu ATM atau kartu debit.

ATM merupakan singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa inggris adalah Automated Teller Machine. Merupakan sebuah mesin milik perbankan yang bisa digunakan bagi seseorang yang memegang kartu ATM.

Selain memiliki kartu ATM juga harus tahu PIN ATM karena memang untuk dapat mengakses mesin ATM menggunakan kartu ATM maka pengguna perlu memasukan pin sebanyak 6 digit. Ini sifatnya rahasia sehingga tidak boleh ada yang tahu kecuali pemilik kartu ATM itu sendiri.

Fungsi Kartu ATM Bagi Penabung

Nah, setiap nasabah yang memiliki kartu ATM maka mereka bisa melakukan transaksi melalui mesin ATM yang telah disiapkan di tempat-tempat umum. Bisa menggunakan ATM yang dikeluarkan oleh bank yang sama, atau menggunakan ATM milik bank yang berbeda dengan kartu ATM itu.

Sehingga kesimpulannya adalah : Fungsi kartu ATM itu sendiri untuk memudahkan nasabah atau penabung melakukan transaksi, transaksi yang bisa dilakukan oleh nasabah adalah tarik tunai (ambil uang cash), transfer uang ke sesama bank atau ke bank yang berbeda, hingga melakukan berbagai jenis pembayaran lainnya.

Kartu ATM memiliki jenis yang berbeda-beda tergantung dari kebutuhan dan kegunaannya, biasanya terdapat perbedaan dari limit transaksi yang bisa dilakukan, ada kartu ATM yang bisa tarik tunai maksimal hanya Rp5 juta, ada kartu ATM yang bisa tarik tunai maksimal Rp10 juta dan seterusnya.

Setiap bank memiliki kebijakan dan aturan masing – masing, terkadang nasabah dikenakna biaya administrasi atas kartu ATM yang dimilikinya, biaya nya akan diambil dari saldo yang ada dalam rekening tabungan. Dan kartu ATM memiliki masa berlaku (tanggal kadaluarsa).

Jika kartu ATM hilang atau rusak maka nasabah dapat membuat kembali kartu ATM yang baru di bank mana ia membuka rekening tabungan. 



  1. Kak, mau tanya. Saya udah salah masukin pin 3x terus keblokir. Tapi sekarang udah ingat pinnya. Apa ada cara mengaktifkan tanpa ke bank? Melalui call centre? *terimakasi

Silahkan Tinggalkan Komentar