Tips dan Cara Memulai Bisnis Sayuran

Sayur merupakan kebutuhan pokok yang wajib disiapkan dalam menu makan keluarga, karena banyak sekali kandungan gizi didalam sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Misalnya saja daun bayam, sayuran ini memiliki kandungan seperti vitamin C, anti-oksidan, serat, zat besi, vitamin A dan sebagainya.

Karena sayur menjadi kebutuhan dalam rumah tangga maka ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan untuk anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Anda dapat menjual beraneka jenis sayuran untuk kebutuhan warga disekitar rumah anda.

Jualan Sayur yang menguntungkan

Sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh pergi ke pasar untuk membeli sayur yang mereka cari, banyak orang yang sukses dari berjualan sayur-sayuran mentah. Modal untuk memulai usaha atau bisnis sayuran tidak terlalu besar, anda bisa mencobanya dengan modal 1 juta – 2 juta saja.

Menentukan Tempat untuk Jualan Sayur

Ada beberapa cara untuk menjual sayur-sayuran, bisa berjualan sayur menggunakan sepeda / motor, bisa menggunakan gerobak dorong, bisa menggunakan mobil pick-up, atau yang paling gampang anda bisa berjualan di suatu tempat yang memang telah anda siapkan sebagai warung untuk menjual sayur.

Jika anda menggunakan sepeda, motor, gerobak, atau mobil tentu anda akan berkeliling kampung untuk menjual sayur-sayuran tersebut, namun ketika anda memiliki sebuah tempat khusus maka pembeli akan berdatangan ke warung anda tanpa harus berkeliling kampung.

Beli Sayur langsung dari Produsen / Petani

Untuk mendapatkan harga yang murah maka anda bisa membeli sayur langsung dari produsen (petani), biasanya mereka akan menjual sayur mereka dengan harga murah di pasar sehingga bisa anda jual lagi ke warga dengan selisih harga (Rp500 – Rp1000) dari modal.

Jual dalam bentuk Ikat atau Plastik

Sayur-sayuran yang sudah anda beli, maka anda bisa mengemas dalam bentuk ikat atau plastik dan kemudian tentukan harga jual sayur yang sudah anda kemas. Jangan jual sayuran tersebut dengan selisih harga yang terlalu tinggi.

Melayani Pesanan

Untuk menarik perhatian pelanggan dan memudahkan anda dalam menjual sayur, maka anda bisa menerapkan sistem siap melayani pesanan. Jadi anda bisa membeli sayur ke pasar seperti yang dipesan pelanggan anda. Misal: ada yang nitip belikan buncis, nitip belikan kacang panjang dll.

Buat daftar belanja

Sebelum anda pergi ke pasar maka alangkah baiknya anda membuat daftar belanja, sayuran apa yang akan anda beli dengan modal yang anda miliki. Pastikan membeli sayuran yang memang banyak diminati, jangan sampai sayuran anda tidak laku terjual justru membusuk di warung anda.

Baca Juga : Jualan Alat-Alat Pancing