halaman akun shopee palsu

Modus Penipuan dengan Cara Verifikasi Akun Shopee

halaman akun shopee palsu

Dihimbau kepada semua seller (penjual) untuk tetap menjaga keamanan akunnya, jangan sampai memberikan kode OTP kepada orang yang tidak bertanggung jawab karena mereka berusaha untuk mengambil alih akun anda.

Tak hanya itu, ternyata ada modus penipuan baru dengan teknik phising.

Phising adalah sebuah teknik yang dilakukan oleh seseorang untuk mengelabuhi seseorang dengan cara menyamar menjadi perusahaan terkait menggunakan halaman website atau situs palsu.

Tujuannya apa?

Biasanya penipu bertujuan untuk mengetahui username dan password login seseorang, setelah mengetahui login tersebut maka penipu akan menggunakan akun untuk kepentingan pribadi yang tentunya merugikan pemilik akun aslinya.

Ternyata banyak pengguna shopee yang akunnya telah diambil alih oleh penipu karena terjebak dengan teknik phising ini, yaitu penipu membuat sebuah halaman website yang sama persis dengan halaman shopee.

Penipu mengirimkan pesan melalui whatsapp, chat atau email dengan isi pesan bahwa pengguna harus segera melakukan verifikasi akun shopee melalui alamat situs yang sudah dibuat oleh penipu.

Pada saat membuka website atau situs yang dibuat oleh penipu, pengguna akan diminta untuk memasukan username dan password terlebih dahulu sebelum masuk, pada tahap inilah penipu mengetahui login para pengguna yang telah memasukan username dan password di situs abal abal nya.

Berikut ini adalah contoh pesan penipuan:

modus penipuan aktivasi akun shopee

Isi Pesannya:

Star Seller Yth.

Terima kasih sudah bergabung dilayanan sistem shopee.id

Informasi khusus bagi star seller yang belum terverifikasi akun shopee, maka untuk meningkatkan layanan sistem aplikasi shopee yang dapat menyebabkan produk dihapus atau pengiriman yang sedang berjalan akan hilang secara otomatis dari server.

Maka silahkan verifikasi akun shopee di layananpelanggan.site agar tidak ada kendala sedkitpun saat sistem maintenance atau update layanan.

Begitulah kurang lebih isi pesan yang dikirimkan penipu ke pengguna shopee, layananpelanggan.site   merupakan salah satu situs abal abal yang dibuat oleh penipu, masih banyak situs lainnya. Ketika anda buka halamannya maka akan diminta untuk login dengan mengisi username dan password.

Stop!! jangan buka halaman tersebut apalagi mengisi username dan password dengan alasan verifikasi akun.

Perlu anda ketahui bahwa, shopee tidak pernah menyuruh atau mengajak pengguna untuk melakukan verifikasi akun melalui halaman situs lainnya. Verifikasi akun hanya dilakukan melalui aplikasi resmi shopee, jadi jangan percaya jika ada pesan masuk lewat chat shopee, email, whatsapp yang mengaku-ngaku sebagai tim shopee.

Leave a Comment

Your email address will not be published.