5 Langkah Memulai Bisnis Hewan Kurban Menjelang Idul Adha

Bisnis Hewan Kurban

Hari Raya Idul Adha disebut juga dengan “yaumil nahr” yang artinya hari raya penyembelihan kurban. Menyembeli kurban merupakan sebuah ibadah yang diwajibkan bagi umat muslim, pembelian hewan kurban boleh 1 orang atau berkelompok.

Moment setahun sekali seperti ini dapat dimanfaatkan untuk mencari banyak pahala dengan melaksanakan ibadah puasa sebelum hari raya, bersedekah, dan shalat ied. Namun disisi dunia juga dapat dimanfaatkan untuk mencari Rezeki yaitu dengan bisnis hewan kurban.

Hewan yang kurban yang dimaksud seperti kambing, kerbau, domba, sapi dan unta. Namun, di Indonesia umumnya orang akan menyembelih sapi atau kambing. Itu artinya untuk anda yang ingin berbisnis hewan kurban maka dapat menjual kambing atau sapi yang memenuhi syarat kurban.

5 Langkah Memulai Bisnis Hewan Kurban Menjelang Idul Adha

Jika anda memiliki niat untuk berbisnis hewan kurban maka tak ada salah nya untuk mengetahui 5 langkah sukses dalam memulai bisnis hewan kurban menjelang idul adha. Kami telah merangkumnya untuk anda sebagai berikut :

1. Siapkan Modal Untuk Bisnis

Sebuah bisnis atau usaha membutuhkan Modal, modal yang diperlukan dapat bentuk uang, untuk membeli produk yang ingin dijual, menyewa tempat bagi anda yang tidak memiliki tempat, memberi pakan hewan serta mempersiapkan anggaran untuk biaya promosi.

Modal yang diperlukan memang cukup besar, apalagi modal untuk membeli hewan kurbannya. Semakin banyak hewan yang ingin anda jual maka semakin besar juga modal yang diperlukan untuk membeli nya dan untuk memberi makannya.

Baca Juga : Modal Bisnis Sapi Kurban Menjelang Idul Adha

2. Kondisi Hewan Kurban

Anda tidak boleh membeli hewan kurban sembarangan, hewan kurban yang harus anda siapkan adalah hewan yang sempurna (tidak ada cacat dan sehat). Apabila hewan kurban mengalami cacat maka hewan tersebut tidak bisa di jadikan hewan kurban serta hewan yang telah memenuhi syarat umur (kambing = minimal 1 tahun dan Sapi = minimal 2 tahun).

3. Memilih Hewan Kurban

Setelah anda mengenali kondisi persyaratan hewan kurban selanjutnya anda mencari tempat untuk memilih hewan kurban. Untuk mendapatkan harga terbaik, maka anda dapat langsung membeli hewan ke para peternak yang ada di perdesaan dan juga memiliki kualitas yang sangat baik.

Harga langsung dari peternah tentu terdapat perbedaan selisih yang cukup banyak dari tengkulak. Jikapun anda harus beli dari tengkulak maka pastikan memilih tengkulak terpercaya, tak jarang tengkulak membohongi pelanggannnya dengan memberikan hewan dengan kondisi yang tidak sehat.

4. Menentukan Tempat Penjualan

Kami rasa tempat merupakan faktor keberhasilan dari segala jenis bisnis (walaupun tidak semua), pemilihan tempat sangat berpengharuh pada kesuksesanan sebuah usaha maka dari itu anda harus memilih tempat yang strategis yang banyak di lalui masyarakat agar mendapatkan perhatian publik, jauhi pemilihan tempat dari rumah makan, atau usaha kuliner milik orang lain karena bisa mengganggu mereka.

5. Promosi dan Iklan

Bisnis tanpa promosi / iklan diibaratkan sayur tanpa garam, untuk bisa sukses lakukan beberapa strategi promosi untuk menarik pelanggan baru. Anda juga bisa memanfaatkan media digital sebagai sarana promosi anda seperti facebook, OLX, Blog atau lainnya.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.