Jangan Pernah Menerima Bantuan Orang Lain Untuk Memasukan Kartu ATM

modus penipuan tukar kartu atm

Modus Penipuan di Mesin ATM

Perlu anda ketahui bahwa masih banyak oknum atau pelaku penipuan yang bekeliaran di sekitar mesin ATM, maka dari itu anda perlu berhati-hati dan tetap waspada agar tidak menjadi korban penipuan.

Salah satu modus penipuan yang sering dilakukan oleh para pelaku adalah mengganjal lubang kartu pada mesin ATM, agar nasabah yang akan melakukan transaksi mengalami kesulitan.

Pelaku tidak hanya sendirian, mereka berkelompok minimal 2 orang yang beraksi dam mereka bertingkah laku seperti tidak saling kenal agar tidak dicurigai oleh korban.

Pelaku Menawarkan Bantuan Memasukan Kartu ATM

Pada saat calon korban terlihat kesulitan saat memasukan kartu, maka pelaku menghampiri untuk memberi bantuan. Bantuan yang ditawarkan yaitu membantu untuk mencoba memasukan kartu kedalam lubang mesin ATM.

Tanpa disadari oleh korban, pelaku menukarkan kartu atm milik korban dengan kartu ATM lain dan memasukannya kedalam lubang kartu. Karena pelaku yang mengganjal lubang nya maka tentu bisa memasukan kartu tersebut setelah ganjal ia lepas.

Kartu yang dimasukan kedalam lubang mesin atm adalah kartu atm yang telah ditukar, karena kartu telah masuk maka pelaku menyerahkan kepada korban untuk melanjutkan melakukan transaksinya dan pelaku pun pergi dengan membawa kartu atm milik korban.

Pelaku Lain Menanyakan PIN ATM

Teman Pelaku (alias Pelaku Kedua) ikutan beraksi, melihat korban bingung karena tidak bisa melakukan transaksi, karena sudah dipastikan pin salah. Dan kemudian, pelaku kedua mengajak berinteraksi dan menyuruh korban mencoba lagi, dan pelaku menanyakan PIN ATM nya.

Tanpa disadari lagi korban menyebutkan PIN ATM tersebut, dan kemudain pelaku mencatat PIN yang disebutkan oleh korban. Dengan begitu kedua Pelaku telah berhasil melakukan aksinya, yaitu mendapatkan kartu atm dan pin korban.

Selanjutnya Pelaku melakukan penarikan tunai atau transaksi lainnya untuk menguras habis saldo yang ada didalam rekening tabungan milik korban karena sudah mendapatkan akses dengan leluasa tanpa disadari oleh Korban.

Kesimpulan dari Artikel ini adalah :

~ Ketika anda menjumpai mesin ATM yang sulit dimasukan kartu maka sebaiknya tinggalkan saja dan mencari mesin ATM lain. 

~ Jangan pernah menerima bantuan dari orang lain untuk membantu memasukan kartu ATM, demi keamanan dari modus penipuan lebih baik menolak.

~ Hindari berinteraksi dengan orang lain saat dalam kawasan mesin ATM, fokus pada transaksi anda saja, tanpa disadari justru anda sudah masuk kedalam perangkapnya.


2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.