9 Keuntungan Investasi Reksadana Syariah

keuntungan reksadana syariah

Investasi maksudnya adalah menyimpan sejumlah uang sebagai penanaman modal dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari nilai uang yang di investasikan. Ada banyak jenis investasi yang bisa di pilih oleh anda, bisa investasi dalam bentuk emas, investasi dalam bentuk tanah, dan ada juga investasi reksadana.

Sesuai dengan judul dalam artikel ini yaitu kita akan membahas mengenai investasi reksadana.

Reksadana memiliki pengertian yaitu pemodal menginvestasikan uangnya kepada wadah tertentu selanjutkan dana akan di kelola oleh penghimpun dana sebagai modal dan akan membagi keuntungan kepada pemodal sesuai dengan ketentuan.

Reksadana sendiri terbagi menjadi 2, ada investasi reksadana konvensional dan investasi reksadana syariah. Tentunya diantara keduanya terdapat perbedaan, perbedaan yang paling mendasar yaitu pengelolaannya dan perjanjiannya (dalam syariah di sebut akad).

Reksadana syariah sendiri merupakan salah satu produk di pasar modal syariah, dimana sebagai investasi dana kelolaan ke efek yang berkaitan dengan syariah berupa saham syariah, atau instrument syariah lainnya. Ada keuntungan berinvestasi di reksa dana syariah, adapun keuntungannya sebagai berikut:

9 Keuntungan Investasi Reksadana Syariah

1. Investasi ini sangat terjangkau karena ada minimum investasi yaitu Rp 100 ribu.

2. Adanya diversifikasi investasi karena dana yang terkumpul diinvestasikan pada berbagai jenis efek sehingga risiko juga terdiversifikasi.

3. Adanya kemudahan investasi karena investor tidak memerlukan analisi dalam sebab dikelola oleh manajer investasi.

4. Biaya investasi relatif rendah. Investor tidak perlu memantau terus menerus karena sudah dilakukan oleh manajer investasi.

5. Tingkat pertumbuhan nilai investasi akan lebih baik dan optimal dalam jangka panjang.

6. Penanam Modal dapat mencairkan dana investasi sewaktu-waktu.

7. Investor menerima laporan secara berkala dan dapat mengetahui hasil investasinya setiap saat.

8. Reksadana syariah hanya dapat diinvestasikan pada efek syariah.

9. Legalitas terjamin karena diawasi oleh OJK dan dikelola oleh manajer investasi yang memperoleh izin dari OJK.

Mulai sekarang bagi anda yang memiliki uang lebih maka jangan di simpan di tabungan biasa lebih baik anda investasikan. Investasi yang cukup direkomendasikan yaitu reksadana syariah karena dapat memberikan return yang lebih besar dari investasi lainnya.